Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Memelihara Jenggot


Manfaat jenggot


   Semua pasti sudah banyak tahu apa itu Jenggot. Rambut yang tumbuh di dagu itu adalah jenggot. Sebelum kita membahas bahaya melebeli orang yang berjenggot Adalah extremis kita bahas jenggot menurut ilmu kedokteran dan sebagai bukti sabda Rosullah sayidinna Muhammad SAW itu benar

Ditinjau dari ilmu agama islam, jenggot adalah salah satu anugrah terbesar yang di anugrahkan ke kita oleh Yang Maha Kuasa. Mungkin kita belum banyak yang tahu tentang apa itu jenggot dari segi fungsi untuk kesehatan mau pun keterangan di agama islam, berikut penjelasan tentang manfaat jenggot menurut para ahli dan islam secara lengkap:


1. Terlindung dari Sinar Matahari

Wajah yang ditumbuhi jenggot dan cambang ternyata terlindungi dari sinar matahari dan hal ini bisa melindungi mereka dari kanker kulit, demikian diungkapkan hasil penelitian terbaru yang dilakukan di University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry. Para ilmuwan menemukan bahwa bagian wajah yang tertutup jenggot dan cambang rata-rata sepertiga lebih rendah terpapar sinar UV yang membahayakan.
Menurut Dr. Nick Lowe, dermatologis ternama di London, umumnya rambut memberikan perlindungan yang bagus untuk melawan sinar matahari. Itu sebabnya, sambung dia, wanita lebih sedikit mengalami kerusakan akibat matahari jika rambut mereka menutup leher dan sisi wajah mereka.


2. Mencegah serangan asma

Gejala asma biasanya dipicu oleh serbuk dan debu yang ditemukan di rambut wajah atau lebih spesifik adalah sebuah cambang besar dan jika tertahan di cambang, hal itu bisa menurunkan gejala asma yang mungkinterjadi

Cambang yang mencapai areal hidung kemungkinan menghentikan penyebab alergi naik ke hidung dan terhisap oleh paru-paru, ungkap Carol Walker, ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre.
"Secara teori, cambang bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernapasan tetapi bentuknya harus yang besar," ujar Dr. Felix Chua, konsultan sistem pernapasan di London Clinic.

3. Memperlambat Penuaan

Rambut di wajah seringkali bisa membantu kulit untuk tetap muda dan dalam kondisi yang bagus. Rambut menghentikan aliran air meninggalkan wajah ? menyebabkannya tetap lembab ? dengan melindunginya dari angin, yang membuat kulit kering dan mengganggu penghalang kulit, ungkap Dr Lowe seperti dikutip situs Health day edisi 19 Februari 2013.

4. Membantu Melawan Batuk

Jenggot yang tebal yang tumbuh di bawah dagu dan leher akan meningkatkan temperatur di leher dan membantu melawan pilek, ungkap Carol Walker. "Rambut adalah insulator yang menjaga Anda tetap hangat. Jenggot yang panjang dan penuh bisa menahan udara dingin dan meningkatkan temperatur di sekitar leher yang menjadikannya bonus tambahan ketika Anda di udara dingin," ujar dia.

5. Mencegah Kulit Kemerahan dan Infeksi

Tidak mencukur jenggot berarti tidak ada ruam kemerahan. Mencukur jenggot biasanya penyebab utama infeksi bakteri di sekitar jenggot, ungkap Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic. "Hal ini bisa menyebabkan kemerahan akibat pisau cukur, rambut yang tidak tumbuh dan kondisi seperti folliculitis, jadi pria mendapatkan keuntungan dari memelihara jenggot," ujarnya. (Sumber Tempo.Co)



   Saya sebagai penulis merasakan manfaat jenggot dan jambang seperti terlindung dari sinar matahari yang menyengat wajah
Dulu sebelum berjenggot saya sangat merasakan panas yang berlebih ketika berada di luar ruangan setelah berjenggot berkurang rasa itu. Hilangnya alergi debu juga saya rasakan mungkin karena jenggot membantu memfilter udara yang masuk melalui hidung, Dengan berjenggot wajah terlihat semakin kencang dan bersinar, karena terjaganya kelembaban kulit wajah. Saya termasuk orang yang tidak bisa kena udara dingin tetapi setelah jenggot panjang hal itu berkurang jauh karena kesetabilan suhu di dalam tubuh berubah menjadi hangat ketika udara dingin menyusup masuk tubuh jenggot menutup atau mnyelimuti jenggot pada leher dan menjadikan hangat seluruh tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi jenggot yang saya rasakan.


Berikut mengenai jenggot yang di katakan oleh Rosullah jauh sebelum hasil penelitian ada.

Jenggot adalah sunnah (ajaran) Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
Karena beliau sendiri Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang memerintahkannya dan termasuk dalam ajaran Islam. Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺍﻧْﻬَﻜُﻮﺍ ﺍﻟﺸَّﻮَﺍﺭِﺏَ ﻭَﺃَﻋْﻔُﻮﺍ ﺍﻟﻠِّﺤَﻰ

Potonglah kumis dan peliharalah jenggot.” 

