Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

19 sikap istri kepada suami menurut islam


Sikap istri terhadap suami



Di jaman sekarang banyak wanita wanita yang tidak memperhatikan keharusan bersikap terhadap suaminya padahal seorang istri haruslah tunduk dan taat terhadap seorang suami, jangan karena emansipasi wanita anda para wanita menentang aturan adab yang seharusnya di lakukan, walau itu di anggab berat. Jadilah seorang istri yang bisa mengahomi keluarga. Mari membangun keluarga dengan penuh keberkahan.

19 sikap istri kepada suami menurut islam


1. Menjadi seorang Istri ideal harus memadukan hal berikut:


Ia dapat membahagiakan suaminya bila suami melihatnya,
dengan cara merawat diri agar selalu tampil cantik menarik di depan suaminya.
Seorang istri harus mentaatinya jika suami menyuruhnya;
Ia tidak menentang keinginan suaminya baik menyangkut diri sang istri atau harta bendanya dengan melakukan sesuatu yang dicela olehnya.

2. Sebenarnya, dengan ingkarnya seorang istri atas apa yang diberikan suami adalah bentuk ingkar pula kepada Allah.


 Oleh sebab itu Allah sudah mewakilkan rizki sang istri melalui suaminya. Sebab itu, janganlah seorang istri merasa susah dengan pekerjaan suami yang biasa-biasa saja. Apapun profesinya, selagi dia memenuhi kewajibannya memberi nafkah dengan pantas dan baik maka istri wajib menerima dan mensyukurinya. Namun, alangkah baiknya jika istri mensuport  suami yang sedang dalam kesusahan mencari nafkah/lainnya, bukan malah mencaci atau memarahinya. Sebab, tidak ada lelaki hebat tanpa ada wanita yang mendukunganya di belakang.

3. Istri harus menghormati kerabat suami


Bagi seorang istri yang menghormati kerabat dekat suaminya dan memperlakukan mereka dengan ramah adalah sesungguhnya merupakan tanda penghargaan dan hormat bagi suaminya.

4. Istri harus mendiskusikan setiap masalah


Seorang istri sebaiknya mendiskusikan masalah-masalah keluarga dengan suaminya pada saat-saat yang tepat dan jangan memaksa.

5. Istri harus tunduk atas kepemimpinan suami


Kepemimpinan dalam keluarga menjadi hak suami. Bagi perempuan yang menuntut persamaan yang penuh dan sempurna dengan suaminya, akan berakibat pada adanya dua pemimpin dalam keluarga dan ini tidak dikenal dalam Islam. Meskipun begitu suami tidak boleh bertindak dengan cara otokratis dan menyalahgunakan posisinya. Ia harus memperlihatkan cinta dan kasih sayangnya dan memperlakukan istrinya sebagai partner hidup.

Baca Juga

1. Menjadi Istri Yang Baik Untuk Keluarga

2. Cara Menjadi Istri Membahagiakan

3. Kajian Islam Tentang Selingkuh

4. Akibat Menjadi Pelakor


6. Istri tidak boleh memancing amarah suami


Hindarilah hal-hal yang dapat membuat suami marah, apalagi sampai marah berkepanjangan. Namun namanya rumah tangga, tidak menutup kemungkinan terjadinya hAl hal itu. Apabila suami marah, redamlah ia dengan halus, jika yang bersalah istri mintalah maaf dan ridhonya dengan baik. Namun jika yang bersalah adalah suami, biarkan amarahnya redam dulu, kemudian diskusikan dengan baik pada waktu yang baik.


7. Istri tidak boleh menolak ajakan suami


Menolak tidur bersama suaminya ketika ia mengajaknya tidur adalah merupakan satu kesalahan besar yang harus dihindarkan

Dari Thalaq bin Ali, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

أَيُّمَا رَجُلٍ دَعَا زَوْجَتَهُ لِحَاجَتِهِ فَلْتَأْتِهِ وَلَوْ كَانَتْ عَلَى التَّنُّوْرِ

“Suami mana saja yang memanggil istrinya untuk memenuhi hajatnya, maka si istri harus/wajib mendatanginya (memenuhi panggilannya) walaupun ia sedang memanggang roti di atas tungku api.”

Diriwayatkan oleh Abu Hatim dalam Shahih-nya dan At-Tirmidzi,


8. Tugas Istri di dalam rumah tangga


Memelihara rumah dan menjalankan tugas-tugas rumah tangga adalah menjadi tanggung jawab istri. Oleh karena itu ia harus mengerjakan tugas-tugas merawat rumah, perabot rumah tangga dan lain-lain dan juga harus hemat.

9. Istri harus penuh perhatian kepada suami


Istri harus penuh perhatian terhadap suaminya pada saat ia berbicara, jangan menyela selagi suami bicara


10. Istri harus menghormati suami


Bagi seorang istri yang menghormati kerabat dekat suaminya dan memperlakukan mereka dengan ramah adalah  sesungguhnya merupakan tanda penghargaan dan hormat bagi suaminya

11. Istri seharusnya menyambut kedatangan suami


Pada saat suami pulang ke rumah, istri harus menyambutnya dengan ramah dan menemuinya dengan penampilan yang baik dan cantik.

12. Istri harus pandai dalam menyampaikan suatu masalah


Seorang istri harus berhati-hati untuk tidak menyampaikan pada suaminya, pada saat ia pulang, tentang persoalan-persoalan keluarga, atau mengadu padanya tentang anak-anak, dan lain-lain. Sebaliknya ia harus berupaya menciptakan suasana damai yang justru dibutuhkan suaminya setelah melewati hari-hari yang panjang dan melelahkan.

13. Istri tidak boleh meminta tambahan kebutuhan


Seorang istri tidak patut meminta dari suaminya uang tambahan atau apa yang ia tidak miliki atau tidak mampu memberikannya, dan ia harus menunjukkan rasa terima kasih atas apapun yang ia berikan.

14. Istri harus menunjukan rasa hormat kepada keluarga suami


 Tunjukkanlah rasa hormat kepada keluarga dan kerabata suami, terutama kepada orang tuanya. Seorang istri harus bisa menjaga diri untuk tidak bermasalah dengan keluarga dan kerabat dari suami.

15. Istri tidak boleh menemui laki-laki lain


Istri tidak boleh bercengkrama dengan laki-laki asing tanpa mengindahkan keberatan suaminya

17. Berbicara yang sopan dengan suami


Berkata kata yang sopan terhadap suami, jangan membentak apalagi mengumpat.

18. Istri harus bisa menyimpan aib keluarga


 Seorang istri haruslah mampu menutup aib keluarga dan jangan sampai mengumbar aib di depan orang banyak, atau bercurhat di media sosial.

19. Surga istri di telapak kaki suami


Ingatlah Surga para istri berada di telapak kaki suami bukan pada kedua orang tua istri, jika suami sampai kapan pun surga berada di telapak kaki orang tuanya.

Ini adalah sebagian kecil apa yang harus di perbuat oleh seorang istri dan menjadi tanggung jawabnya.  Mari kita saling belajar untuk menuju kebahagian yang hakiki sebagian kunci kebahagian ada pada keluarga terutama hubungan suami istri.



Share artikel ini apabila anda suka

Berlangganan via Email