Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Vetsi Atau Mecin, MSG (Monosodium Glutamat)


Add caption


Belum banyak yang mengetahui Manfaat dari Vetsi Atau Mecin (MSG /Monosodium Glutamat) kebanyak dari kita mengenal mereka karena mindset bahwa Vetsi Atau Mecin Dan MSG (Monosodium Glutamat) itu merugikan di antaranya bisa membuat bodohlah, sumber penyakit dan lainnya. Padahal
Vetsi Atau Mecin Dan MSG (Monosodium Glutamat) mempunyai manfaat.

Monosodium glutamat atau di sebut MSG biasa di panggil mecin ini kita kenal sebagai salah satu bahan penguat rasa yang digunakan oleh ibu-ibu dan tukang masak makanan di dapur ketika memasak menyempurnakan masakan. Apa lagi yang biasa pakai penguat rasa gurih nya, tidak lepas dari bahan yang satu ini. Seakan penyempurna sebuah hidangan yang akan di sajikan

Vetsi Atau Mecin Dan MSG (Monosodium Glutamat) masih banyak menjadi sebuah perdebatan di kalangan orang awam ada yang berpendapat merugikan dan ada yang berpendapat bermanfaat.

Bahan Dasar 

Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium atau natrium, glutamat dan air. Ketiga bahan tersebut adalah zat gizi. Di sana ada kata sodium, nah sodium ini sama saja dengan natrium. Dan tahu natrium ada di mana? Pertanyaan banyak kalangan seperti itu

Kita coba membedah pertanyaan di atas
Garam adalah senyawa natrium Jadi, kalo garam itu (NaCl) atau natrium klorida nah mecin ini natrium glutamat. Beda nya yang satu klorida, yang satu glutamat.

Glutamat adalah


Asam amino non-esensial. Dia bisa diproduksi dalam tubuh, Funsinya dalam tubuh adalah untuk metabolisme fungsi otak dan otot.

Jadi di tubuh seseorang ada 20% protein. 20% dari protein tersebut adalah kandungan glutamat. Tidak cuma di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah dan bahkan ASI dan masih banyak bahan lainnya

Bahan Pembuat 


Msg terbuat dari tebu, ada juga yang dari ekstrasi lobak, singkong dan gandum.

Bahan alami. Gula juga dari tebu. Tepung juga dari gandum  Jadi tetes tebu atau singkong ini difermentasi pake bakteri Brevi-bacterium lactofermentum, terus ditambahin garam biar mengkristal deh. Inilah yang membuat mecin berbentuk bubuk kristal

Manfaat 


Sebenarnya sesuatu di buat pasti ada manfaatnya semuanya tergantung pada pemakainya bagaimana memanfaatkan sebuah produk, berikut adalah manfaat vetsi atau mecin


1. Kandungan sodium


Di 5 gram garam setara 2000 mg , Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat) sementara 5 gram Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat) sodiumnya hanya 600 mg. Makanya, penggunaan mecin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Ditambah lagi, glutamat itu bikin gurih. Gurih dapat menguatkan rasa, jadi lebih enak. Mecin bisa dijadikan bahan untuk penambah nafsu makan.


2. Meningkatkan cairan ludah


Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat) meningkatkan cairan ludah kita/gampang menelan makanan saat kita mengunyah makanan sumber dari (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung. (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi mecin

Dosis Pengunaan 


U.S Food and Drug Administration (USDFA), dianjurkannya kita konsumsi mecin itu 1,5 gram perhari. 0,5 gram mecin dalam satu mangkok. Berarti kalau kita makan 3 mangkok bakso dan kuahnya dihabiskan, baru tuh kita makan 1,5 gram mecin.
Pernah liat mecin berlambang mangkok yang paling kecil kemasannya? Itu kan 5 gram. Itu untuk memasak 1 kg danging bisa juga berati 1kg memasak rendang mengunakan 5gram Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat)

Proses Kerja di dalam tubuh


Natriumnya kerja sebagaimana garam pada natrium, sementara glutamatnya bekerja sebagaimana glutamat dalam tubuh bekerja. Seperti dijelaskan diatas, glutamat berfungsi dalam proses metabolisme pada tubuh kita.

Negara Penguna 


Amerika menggunakan 12,0 gram glutamat perhari (11 gram dari makanan; 1,0 gram dari mecin). Jepang menggunakan 15,9 gram glutamat perhari (14 gram dari makanan; 1,9 gram dari mecin).

Keamanan Glutamat dilakukan oleh 4 badan Dunia Urusan Pangan;


FAO dan WHO, European Food Safety and Authority, National Academy of Sciences dan USDFA.

Peraturan Pemakaian Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat) Di Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 722/ Menkes/ Per/ IX/ 88 Tgl. 20/09/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP): MSG adalah BTP penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum (secukupnya)
Berarti sama kaya gram dan gula, sewajarnya janganlah berlebih

Amankah Vetsi Atau Mecin 


Kesimpulannya AMAN Yang tidak aman itu kalau berlebihan.

Jangankan mecin kalau kelebihan pasti badan tidak enak dan mual, garam saja misalnya. Kalo makan banyak garam pasti pusing! Itu karena tekanan darah naik.

Sama seperti kebanyakan karbohidrat di pagi hari, pasti ngantuk. Lebih baik sarapan dengan rendah karbohidrat

Apakah Glutamat aman buat orang yang sedang sakit?


Infus komposisinya ada L-glutamic acid.

So Vetsi Atau Mecin (MSG/Monosodium Glutamat) aman di gunakan asal tidak berlebihan. Yang tidak aman kalau kita menggunakan berlebihan.Tapi semuanya terserah sobat karena dengan kita memikiran sesuatu, sesuatu itu akan terjadi. Mengunakan atau tidak tergantung pada sobat.

     

Berlangganan via Email