Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

8 Bahaya menyelam dan 8 tips aman menyelam,


Bahaya menyelam dan tips aman menyelam
Add caption


Sebelum melakukan penyelaman Sobat harus memperhatikan syaratnya yaitu, ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh seorang penyelam atau calon penyelam, di antaranya Sobat harus sehat jasmani dan rohani  karena menyelam bisa membahayakan kita pelakunya, untuk itu Sobat harus mengerti apa bahaya menyelam, bagaimana tip aman menyelam,


Bahaya menyelam saya rangkum menjadi 8 dan 8 tips aman menyelam, jika Sobat sudah memahami atau sekedar mengetahuinya sebagai tambahan pengetahuan, berikut saya paparkan apa saja bahaya menyelam dan bagaimana tips aman menyelam, sebelumnya Sobat wajib mengetahui kesehatan terlebih dahulu

Kesehatan Jasmani


Anda juga harus memperhatikan kesehatan sebelum melakukan penyelam. Riwayat penyakit dan obat-obatan yang masih diminum untuk jangka panjang juga harus diperhatikan. Obat-obat untuk kejiwaan (penenang, obat tidur atau anti depresi), anti alergi, anti Diabetes Melitus (DM), steroid dan alkohol mengurangi keamanan penyelam, karena efeknya yang tidak dapat diprediksi saat berada di lingkungan bertekanan tinggi.

Masalah kesehatan yang biasanya muncul dari menyelam, dan rata rata banyak terjadi dan harus di ketahui

Add caption

Kesehatan Rohani


Bila anda mau melakukan penyelaman maka harus di perhatikan psikologis anda karena
Seorang penyelam atau calon penyelam harus memiliki kondisi emosional yang stabil, tenang, dan mampu mengatasi tekanan fisik dan mental. Selain itu, orang tersebut juga tidak mudah gelisah dan mampu menyingkirkan rasa takut dari pikirannya. Karena menyelam termasuk berbahaya dan bukan kebiasan manusia untuk di dalam air maka itu perlu persiapan psikologis yang matang untuk menghadapi keadaan di dalam air.

8 Bahaya Menyelam


Sobat harus memperhatikan Bahaya menyelam agar dapat menghindar supaya kita selamat dan tidak berisiko dalam penyelaman, karena keselamatan adalah suatu yang harus kita perhatikan dan kita taati, berikut bahanya menyelam:


1. Hipotermia (kedinginan)


Jika Anda menyelam di air dingin, hipotermia adalah risiko utama Anda. Menggigil adalah respon tubuh Anda untuk menurunkan suhu tubuh dan salah satu gejala awal hipotermia; Anda harus mengakhiri menyelam Anda jika Anda mulai menggigil.

Cara terbaik untuk mencegah hipotermia — dan sebagian besar risiko kesehatan lain yang terkait dengan scuba diving — adalah dengan menggunakan peralatan yang tepat dan menyelam dengan pemandu profesional jika Anda seorang penyelam yang belum berpengalaman. Kenakan baju dan peralatan selam yang tepat, tebal, dan berkualitas, terutama di perairan dingin. Penutup kepala yang memadai juga penting karena kepala mewakili daerah tubuh yang berpotensi kehilangan banyak panas tubuh.


2. Mengalami Dekompresi


Penyakit dekompresi adalah kondisi medis yang disebabkan oleh akumulasi nitrogen terlarut dalam tubuh setelah menyelam, yang kemudian membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem saraf. Tergantung pada jumlah nitrogen yang diserap dan di mana lokasinya, kasus dekompresi dapat berkisar dari sakit sendi atau ruam kulit hingga mati rasa, kelumpuhan, dan kematian. Tanda-tanda paling umum dari penyakit dekompresi parah adalah disfungsi dari sumsum tulang belakang, otak, dan paru-paru.


3. Berdenging pada telinga (Tinnitus)


Tinnitus adalah kondisi telinga berdenging konstan, dan, seperti halnya dengan vertigo, jika Anda menyelam dengan sakit kepala atau masalah telinga lainnya, Anda dapat berisiko mengalami hal ini.
Saat Anda turun ke kedalaman lautan, tekanan air dari luar akan meremas udara di liang telinga, menyebabkan sensasi tekanan dan rasa sakit di kepala dan telinga. Anda harus menyamakan tekanan dalam ruangan ini dengan berbagai metode, seperti mencubit lubang hidung Anda sembari dengan lembut meniup hidung Anda. Jika Anda benar melakukan ini, Anda dapat menahan peningkatan tekanan tanpa masalah. Namun, kemacetan sinus disebabkan oleh pilek, flu, atau, alergi akan mengganggu kemampuan Anda untuk menyamakan tekanan dan dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga Anda.

Add caption


4. Mengalami Barotrauma


Rata rata penyelam menyelam ke dalam lautan dengan memencet hidungnya dan meniupkan udara lewat telinga untuk mendorong lebih banyak udara ke telinga tengah.
Barotrauma terjadi ketika penyelam naik-turun terlalu cepat sambil menahan napas, sehingga gas dalam telinga tengah dan paru-paru mengembang sangat cepat. Ini adalah akibat gagalnya menyeimbangkan perbedaan tekanan drastis antara dalam tubuh dan lingkungan sekitarnya. Akibatnya, penyelam mengalami sakit telinga parah hingga kerusakan pada jaringan telinga dan paru-paru. Luka paru-paru ini bisa cukup buruk untuk menyebabkan kolaps paru (pneumothoraks). Cedera juga dapat memungkinkan gelembung udara bebas untuk melarikan diri ke dalam aliran darah. Ini disebut emboli gas arteri. Emboli gas arteri sering menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, dan masalah neurologis seperti stroke.

5. Keracunan oksigen


Keracunan oksigen biasanya hanya menjadi ancaman bagi penyelam yang menyelam lebih dari 41 meter. Seperti nitrogen, tubuh menyerap oksigen tambahan akibat tekanan bawah air. Bagi kebanyakan penyelam ini bukan masalah, tetapi pada kedalaman ekstrem banyak oksigen ekstra yang diserap sehingga menjadi beracun. Efek berkisar dari tunnel vision (hilangnya pandangan periferal yang membuat mata Anda terfokus seperti dalam terowongan) dan mual hingga otot berkedut, hilang kesadaran, kejang, dan tenggelam. Keracunan oksigen datang dengan cepat dan tanpa peringatan. Saran terbaik untuk menghindari toksisitas oksigen adalah untuk menyadari batas kedalaman Anda dan menaatinya.

6. Terjadi Vertigo


Vertigo, atau perasaan pusing atau goyah, adalah salah satu gejala serius barotrauma. Sensasi kepala berputar bisa berbahaya ketika dialami di bawah air karena dapat dengan mudah menyebabkan disorientasi.

Cara terbaik untuk menghindari situasi berbahaya dalam air ini adalah untuk tidak menyelam jika Anda memiliki sakit kepala, meriang atau alergi yang belum terobati. Jika hal itu terjadi, biasanya pengobatan vertigo terkait menyelam melibatkan istirahat di rumah, meskipun kadang obat sakit kepala juga diperlukan.

7. Bisa terbius nitrogen


Bahaya lain yang berhubungan dengan nitrogen adalah efek narkotika dari semua simpanan nitrogen ekstra dalam tubuh. Siapapun yang pernah mendapat bius gas nitrat oksida di dokter gigi pasti akrab dengan efek ini. Terbius nitrogen dalam konsentrasi tinggi berbahaya karena dapat merusak akal sehat dan persepsi sensorik. Sama halnya dengan penyakit dekompresi, tingkat pembiusan nitrogen berhubungan dengan seberapa dalam Anda menyelam dan berapa banyak nitrogen yang tubuh Anda serap.

8. Sedang Haid Dilarang Menyelam


Perempuan yang sedang haid dilarang menyelam bila mempunyai keluhan seperti nyeri perut, kram, nyeri kepala, mual dan muntah. perubahan hormonal saat haid membuat perempuan cenderung mengalami retensi air dan pembengkakan yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit penyelaman, yaitu decompression sickness, serta perubahan psikologi.


Tips Aman Menyelam


Add caption
Sebelum melakukan penyelaman Sobat harulah memperhatikan tips aman menyelam berikut ini:

1. Berdoa Sebelum menyelam


Berdoa meminta kepada ALLAH keselamatan dan Anda harus memenuhi syarat kesehatan fisik dan psikologi

2. Kuasai Ilmu Menyelam


Anda harus menguasai pengetahuan dan ketrampilan menyelam yang memadai

3. Peralatan Sesuai Standar


Anda harus mempunyai peralatan selam sesuai standar dan berfungsi baik dan harus di cek secara berkala

4. Ada Pendamping.


Usahakan ada penyelam pendamping yang berpengalaman

5. Pelajari Medan Penyelaman


Kita harus Menguasai medan penyelaman ini demi keselamatan penyelaman

6. Taat Pada Penyelamat


Anda harus tunduk dan mematuhi rencana penyelaman

7. Jangan Naik Pesawat


Setelah menyelam sebaiknya anda tidak bepergian dengan pesawat terbang sebelum 12 jam. Karena perubahan dari kedalama ke ketinggian sangat berbahaya terhadap fisik kita.

8. Pastikan Anda Sehat


Kondisikan anda benar benar dalam keadaan sehat, tanpa adanyq rasa lelah atau gejala lain sedikit pun.

Dengan kita mengetahui dan mempelajari bahaya menyelam dan tips aman menyelam maka kita seminimal mungkin menghadapi resiko yang kita hadapi, dan menjadi keharusan kita selamat dari resiko yang kita akan hadapi.




Berlangganan via Email