Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Mendapatkan Bibit Unggul Dalam Berternak


Add caption

Cara mendapatkan bibit unggul dalam berternak, para peternak tradisional pada jaman dahulu seri memakai Teknik free sex atau sex bebas sudah banyak di lakukan oleh para peternak dan petani untuk mendapatkan bibit unggul. Persilangan antara hewan ternak yang mempunyai kelebihan dalam genetik atau sifat unggul yang di miliki hewan sangatlah variatif dalam ilmu biologinya di sebut genetika yaitu ilmu yang mempelajari tentang hereditas. Ilmu ini banyak di terapkan oleh para peternak hewan dari binatang ternak kaki dua sampai kaki empat tak luput para petani pun memanfaatkan untuk tanamanya.

Manfaat dari ilmu ini adalah untuk memperbaiki genetik keturunan hewan bahkan tumbuhan untuk menghasilkan varietas baru yang lebih baik dari beberapa segi keunggulan yang di gabungkan.
hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih dan keturunannya di sebut sapi PO.
Keunggulan sapi PO antara lain : Tahan terhadap panas, tahan terhadap ekto dan endoparasit; Pertumbuhan relatif cepat walau pun adaptasi terhadap pakan kurang baik Prosentase karkas dan kualitas daging unggul. Salah satu contoh persilangan dari segi keunggulan genetik untuk hasil yang lebih baik.


Cara untuk mendapatkan bibit unggul pada hewan maupun tumbuhan pada prinsipnya sama dengan manusia yaitu persilangan antara dua individu yang berbeda ras/ vrietas tetapi masih dalam satu spesies.
Mengenal teknik kawin silang pada hewan

Teknik Interbreeding


adalah teknik untuk mendapatkan jenis homozigot resesif yang unggul dengan mengawinkan ternak jantan dengan betina yang masih ada hubungan silsilah. Misal: perkawinan antara ternak jantan dari P. (parental) dengan ternak betina dari F. (filial), baik F1/F2/F3/dsb.
Bila ternak betina itu dari F1, maka dinamakan Closebreeding

Teknik Crossbreeding


adalah teknik untuk mendapatkan ras baru yang lebih baik dengan mengawinkan ternak dari dua ras yang sama-sama galur murni. Misal: perkawinan burung kenari  jenis ras Holland yang galur murni dengan kenari yokser yang galur murni juga.



Teknik Upgreeding


adalah teknik untuk memperbaiki mutu ternak lokal dengan mengawinkan ternak betina lokal dengan ternak jantan luar negeri yang telah diketahui mutu keunggulannya. Misal: perkawinan antara ayam betina kampung / Indonesia dengan ayam jantan arab/ luar negeri yang memiliki sifat-sifat telurnya banyak. Atau ayam kampung di kawinkan dengan ayam bangkok yang terkenal dengan besar dan kuat untuk aduan

Teknik Purebreeding


adalah teknik untuk mempertinggi keungulan jenis omozigot dengan mengawinkan antara ternak jantan dengan ternak betina yang sama rasnya. Misal : perkawinan antara sesama sapi unggul Bali, sesama domba unggul Australi. Bial ras ternak itu berbeda daerah asalnya, maka disebut outcrossing, misal perkawinan antara sapi unggul Bali dengan sapi unggul Jawa.

Jangan heran jika di jaman sekarang banyak hewan atau tumbuhan yang bagus bahkan membuat kagum. Karena teknik persilangan yang banyak di kuasai oleh para petani dan peternak hewan. Unik dan lucu hewan atau tumbuhan hasil silangan mempunyai keunggulan dari induk aslinya.

Berlangganan via Email