Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Budidaya ikan nila merah di ember




Budidaya ikan nila merah di ember biar cepat besar dengan bobot mantap ketika panen bagi peternak nila, untuk mengatasi lahan yang sempit tetap optimal dalam memelihara. Tip trik pemeliharan yang mudah dan sederhana.

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang paling mudah di jumpai oleh kita baik di pasar ataupun di beberapa tempat budidaya ikan. Ikan nila sendiri adalah salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh kita yang biasa hidup di perairan air tawar.

Jika di tarik dari asal usulnya sendiri , ikan nila ini merupakan ikan asli dari perairan afrika

Ciri-ciri Ikan Nila



Ciri khas dari ikan ini adalah badannya yang berwarna gelap yang cenderung warna hitam ketika dia kecil dan lama-lama akan memudar ketika dia beranjak dewasa. Tetapi pada jenis ikan Nila Merah cenderung berwarna pink sedikit memudar atau lebih tepatnya merah muda pada bagian badannya, pada bagian perut cenderung berwarna merah, ada sedikit bentolan hitam bahkan tak jarang beerrwaanaa hampir pputih, Ikan ini mampu tumbuh mencapai panjang 30cm dengan ciri lain yaitu memiliki sisik duri berjumah 15-17 di bagian punggungnya.

Ikan nila menjadi ikan favorit bagi warga indonesia  namun beberapa orang yang memang berniat ingin membudidayakannya terkadang terhenti karena tidak memiliki lahan yang cukup untuk membudidayakan ikan ini.  Padahal selain menggunakan kolam terpal atau kolam beton , Langkah Budidaya Ikan Nila Dalam Ember Plastik juga bisa di gunakan oleh kita yang memang sedang belajar budidaya ikan nila atau sekedar ingin mencoba. Tetapi Budidaya Ikan Nila Merah menggunakan Ember juga bisa mengatasi masalah lahan yang sempit. Trik Budidaya Nila merah menggunakan Ember salah satu solusi bagi kita yang tinggal di wilayah yang kepadatan penduduknya rapat dan ruang gerak terbatas.

Budidaya Ikan Nila Di Ember 

Budidaya ini disebut juga dengan sistem aquaponic. Sistem aquaponic adalah sistem yang menggabungkan kerajinan hidroponik yang tumbuh dengan aquakultur, seni budidaya ikan.

Budidaya ikan lele di ember berbarengan dengan menanam sistim hidroponik

Air yang di gunakan ikan, menghasilkan limbah yang bermanfaat untuk tanaman supaya tumbuh dengan baik karena nutrisi yang di sediakan oleh ikan.

Ini kemudian didaur ulang ke tangki ikan. Tanaman mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan ikan menjadi segar. Ini adalah penjelasan sederhana tentang berkebun aquaponic.


Berbagai macam teknik budidaya Nila merah, 

1. Budidaya ikan nila merah di kolam tanah

2. Menggunakan kolam beton dalam budidaya nila

3. Ada juga yang menggunakan kolam apung menggunakan jaring dalam budidaya Nila

4. Teknik budidaya Nila merah menggunakan karamba

5. Budidaya ikan nila merah menggunakan aquarium


Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Add caption


Dan yang paling di minati dan paling mengguntungkan adalah budidaya ikan nila merah di ember karena cepat panen dan bisa panen sayuran atau tanaman hidroponik dan teknik ini bisa juga di sebut budidaya aquaponik dalam memelihara ikan nila merah.


Bahan Budidaya Ikan Nila Di Ember

Untuk membuat Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember dan Aquaponik bahan-bahannya sangatlah mudah didapat, hanya membutuhkan

Add caption


– Ember ukuran 80 liter,
– Benit ikan nila merah
– Bibit tanaman hidroponik
– Gelas plastik,
– Arang
– Kawat
– