Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Ampas Kelapa Untuk Pakan Ikan


Add caption

Memasak menggunakan santan pastilah sangat lezat berbagai jenis menu  masakan indonesia yang menggunakan santan, tapi belum banyak yang memanfaatkan ampas kelapa ini untuk pakan ternak terutama pada perikan organik, ini sangat meringankan biaya produksi pembesaran ikan darat.

Ampas kelapa untuk pakan mempunyai berbagai keunggulan di banding paka alami lainnya, proses pembutanya cukup mudah dan kita hanya manfaatkan ampas bekas kita masak atau mungkin Sobat dekat dengan industri yang membuang apas kelapa yang tak di butuhkan lagi.

Kandungan Nutrisi Pada Ampas Kelapa


Banyak orang beranggapan bahwa Ampas kelapa sudah tidak berguna lagi ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Menurut hasil dari analisis, ampas kelapa masih memiliki kadar protein yang cukup tinggi sekitar 11, 35% dengan kandungan lemak nabati jadi totalnya 23,36%.

Kandungan Serat Pada Ampas Kelapa


Add caption


Selain itu ampas kelapa juga mengandung serat galaktomanan yang mempunyai peran untuk menurunkan koresterol dalam darah. Ampas kelapa juga mengandung serat kasar , serat makanan, kadar abu, kecernaan bahan kering in vitro dan kecernaan bahan organik in vitro. Ketika akan diolah menjadi makanan ikan, ampas kelapa lebih baiknya  difermentasi terlebih dulu, karena ampas kelapa yang difermentasi hasilnya akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan ampas kelapa yang belum di fermentasi. Diperlukan adanya perbaikan nutrisi pada pakan agar pertumbuhan ikan yang lebih baik dan sehat dengan bobot mantap.

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Batu

Cara Pengolahan Ampas Kelapa Dengan Fermentasi


Pengolahan awal ampas kelapa melalui proses fermentasi dengan micro organisme yang menguntungkan bisa juga menggunakan yakult atau yogurt dan diharapkan dapat meningkatkan daya cerna proteinnya . Namun, ada beberapa metode untuk fermentasi ampas kelapa dengan menggunakan beberapa bahan tambahan lainnya.

Bahan Pengolahan Fermentasi Ampas Kelapa


1. Fementasi kelapa dengan menggunakan ampas kelapa, pelet, serta tepung. (bisa juga dari tepung yang terbuat dari roti bekas) atau tepung lainnya

Cara Pembuatan Pakan Ikan Dengan Ampas Kelapa:




Ampas di campur dengan jenis tepung lalu keringkan di udara terbuka selama 4-5 hari. Hingga kering, kemudian haluskan, campuran ampas kelapa dan pelet, tepung ikan, tepung jagung, tepung umbi, dll (gunakan bahan yang mudah di dapat dan harganya masih rendah). Campurkan dengan tepung serta air tambahkan 5 sendok gula pasir.

Baca Juga:

1. Mamfaat Cangkang Telur Untuk Tanaman

2. Pupuk Organik Dari Ampas Kelapa

3. Membuat Asam Amino Organik

2. Bisa dari ampas kelapa, ragi tape atau ragi tempe, Dedak, tempung roti bekas, bungkil kedelai, dan bahan lainnya.

Proses Pembuatannya :


Peras ampas kelapa sampai kadar airnya habis.

Kemudian kukus Selama 15 sampai 20 menit

Setelah itu angkat dan tiriskan hingga keringkan selama 30 sampai 45 menit di udara terbuka.

Ampas kelapa yang telah kering sebar merata lalu taburkan ragi tahu atau tempe.

Kemudian aduk hingga merata.

Masukkan ke dalam ember peram 24 - 36 jam atau 3 hari.
Setelah di peram , ampas bisa di keringkan.

Daya tahan ampas kelapa fermentasi selama 60 hari.
Manafaat H2O2 Hidrogen Perioksida Untuk Tanaman


Manfaat Fermentasi Ampas Kelapa


Sebagai pakan ikan, ampas kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan ikan Darat. Ampas kelapa yang akan diberikan pada ikan sebelumnya harus difermentasi terlebih dahulu seperti cara di atas. Karena konsentrasi penambahan ampas kelapa pada pakan yang optimal untuk pertumbuhan dan kadar protein ikan Darat sebesar 25%. Namun, perlu adanya perbaikan komposisi nutrisi pada pakan agar pertumbuhan dan protein daging meningkat.

Yang di maksud ikan darat adalah ikan yang hidup di air tawar seperti ikan Nila, ikan Mas, ikan Lele dan ikan lainnya.

Berlangganan via Email