Dalam hadits digunakan kata perintah (fi’il ‘amr), maka dalam Ilmu ushul di ada kaidah,

ﺍﻷﻣﺮ ﻳﻔﻴﺪ ﺍﻟﻮﺟﻮﺏ

Kata perintah (fi’il ‘amr) menunjukkan hukum (asalnya) wajib

Maka menurut pendapat terkuat bahwa laki-laki wajib memelihara jenggotnya (membiarkan tumbuh), bahkan memotongnya adalah sebuah larangan (ada juga pendapat boleh dipotong jika sudah melebihi satu genggam). Mungkin maksud memotong adalah merapikan. Tidak di potong habis.
Memotong jenggot adalah kebiasaan orang-orang musyrik dan Majusi, sebagaimana Sabda Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam,

ﺧَﺎﻟِﻔُﻮﺍ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ ﻭَﻓِّﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠِّﺤَﻰ ﻭَﺃَﺣْﻔُﻮﺍ ﺍﻟﺸَّﻮَﺍﺭِﺏَ

Selisihilah orang-orang musyrik, peliharalah jenggot dan potonglah kumis.”

Beliau juga bersabda,

ﺟُﺰُّﻭﺍ ﺍﻟﺸَّﻮَﺍﺭِﺏَ ﻭَﺃَﺭْﺧُﻮﺍ ﺍﻟﻠِّﺤَﻰ ﺧَﺎﻟِﻔُﻮﺍ ﺍﻟْﻤَﺠُﻮﺱَ

Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot , selisihilah orang-orang Majusi (penyembah matahari).” 

Dan menyerupai orang-orang kafir akan mendapat ancaman sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ﻣَﻦْ ﺗَﺸَﺒَّﻪَ ﺑِﻘَﻮْﻡٍ ﻓَﻬُﻮَ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

Barang siapa yang menyerupai sebuah kaum maka dia termasuk golongan mereka. ”

Terlihat lebih ganteng dengan jenggot
Karena memang jenggot adalah fitrah laki-laki. Sebagaimana laki-laki memang fitrahnya suka dengan wanita cantik. Jika tidak suka dengan wanita cantik tentu laki-laki itu keluar dari fitrah. Nah, demikian juga jenggot. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ﻋَﺸْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮَﺓِ ﻗَﺺُّ ﺍﻟﺸَّﺎﺭِﺏِ ﻭَﺇِﻋْﻔَﺎﺀُ ﺍﻟﻠِّﺤْﻴَﺔِ ﻭَﺍﻟﺴِّﻮَﺍﻙُ ﻭَﺍﺳْﺘِﻨْﺸَﺎﻕُ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﻭَﻗَﺺُّ ﺍﻟْﺄَﻇْﻔَﺎﺭِ

Sepuluh perkara yang termasuk fithrah : Memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, memasukkan air ke dalam hidung, memotong kuku.” 

Dikisahkan bahwa pemimpin kaum Anshar yaitu Qois bin Sa’ad tidak mempunyai jenggot, maka kaumnya sangat meninginkan beliau punya jenggot agar beliau terlihat lebih jantan. Maka kaumnya berkata,

: ﻧﻌﻢ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻗﻴﺲ ﻟﺒﻄﻮﻟﺘﻪ ﻭﺷﻬﺎﻣﺘﻪ ﻭﻟﻜﻦ ﻻ ﻟﺤﻴﺔ ﻟﻪ ﻓﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻠﺤﻰ ﺗﺸﺘﺮﻯ ﺑﺎﻟﺪﺭﺍﻫﻢ ﻻﺷﺘﺮﻳﻨﺎ ﻟﻪ ﻟﺤﻴﺔ !!

Memang Sayyid Kami Qais terkenal dengan kepahlawanan dan kedermawanannya, akan tetapi ia tidak memiliki jenggot. Demi Allah, seandainya jenggot itu bisa dibeli dengan dirham, maka kami akan belikan ia jenggot.

Terkenal juga perkataan di kalangan awam,

ﺯﻳﻨﺔ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﻲ ﻟﺤﻴﺘﻪ، ﻭﺯﻳﻨﺔ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻲ ﺷﻌﺮﻫﺎ

Perhiasan seorang laki-laki pada jenggotnya sedangkan perhiasan wanita pada rambutnya.” 

Seandainya ada yang mengatakan,
“Berjenggot seperti extremis (A, B,C) anda pasti bisa menebak kan seperti extremis apa?”
Maka kita jawab dengan ayat

ﺃَﺃَﻧﺘُﻢْ ﺃَﻋْﻠَﻢُ ﺃَﻡِ ﺍﻟﻠّﻪُ

Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah (yang lebih mengetahui)?” (Al-Baqarah: 140).

Pada hari-hari ini banyak orang yang (melebeli) mengatakan atau menyamakan orang berjenggot dengan sebutan kelompok extremis, tak di pungkiri adanya extremis berjenggot tp banyak juga berjenggot tidak extremis. sungguh menyedihkan jika mereka mengetahui kejelasan jenggot panjang di lihat dari penelitian dan kejelasan sabda rosullah yang telah di ketahui jauh sebelum penelitian itu ada dan ayat Al-Qur'an (Al-Baqarah:140) sebagai sikap yang benar.
Klo anda mengatakan atau menyamakan jenggot sebagai (sama atau menyerupai ) maka anda?...
Berdasarka ayat Al-Qur'an tersebut dan bukan melebeli orang yang berjenggot aja ayat tersebut berlaku. Jangan sembarang menuduh karena Allah Maha Mengetahui.








Berlangganan via Email