Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Pulau Ternate Yang Indah Dan Istimewa



Ternate Yang Indah Dan Istimewa


   Ternate adalah sebuah kota yang istimewa karena terletak pada kaki gunung gamalama indah menyejukan mata dan jiwa dengan keramahan penduduknya. di kelilingi kepulauan yang sangat menawan dan keperawanan alamnya yang membangkitkan semangat untuk melepas penat di sela kesibukan kita.

Add caption

Geografis Pulau Ternate


Luas 111,39 km2
Populasi
 Total kurang lebih 200.000 jiwa
 Kepadatan penduduknya pada saat ini
Demografi
 Kode area telepon 0921 menurut telkom setempat
Pembagian administratif
Terdapat 7 Kecamatan yang tersebar di ternate

Sejarah Ternate


   Sejarah kota ini bermula dengan adanya Kesultanan Ternate yang berdiri sekitar abad ke-13 di Pulau Ternate, yang menjadikan kawasan kota ini sebagai pusat pemerintahannya.

   Kornelis Matelief de Jonge pada tahun 1607 membangun sebuah benteng pada kawasan kota ini, yang dinamakan Fort Oranje dan sebelumnya bernama Malayu
 menurut sumber dari pemerintahan daerah ternate sungguh kaya akan hasil alamnya yang masih terjaga,


Wilayah Kota Ternate


   Kota Ternate merupakan kota kepulauan yang memiliki luas wilayah 547,736 km², dengan 8 pulau. Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan Pulau Tifure merupakan lima pulau yang berpenduduk, sedangkan terdapat tiga pulau lain seperti Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida merupakan pulau berukuran kecil yang tidak berpenghuni. dan masih banyak pulau pulau kecil lainnya yang masih belum ternama.


Kondisi Geografis Ternate


   Kondisi topografi Kota Ternate dengan sebagian besar daerah bergunung dan berbukit di penuhi dengan beragam tumbuhan hijau yang menyelimutinya, terdiri atas pulau vulkanis dan pulau karang dengan kondisi jenis tanah Rogusal ( Pulau Ternate, Pulau Hiri, dan Pulau Moti) dan Rensika (Pulau Mayau, Pulau Tifure, Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida). Kondisi topografi Kota Ternate juga ditandai dengan keberagaman ketinggian dan permukaan laut antara 0–700 m dpl.

Iklim Kota Ternate


   Iklim Kota Ternate sangat dipengaruhi oleh iklim laut dan memiliki dua musim yang seringkali diselingi dengan dua kali masa pancaroba disetiap tahunnya.


Bandara Kotaa Ternate


   Bandar Udara Sultan Babullah merupakan sarana transportasi udara di Kota Ternate. Beberapa maskapai penerbangan yang melayani jalur ini antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batavia Air, Wings Air (Group Lion Air), Merpati Airlines, Express Air dan Trigana Air, Susi Air milik ibu menteri kelautan jg melayani penerbangan di ternate. Penerbangan melalui kota Makassar, Manado maupun Sorong.


Pelabuhan Kota Ternate


   Kota ini juga memiliki pelabuhan laut A. Yani dengan jalur pelayaran yang dilalui kapal Pelni dua kali perminggu. Dua perusahaan ekspedisi kapal angkutan adalah Mentari dan Tanto. dan masih banyak perusahan lain yang beroprasi di perairan laut tetnate

Transportasi Di Kota Ternate


   Transportasi darat di kota ini menggunakan angkutan penumpang dengan mobil Suzuki Carry dengan menyuguhkan kenyaman penumpang salah satu yang menarik adalah angkutan dengan musik yang membangkitkan semangat yang di putar sebagai layanan transpotasi untuk manjakan para penumpang seakan menghipnotis untuk tinggal lebih lama lagi sepanjang perjalan seakan lupa akan arah tujuannya. Sejak akhir tahun 2005 telah mulai beroperasi armada taksi milik swasta dengan jumlah armada sekitar 79 unitpada saat ini menurut karyawannya.



   Untuk menyeberang ke pulau-pulau sekitar seperti Halmahera, Tidore, Hiri, Moti, Meitara, dan pulau lain yang masih banyak lagi dapat menggunakan perahu kecil dari fiberglass mau pun kayu, ada juga dar bahan lain seperti almunium yang umum di sebut Speed dengan tarif yang beragam sesuai dengan kelas yang di tawarkan

Add caption


Makanan Khas Ternate


   Maluku Utara memiliki berbagai makanan khas daerah antara lain popeda (sagu), ketam kenari, halua kenari, bagea serta hasil olahan ikan seperti ikan asap (ikan Fufu), gohu ikan, Ikan garu rica dan masih banyak lagi, kuliner yang memanjakan para penikmat makanan khas daerah, tidak kalah dengan khas daerah lain di indonesia

Hasil Alam Ternate


   Perhiasan dari daerah ini adalah mutiara laut dan batu bacan yang sangat terkenal di dalam dan di luar negeri karwna kecantikan dan keindahan batu tersebut,

Ternate sunguh indah dan layak sebagai daerah wisata. Tidak ada ruginya apabila kita berkunjung di daerah ini dan akan menjadi kenangan terindah dalam sejarah kehidupan kita.


Berlangganan via Email