Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Air cucian beras untuk memancing jamur Jakaba


Air cucian beras atau air leri yang selama ini banyak yang mengabaikannya ternyata bisa untuk memancing jenis jamur Jakaba, jamur yang mirip dengan karang di laut.

Apa itu jamur jakaba? Jakaba adalah jamur keberuntungan abadi jamur yang mempunyai ciri-ciri mirip dengan jamur karang, Pada bagian bawah berwarna kehijauan tekstur kenyal agak mirip jeli atau agar2 tapi agak kaku dikit dan mudah patah atau hancur, Pada bagian atas jamur berwarna coklat secara keseluruan mirip dengan coral karang tekstur renyah. Jakaba hidup di air cucian beras, Sangat berbeda dengan Jamur karang

Add caption


Jika Jamur Karang atau Clavaria/Ramaria abietina (Clavariaceae)adalah Jamur yang hidup pada tanah lembab dan serasah tipis, jamur ini memiliki karpopora berbentuk seperti bunga karang/bunga brokoli berwarna krem kekuningan, berdaging, kenyal, licin dan berair.

Add caption


Daging buah di bagian bawah lebih tebal dari bagian atas. Pada bagian atas membentuk percabangan. Tingginya dapat mencapai 4 – 10 cm



Mendapatkan jamur Jakaba tergolong gampang-gampang susah karena sesuai dengan namanya Jakaba jamur keberuntungan abadi, jika Sobat tertarik dengan mendapatkan jamur ini Sobat bisa mencobanya hanya dengan bermodal air cucian beras saja, sebelum melangkah cara mendapatkan Jakaba kita pelajari kadungan sisa air cucian beras

Kandungan air cucian beras

Add caption


Air cucian beras mengandung 90% karbohidrat yang berupa pati, vitamin, mineral serta berbagai protein. Karbohidrat dalam jumlah yang tinggi akan membantu proses terbentuknya hormon tumbuh berupa Auksin, Giberelin dan Alanin. Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang.

Selain nutrisi, air cucian beras juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman. Kehadiran bakteri baik tersebut juga bisa mencegah kehadiran hama jenis kutu-kutuan dengan cara memecahkan sel telurnya sebelum menjadi hama, tentunya selain tanaman menjadi subur dan segar, penggunaan pupuk dari air cucian beras juga dapat meningkatkan imunitas tanaman terhadap serangan hama.

Berikut ini beberapa jenis bakteri bermanfaat yang dihasilkan dari air cucian beras.

Bakteri Pseudomonas fluorescens

Adalah sejenis mikroba atau mikroorganisme yang beradaptasi serta mengkloning dengan baik pada sistem perakaran (akar tanaman) serta mempunyai keunggulan untuk mensintesis metabolit untuk proses menghambat perkembangbiakan patogen.

Bakteri Pektolitik pektin

Cara Membuat Bioaktivator Multi Fungsi


Bakteri ini adalah sejenis mikroba yang
mensintesis karbohidrat dan Asam Amino untuk menghasilkan hormon tumbuh atau ZPT.

Bakteri Xanthomonas maltophilia

Bakteri ini menginfeksi sel hama Embun Tepung karna perkembangbiakan pesat di atas suhu 33oC dan ketersediaan lisis dalam jumlah besar.

Sementara itu, untuk cara aplikasinya ke lapangan dapat langsung dikocorkan pada akar tanaman atau bisa juga dengan dilakukan fermentasi terlebih dahulu.

Selain penjelasan di atas air cucian beras dapat untuk mendapatkan Jamur Jakaba, atau untuk mengembang biakannya,

Cara Mendapatkan Jakaba

Add caption


Cara mendapatkan jamur Jakaba tergolong unik karena mengandalkan keberuntungan kata penemunya yaitu Abah Junaidi, dari keterangan beliau jakaba di dapat dari bakar air cucian beras sebelum di masak atau di kenal air leri kemudian di masukan kedalam wadah seperti tong plastik atau bak plastik yang bersih, masukan air leri sebanyak Sobat dapat, kemudian tutup atasnya dengan kain hingga menutupi mulut tong plastik tersebut kemudian taruh tempat yang teduh di dalam rumah selama 15 hari, jika Sobat Beruntung muncul bakal jamur jakaba yang mirip dengan karang, bila sobat menemukan makan tutup lagi biarkan hingga tumbuh besar sesuai dengan keinginan Sobat. Apabila Sobat tidak beruntung maka mulailah dari tahap awal,



Cara Memperbanyak Jamur Jakaba



Memperbanya jamur keberuntungan abadi ini lebih mudah dari pada mendapatkan awalnya karena memperbanya hanya membutuhkan sedikit jamur Jakaba kemudian kumpulkan air leri atau di sebut air bekas cucian beras lalu tutup wadah dengan kain seperti proses mendapatkannya simpan pada tempat yang teduh tidak terkena panas matahari atau bersuhu lingkungan panas, tunggu hingga 14 hari kemudian buka wadah bila jamur Jakaba berkembang itu artinya Sobat berhasil dalam proses pengembangan atau memperbanyak Jakaba.

Memperpanjang Umur Tanaman


Umur tanaman memang berbeda ada tanaman yang setelah menghasilkan mati karena faktor asli tanaman tersebut, dengan mengaplikasikan jamur air leri yang bernama Jakaba ini tanaman bisa panjang usia tanaman Rati atau jenis terong.



Mengatasi fusariun


Fusarium yang diakibatkan oleh cendawan, Fusarium adalah salah satu genus cendawan berfilamen yang banyak ditemukan pada tanaman dan tanah Fusarium merupakan patogen pada tanaman yang dapat menyebabkan penyakit hawar

Mempercepat pertumbuhan tanaman yang kerdil


Ketika Sobat menyemai bijian tanaman pasti menemukan tanaman yang lambat pertumbuhannya di bandingkan sebayanya dengan perlakuan yang sama, mungkin penyebabnya beragam antara faktor genetik hingga pada percampuran media tanam yang tak merata bisa juga di akibatkan oleh hama penyakit bawaan atau endemik lahan penanaman.


Cara aplikasi Jakaba untuk tanaman

Add caption


Sobat bisa pakai air dari jamur Jakaba tumbuh, atau gunakan jamur Jakaba secukupnya kemudian hancurkan dengan blender agar halus tambahkan air leri secukupnya setelah jadi, ramuan di atas sebanyak 800 mili kemudian tambahkan air sebanyak 20 liter sesuaikan dengan kebutuhan untuk dosis gunakan perbandingan. Pengaplikasiannya bisa untuk kocor atau di semprotkan keseluruh bagian tanaman menurut keterangan beliau

Jamur jakaba bisa di gunakan untuk segala jenis tanaman, tanaman musim, tanaman tahun, sayur, buah-buahan, palawija, bahkan di aplikasikan ke tanaman hias.

Unsur dan Kandungan jamur Jakaba

karbohidrat yang berupa pati, vitamin B, mineral serta berbagai protein. Karbohidrat dalam jumlah yang tinggi akan membantu proses terbentuknya hormon tumbuh berupa Auksin, Giberelin dan Alanin. Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang. Unsur tersebut di perkirakan jamur Jakaba terbentuk dari air cucian beras

Manfaatkanlah Air cucian beras untuk memancing jamur Jakaba atau bahan dasar untuk membuat pupuk organik lainnya daripada terbuang sia-sia.

Berlangganan via Email