Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Menanam Porang Di Polybag Hasil Maksimal



Bagi pemilik lahan yang luas tidak mempermasalahkan bagaiman cara menanam porang, tetapi bagaimana yang lahannya sempit untuk mengatasi keinginan menanam porang? Bagi pemilik lahan terbatas jangan berkecil hati, kita bisa akali dengan menanam porang di polibag. Dan mungkin ada sebagian orang yang menyukai tanam dalam polybag. Porang merupakan tanaman tropis yang termasuk dalam keluarga iles-iles.

Tanaman Porang


Porang mempunyai umbi dengan kandungan Glucocaman yang sangat tinggi. Tanaman porang atau amorphopallus oncophillus dalam bahasa latinnya pada saat ini  permintaan akan porang relatif sangat tinggi khususnya untuk industri kesehatan, makanan dan juga kecantikan. Pembudidayaan porang saat ini juga tidak banyak dilakukan, padahal untuk membudidayakan porang tak terlalu sulit dilakukan. Lantas bagaimanakah cara menanam porang di polybag?

Nutrisi Untuk Tanaman Supaya Cepat Menghasilkan

Produksi porang saat ini tengah gencar digalakkan supaya mampu memberikan stok yang cukup untuk mengimbangi permintaan porang dari berbagai daerah dan manca negara seperti Jepang, Cina, dan sebagian negara Eropa. Porang sebenarnya bisa ditanam di lahan atau tanah jenis manapun, namun yang terbaik adalah porang ditanam di lahan yang mempunyai naungan misalnya saja ditanam di lahan bawah pohon jati, sengon dan mahoni. Berikut ini akan sedikit dijelaskan bagaimana cara menanam porang di polybag.

Cara Berkebun Dilahan Sempit

Teknik Penanaman Porang


Menanam porang, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan khususnya dalam hal membuat bibit porang. Untuk teknik membuat bibit porang, yang pertama dapat menggunakan biji. Tanaman porang ini akan berbunga setelah berusia 4 tahun, bunga tersebut nantinya akan berubah menjadi buah yang kemudian bisa menghasilkan biji. Biji tersebut sangat baik dikembangbiakkan pada saat musim hujan. Dan teknik yang kedua adalah dengan menggunakan bintil yang terdapat diantara cabang dan batang porang, bintil tersebut bisa ditanam untuk mengembang biakkan porang. Teknik selanjutnya adalah dengan umbi.

Cara Menanam Porang Dalam Polybag


Baca Juga:

1. Cara Membuat ZPT Zat Pengatur Tumbuh Organik

2. Cara Membuat Fungisida Dan Pestisida

3. Cara Membuat Asam Amino Organik

Cara menanam porang dalam polybag merupakan solusi yang tepat untuk para pemilik lahan yang sempit dan memaksimalkan produksi pertanian. Penempatan porang yang baik adalah dengan cara menanam porang di bawah pohon besar, misalnya saja pohon jati tapi porang dapat juga di tanam dengan sistem penanaman di polybag. Sistem tanam seperti ini tak akan merusak tanaman lainnya, sistem tanam seperti ini juga sebagai pemanfaatan lahan secara maksimal untuk menghasilkan nilai ekonomi. Porang cukup sekali tanam, kemudian tinggal melakukan perawatan dan pemanenan. Porang cukup ditanam di lahan sekitar pohon jati yang rindang atau di polybag. Umbi nantinya akan bisa tumbuh kembali setelah panen dengan cara meninggalkannya di lubangnya semula.


Tahap Persiapan Media Tanam Porang



Siapkan medianya berupa polybag bisa di ganti dengan karung atau apa saja yg bisa di manfaatkan, kalau tidak mau repot bisa gunakan polybag dengan ukuran 60 x 60 cm minimal atau seukuran karung 100 kg, kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan tanah, pasir, selain itu siapkan juga pupuk organik berupa pupuk kompos atupun pupuk bokashi dengan perbandingan 1:1:1 atau boleh dilebihi pupuk organik dengan perbandingan 2.




Tanah yang digunakan adalah tanah yang subur, banyak mengandung unsur hara, dengan tekstur gembur, komposisi terdiri dari tanah liat, pasir dan mengandung sedikit debu, jika kandungan ini sudah tercukupi maka tanah ini sudah layak untuk menjadi bahan media tanaman Porang, dan jika tidak, maka tambahkan pasir dan pupuk organik.

Keuntungan Menanam Porang Dalam Polybag


1. Mudah untuk perawatan tanaman
2. Tanaman bisa di pindah, apabila lahan akan di gunakan kepenting lain. Seperti kita mau menebang pohon naungan, agar tidak jatuh mengenai Porang
3. Pemberian pupuk bisa maksimal dan tidak termakam tanaman di sekitarnya
4. Mempercepat masa panen
5. Cara tanam tidak memerlukan ukuran jarak antar tanaman karena porang sudah dalam polybag
6. Dengan lahan sempit kita bisa menanam banyak Porang

Pemanenan Porang


Porang bisa dilakukan pemanenan setelah ditanam selama 3 tahun, untuk memanennya cukup mengambil umbi yang berukuran paling besar dari tumbuhan porang tersebut. Dan umbi yang kecil bisa dibiarkan saja di tempatnya agar nanti pada saat musim hujan umbi dari tanaman porang tersebut bisa tumbuh kembali. Setelah umbi yang paling besar diambil kemudian bisa dilakukan pembersihan, setelah bersih umbi kemudian dipotong, diiris kemudian dijemur sampai benar-benar kering maupun pengolahan dengan cara yang lain. Atau mungkin langsung di jual ke pengepul porang di sekitar sobat


Berlangganan via Email