Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Obat Asam Urat Secara Alami Dan Medis



Add caption


Asam urat adalah penyakit sendi yang di akibatkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Pada penderita asam urat akan merasa nyeri dipersendian dan bengkak. Penyebab dan pencegahan terjadinya asam urat penting untuk di ketahui karena kesehatan menjadi keharusan untuk di jaga. Berikut ulasan tentang obat asam urat secara alami atau medis lengkap dan tuntas

Cara mengobati asam urat tidak hanya cukup dengan menghindari konsumsi jenis makanan tinggi purin. Penggunaan obat asam urat juga bisa mengatasi asam urat. Obat asam urat tergolong menjadi dua, yaitu obat medis dan obat herbal.

Penyebab Terjadinya Asam Urat

6 penyebab terjadi asam urat yang perlu kita ketahui untuk menjaga dan pencehan

1. Obesitas Atau Kelebihan Berat Badan


Dengan kelebihan badan, tubuh akan memperoduksi lebih banyak asam urat, kadarnya akan meningkat lebih tinggi dan ginjal kesulitan untuk membuang kadar tersebut di dalam tubuh

2. Faktor Keturunan


Menurut penelitian yang di adakan oleh perkumpulan dokter indonesia di simpulkan bahwa riwayat keluarga bisa menjadi penyebab asam urat.

3. Makanan Dan Minuman


Mengkonsusi makanan dengan kadar purin tinggi bisa menjadi penyebab utamanya seperti jerohan, makanan laut, dan daging sapi, penyebab yang di picu oleh minuman seperti minuman manis, dan alkhol kedua minuman tersebut bisa memicu tingginya asam urat

4. Konsumsi Obat


Beberapa jenis obat ditengarai dapat memicu terjadinya kadar asam urat yang tinggi seperti aspirin, diureti atau obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

5. Konsumsi sayur-sayuran


Diantaranya sayuran yang menjadi penyebabnya

- Bayam 
- Asparagus
- Berbagai Jenis Kacang
- Kembang kol
- Jenis Jamur

6. Konsumsi buah-buahan


Jenis buah durian dan nangka dapat meninggkatkan kadar asam urat yang tinggi

Baca Juga


Tanda Dan Gejala Asam Urat


○ Nyeri sendi mendadak

○ Muncul nodul atau pembengkakan di          tandai dengan memerahnya kulit

○ Warna kulit memerah pada sekitar sendi

○ Pembengkakan Pada persendian

○ Pada sekitar sendi nyeri dan bengkak di    ikuti rasa panas

○ Susah untuk bergerak karena rasa nyeri

Obat Asam Urat

Obat asam urat terbagi menjadi 2 yaitu obat secara alami atau biasa di sebut herbal dan obat kimia atau medis

Obat Asam Urat Medis


Dokter biasanya memberikan obat anti inflamasi non steroid contohnya adalah obat jenis piroxicam, untuk penderita asam urat yang tingkat lanjut dokter biasanya memberi allopurinol yang berfungsi untuk menghambat produksi asam urat biasanya obat ini di berikan pada penderita yang tingkat keseringan sedikit berlebih. Dan dokter akan memberikan probenecid yang berfungsi meningkatkan pembuangan asam urat di dalam tubuh. Tetapi semua obat tersebut harus menggunakan resep dokter.



1. Obat golongan antiinflamasi nonsteroid (AINS)


Obat medis asam urat tahap pertama yang digunakan untuk mengatasi asam urat adalah obat-obatan dari golongan antiinflamasi nonsteroid. Anda bisa membeli obat asam urat di apotek dari golongan AINS dosis tinggi dengan memerhatikan kandungan obatnya.

Pilihlah obat di apotek dengan merk tertentu yang mengandung diklofenak, azapropazon, etorikoksib, indometasin, ketoprofen, indometasin  naproksen, piroksikam, atau sulindak. Bahan-bahan aktif tersebut tergolong AINS dan bisa meredakan nyeri akibat kadar asam urat tinggi.

Perhatikanlah indikasi, kontraindikasi, dosis, cara pakai, dan efek samping yang tertera di dalam kemasan obat asam urat di apotek tersebut. Anda juga bisa mendapatkan obat medis asam urat golongan AINS dengan resep dokter.


2. Colchicine (Kolkisin)


Colchicine adalah obat asam urat di apotek yang menjadi alternatif obat setelah pemberian obat AINS tidak mampu mengatasi serangan gout akut. Obat kolkisin dapat meredakan nyeri gout akut dan mencegah gout.

