Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Ciplukan Yang Ampuh Untuk Kesehatan

Add caption


Manfaat Ciplukan Yang Ampuh Untuk Kesehatan merupakan suatu keistimewan bagi tanaman yang dulu di anggap sebagai tanaman yang tak ada gunanya, pada saat ini, banyak orang mulai menyadari tentang manfaat Ciplukan dan cara mengolahnya menjadi herbal sederhana.

Tanaman herbal ini juga dikenal sebagai Physalis Minina, temasuk ke dalam famili tumbuhan Solanaceae. Pada jaman dahulu tumbuhan ini di remehkan ke mampuanya, bahkan tak di anggap sebagai tanaman yang mempunyai manfaat. Di tulisan ini saya akan mengungkap manfaat ciplukan dan cara pengolahan untuk menyembuhkan bebagai macam penyakit.

Nama Lain Ciplukan


Sebelum mengungkap manfaat ciplukan mari kita mengenal nama lain ciplukan. Dalam bahasa Inggris ciplukan disebut Morel berry, nama lainnya adalah Ceplukan, Cecendet, Yoryoran, Lapinonat, Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan, Dedes, dan Leletokan. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman ini, walaupun perkembangannya termasuk salah satu gulma.

Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya Untuk Kesehatan


Ciplukan berkembang secara liar, dan mudah tumbuh walau tanpa perawatan khusus. Ciplukan dapat  tumbuh diantara semak belukar yang bisa saja berada di kebun sobat sekalian atau di antara pekarangan rumah dan tak jarang kita bisa jumpai dipinggir jalan.

Tetapi keberadaannya pada  saat ini sulit ditemukan di perkotaan. Orang tua terdahulu telah lama menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari Ciplukan, termasuk buahnya dan daunnya. Berikut ini adalah salah satu ramuan yang bisa diterapkan untuk pengobatan herbal hipertensi, kencing manis, bisul, borok, diabetes melitus, penyakit paru-paru dan ayan.

Tanaman Ciplukan bersifat analgetik atau penghilang rasa sakit. Juga berpotensi sebagai peluruh air seni atau diuretic, menetralkan racun, dan meredakan batuk. Sifat lainnya dapat mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh dan sebagai anti tumor. Tanaman ciplukan banyak jenisnya, salah satunya jenis Physalis Viscosa yang mengandung racun dan bisa digunakan untuk pestisida.

Tumbuhan ciplukan mempunyai kandungan kimia berupa Chlorogenik Acid, asam citrun, fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji ciplukan mengandung asam Elaidic. Ramuan herbal yang digunakan untuk beberapa penyakit,

Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya:

Pengobatan Bisul dan Luka Lama yang tak kunjung sembuh.


Sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih ditambah sedikit garam. Campurkan semua bahan hingga menyatu menjadi lembut, kemudian oleskan disekitar bisul.

Untuk Penyembuhan Luka,


gunakan 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok kapur sirih. Haluskan kedua bahan dan tempelkan ke bagian yang sakit.
Pengobatan Diabetes Mellitus. Ambil atau cabut tanaman yang sudah berbuah beserta akar lalu dibersihkan. Tanaman ini direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga air menjadi 1 gelas. Ramuan ini kemudian disaring dan diminum sekali sehari.

Pengobatan Hipertensi


Sediakan 5 gram daun kering ceplukan dan masukan kedalam air sebanyak 110 ml. Kemudian campuran ini direbus selama 10 hingga 15 menit dan diaduk merata. Setelah selesai, saring ramuan herba, dan dosis sekali minum sekitar 80-100 ml. Buat air rebusan 2 kali sehari untuk diminum setiap pagi dan sore, ramuan ini tidak boleh lebih dari 24 jam.

Pengobatan Kencing Manis Deabetismilitus.


Sediakan 10 gram bahan kering ciplukan dan air 400 ml. Pembuatan ramuan dan dosis minum sama dengan pengobatan hipertensi.


Pengobatan sakit yang berkaitan dengan paru-paru, seperti sesak nafas.


Ambil atau cabut tanaman beserta akar dan buah, kemudian rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Saring ramuan ini dan minum 1 gelas, 3 kali sehari.

Ciplukan atau Cepluk, buah Lentera China, tanaman ini memiliki sejarah panjang sebagai ramuan obat di India dan Timur Tengah. Tanaman Physalis mengandung Lakton Steroid, yang juga berfungsi sebagai Withanolides. Withanolides berpotensi sebagai Anti-kanker, anti-inflamasi dan Apoptosis.

Ramuan buah dan daun dapat mengecilkan ukuran tumor atau kanker, mengobati bisul, dan mengobati luka lama yang tak kunjung sembuh. Manfaat ciplukan sangatlah besar walau bentuk fisik tumbuhan ciplukan kecil.

Dan sekarang banyak yang membudidaya ciplukan dan beberapa supermarket pun menjual ciplukan yang beragam jenis dari bentuk yang beraneka ragam, warnanya pun bermacam macam.

Berlangganan via Email