Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Hidrogen Peroksida Untuk Pertanian



Hidrogen Peroksida (H2O2) Untuk Pertanian. Apa itu Hidrogen Periksida? Mari kita mengenal sekilas tentang Hidrogen Perioksida Sebagai bahan kimia anorganik dalam bidang industri, teknologi yang digunakan untuk Hidrogen Peroksida adalah auto oksidasi Anthraquinone. 

Dengan ciri khasnya yang berbau khas keasaman dan mudah larut dalam air, dalam kondisi normal (ambient) kondisinya sangat stabil dengan laju dekomposisi kira-kira kurang dari 1% per tahun. Salah satu keunggulan Hidrogen Peroksida dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Hidrogen Peroksida  


Baca Juga:





Sebenarnya banyak sekali manfaat hidrogen prioksida di antaranya untuk bahan pelarut, Pemutih pakaian/campuran detergent, desinfektan pada luka dan untuk mesetiril alat2 kedokteran dan banyak yang lainnya. Bahkan untuk pertanian yang sangat bermanfaat sekali yaitu untuk pupuk, Bakterisida, fungisida.

Hidrogen Peroksida Untuk Pertanian

Add caption


Penggunaan Hidrogen Peroksida dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman, seperti bunga, tanaman rempah-rempah, tanaman buah, tanaman sayuran dan lain sebagainya.

Hidrogen Peroksida ini bekerja dengan melepas atom oksigen yang dapat digunakan untuk suplemen atau penambah oksigen yang sangat diperlukan bagi perkembangan tanaman.

Hidrogen Peroksida juga dapat digunakan untuk membasmi jamur (fungus) yang hidup di tanah, cara kerjanya yaitu dengan melepas atom oksigen yang bersifat selain anti-fungal juga anti-bacterial.


Manfaat Hidrogen Peroksida H2O2 Untuk Pertanian :


1. Sebagai Pupuk 

Dapat dicampurkan dengan air yang dipakai untuk mengkocor tanaman atau spray (semprot) daun.

2. Penyembuh Tanaman Terinfeksi Hama


Spray (semprot) pada daun dan campurkan pada air untuk menyiram.

3. Nutrisi Hidroponik


Hidrogen Peroksida sering ditambahkan dalam larutan nutrisi untuk menambah kadar oksigen.

Cara Membuat Pestisida dan Fungisida

4. Mencegah Infeksi 


Semprotkan pada dahan / batang tanaman yang luka / patah untuk mencegah infeksi.

5. Mencegah Jamur 


Semprot daun tanaman di greenhouse untuk mencegah fungus / mildew (embun tepung).

6. Untuk Proses Semai Bibit


Tambahkan H2O2 kedalam air yang dipakai untuk merendam dan menyemai biji. Proses penyemaian dan pertumbuhan akan lebih cepat dan lebih sehat.

7. Mempercepat Penumbuhan Akar Baru


Tambahkan H2O2 kedalam air yang dipakai untuk merendam potongan cabang tanaman untuk percepatan pertumbuhan serta kesehatan akar baru.

Cara Menurunkan Kadar Hidrogen Prioksida dari 50% ke 3%


Dalam hitungan untuk 100 ml

Untuk larutan 5% diencerkan dari kadar 50%  maka:

10 ml peroksida 50% di tambahkan 90 ml air

Untuk larutan 3% diencerkan dari kadar 50% maka butuh:

6 ml peroksida 50% di tambah 94 ml air
Untuk kadar diluar 50% masukin ke rumus, saya ambil general aja karena umumnya peroksida yang ada di pasaran untuk kimia industri adalah 50%.

Manfaat Tembakau Untuk Kesehatan

Kadar 5% dan 3% adalah kadar  larutan paling aman tidak terlalu menyengat.

Dosis H2o2 Untuk Tanaman


Penggunaan Hidrogen Peroksida 3% Untuk Pupuk yang di kocor atau di semprotkan,

100 ml untuk 1 galon, Setengah gelas untuk di campur 1 galon. Sesuaikan perbandingan untuk penggunaan lebih besar atau lebih kecil sesuai keperluan anda

Hidrogen Peroksida Untuk Membasmi Jamur Atau Hama


200 ml untuk 1 galon, Setengah gelas untuk di campur 1 galon. Sesuaikan perbandingan untuk penggunaan lebih besar atau lebih kecil sesuai keperluan anda

Untuk lebih memuaskan Anda harus berinovasi dalam menentukan dosis. Dosis yang saya tuliskan berdasar dalam pengalaman saya menangani tanaman yang saya rawat.


Cara Mengawetkan Cabe



Add caption



Saran Dalam Mencampur Hidrogen Peroksida


Gunakanlah kaos tangan yang terbuat dari plastik atau karet karena Hidrogen Peroksida sangat keras dan dapat mengakibatkan luka pada kulit, bila terkena kulit basuhlah dengan air atau mengkocor tangan dengan air pada kran.


Hidrogen Peroksida (H2O2) Untuk Pertanian masih belum banyak penggunanya dalam artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman dalam peggunaan H2O2 untuk pertanian selain itu teknik ini sangat murah dan aplikasinya sangat mudah.



Berlangganan via Email