3. Obat golongan kortikosteroid


Apabila serangan asam urat akut tidak bisa di atasi dengan AINS atau Colchicine, maka Anda bisa membeli obat asam urat di apotek yang termasuk golongan kortikosteroid. Obat-obatan kortikosteroid dapat meredakan serangan dengan cepat.

Di apotek, Anda bisa memilih obat asam urat  dengan kandungan prednisolon, deksametason, metilprednisolon, triamnisolon, adau kortison. Beberapa obat kortikosteroid tersebut digunakan secara oral dan sebagian secara parenteral intramuskular.

4. Alopurinol


Ada juga obat asam urat di apotek dengan kandungan alopurinol. Alopurinol bisa diberikan pada pasien dengan masalah asam urat tetapi tidak bisa diberikan obat urikosurik seperti sulfinpirazon atau memiliki gangguan fungsi ginjal.

Namun, alupurinol dikontraindkasikan pada orang yang memiliki alergi terhadap kandungan alopurinol. Efek samping alopurinol bisa menyebabkan ruam, mual, muntah, sakit kepala, vertigo, demam, dan perubahan buang air kecil.

5. Sulfinpirazon


Sulfinpirazon adalah obat dari golongan urikosurik. Anda bisa membeli obat asam urat di apotek dengan merk tertentu yang mengandung sulfinpirazon. Pemberian sulfinpirazon harus dilakukan secara hati-hati pada penderita hipersensitivitas dan gangguan fungsi ginjal.

6. Probenesid


Anda juga bisa membeli obat asam urat di apotek yang mengandung probenesid. Probenesid adalah obat medis asam urat yang bisa menangani masalah asam urat untuk jangka panjang.

7. Rasburikase


Rasburikase bisa menjadi obat medis asam urat karena mampu mencegah asam urat dan menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Akan tetapi, Anda tidak bisa menggunakan obat rasburikase jika sedang hamil atau menyusui.

8. Colchicine (Kolkisin)


Colchicine adalah obat asam urat di apotek yang menjadi alternatif obat setelah pemberian obat AINS tidak mampu mengatasi serangan gout akut. Obat kolkisin dapat meredakan nyeri gout akut dan mencegah gout.


Obat Asam Urat Alami/Herbal


Perlu diketahui, asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di area jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Asam urat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam yang memecah purin dalam makanan.

Biasanya orang dengan asam urat harus menghindari beberapa makanan agar penyakit ini tak kambuh. Tetapi, cara ini tak sepenuhnya efektif menghilangkan asam urat jika tanpa tindakan apapun.

Karena itu, ubah pola hidup sambil mengonsumsi beberapa makanan yang berfungsi sebagai obat alami asam urat.


Buah Ceri 


Karena buah itu mengandung Alloporinol yang bsrfungsi untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan dapat di makan 10 hingga 20 buah setiap hari dan apabila anda kurang suka bisa juga di buat jus yang menyegarkan

Jahe


Jahe dapat di buat minuman hangat yang menyehatkan karena jahe mengandung anti inflamasi yang berfungsi mengurangi pembengkakan dan peradangan pada penderita, jahe juga mempunyai sifat analgesik.

Pisang


Karena kandungan potasium yang tinggi bisa membantu mengubaj kristal asam urat menjadi cair dan di keluarkan oleh tubuh dengan lancar dan anda bisa mengkonsumsi 2 pisang setiap harinya

Cuka Apel


Karena kandungan anti inflasi yang tinggi dapat mengurangi rasa sakit yang biasanya di derita pasien asam urat tinggi dan dapat di konsumsi satu sendok makan di tambah air hangat dan di tambah madu satu sendok juga di campur dalam gelas di minum ketika masih hangat.

Jus Seledri


Seledri banyak mengandung asam fenolik dan quecetin zat ini dapat melindungi tubuh dari peradangan termasuk dalam sendi, dan dapat mengurangi kandungan asam urat yang tinggi

Minyak Ikan


Kandungan Omega3 yang tinggi dapat menyehatkan otak dan dapat memperlambat produksi uric acid pada tubuh ini bisa menjaga kadar asam urat dalam tubuh.


Untuk Mencegah Terjadinya Asam Urat



1. Jangan berlebih memakan makanan dan minum yang dapat memicu asam urat

2. Berolah raga yang rutin di lakukan dapat memeperkuat sendi sendi pada tubuh

3. Aturlah pola makan sayur dan buah yang bisa memicu peningkatan kadar asam urat

4. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi

5. Jangan minum minuman yang berakhol

Dari pada kita sakit mending sehat. Selagi sehat harus menjaga kesehatan. Obat asam urat secara medis dan alami bisa di pakai untuk penderita asam urat dengan rekomendasi dokter yang anda pilih.








Berlangganan via Email