Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

14 Cara selamat dari kecelakaan pesawat terbang



Add caption


Sudah sering terjadinya kecelakaan pesawat, tapi banyak yang belum mengetahuai cara penyelamatan diri supaya selamat dari kecelakaan pesawat, dalam benak kita pasti bertanya bagaimana cara agar bisa selamat dari kecelakaan pesawat. Kamu bisa simak tips yang mungkin berguna untuk kamu atau keluarga kamu kelak. Berikut adalah tips untuk bertahan ketika terjebak dalam musibah kecelakaan.

Persiapan sebelum keberangkatan naik pesawat,


1. Sebelum anda berpergian biasakan untuk bershodaqoh, karena dengan bershodaqoh kita bisa terhidar dari mara bahaya,

2. Berdoa, biasakan sebelum berangkat naik pesawat untuk berdoa meminta keselamatan TUHAN YANG MAHA ESA hanya doalah cara kita  berkomunikasi kepada ALLAH untuk meminta keselamatan. Di dalam perjalan juga usahakan anda senantiasa berdoa meminta keselematan.

3. Saat sudah masuk ke dalam pesawat, pastikan kamu tahu dan ingatlah di mana saja letak pintu maupun jendela darurat. Kalau bisa, kamu harus bisa mengukur jarak antara kursi menuju pintu darurat. Selain itu, kamu juga wajib punya rencana cadangan apabila pintu darurat yang dituju ternyata tidak bisa dibuka atau rusak. Terakhir, kamu pun juga harus menyimak baik-baik arahan dari pramugara dan pramugari. Karena arahanya sangat penting untuk keselamatan anda.

Add caption


4. Pilih Kelas Ekonomi  lebih baik

Tempat kita dudik bisa berdampak terhadap besarnya peluang untuk selamat. Meski di kelas-kelas utama kita bisa menikmati berbagai layanan istimewa, akan lebih aman bagi kita untuk duduk di kelas ekonomi. Ini kesimpulan dari penelitian dalam menumpang pesawat Boeing 727. Para peneliti melakukan eksperimen di mana mereka menjatuhkan pesawat dengan penumpang boneka di gurun Sonaran di Meksiko. Dalam eksperimen ini, 11 baris tempat duduk pertama yang biasa digunakan untuk kelas yang lebih mahal, hancur saat pesawat jatuh.

5. Pesanlah tempat duduk di dekat pintu keluar

Kita harus mengingat di mana letak pintu keluar dan menghitung berapa barisan dari tempat duduk kita. Idealnya kuota duduk di dekat pintu keluar, anda Semakin dekat dengan pintu keluar, semakin besar peluang kita untuk selamat. Usahakan memperhatikan posisi tempat duduk apabila memesan tiket penerbangan

Add caption


6. Tetap Tenang

Jaga diri anda dengan tetap tenang karena pikiran dan gerakan yang terarah itu dengan kondisi ketenangan anda, jangan panik karena ke panikan mengakibatkan pikiran dan gerakan tak terkontrol dengan arah pikiran.

7. Lakukan Posisi Mendekap Lutut

Dalam eksperimen yang sama, para pakar melakukan tiga boneka berbeda dalam tiga posisi berbeda untuk melihat dampak yang dialami dalam sebuah kecelakaan. Yang pertama adalah posisi mendekap lutut (brace position) yang klasik sambil memakai sabuk keselamatan. Yang kedua menggunakan sabuk keselamatan tapi tidak dalam posisi mendekap lutut. Dan, yang terakhir tak menggunakan sabuk keselamatan dan tak dalam posisi mendekap lutut.

8. Pakailah masker oksigen

Memakai masker oksigen terlebih dulu sangat vital. Saat tekanan di dalam kabin menurun, level oksigen di udara bisa sangat berkurang sehingga seorang penumpang bisa tak sadarkan diri dalam waktu 20 detik.

Inilah sebabnya awak kabin menasihati kita agar lebih dulu memakai masker sebelum memakaikan kepada anak atau rekan kita.

9. Tinggalkan barang anda

Dalam melakukan perjalanan, umumnya penumpang selalu membawa barang bawaan penting misalnya dompet, ponsel, dan lain sebagainya. Sebaiknya, satukanlah barang-barang berharga ke dalam dompet seperti KTP, uang tunai, paspor, dan dokumen penting lainnya. Sehingga, ketika keadaan genting, kamu tak sibuk membereskan barang bawaan. Sisanya, tinggalkan saat evakuasi pesawat.

10. Merunduklah

Kalau muncul asap di pesawat seperti kasus Asiana Airlines, berjalanlah merunduk. Posisi kepala direndahkan, tutup mulut dan hidung dengan sapu tangan atau kain lain.

11. Hindari memakai baju berbahan sintetis

Jangan pakai baju berbahan sintetis saat terbang dengan pesawat. Baju berbahan katun, wool, denim bahkan kulit lebih melindungi kulit Anda dari panas.

12.  Pakailah baju long dan celana panjang.

Baju ketat dan rok mini mungkin membuat Anda tampak seksi. Namun dalam evakuasi pesawat, ini baju yang bisa menghambat pergerakan Anda.

13. Pakailah sepatu.

Pakailah sepatu tanpa hak, atau berhak rendah ketika terbang dengan pesawat terbang. Sendal tidak melindungi kaki Anda dari api dan sepatu high heels akan menyulitkan proses evakuasi, selain juga bisa merobek balon seluncuran karet di pintu darurat.

14. Bergerak Cepat

Jangan menunggu terulah bergerak menuju tempat yang aman secara cepat dan menujulah tempat yang aman untuk berjaga jaga pesawat yang jatuh biasanya tak lama akan terbakar atau meledak. Untuk itu haruslah bergerak secapatnya untuk menyelamatkan diri.



Supaya bermanfaat dan memberi manfaat Silahkan bagikan artikel 

Berlangganan via Email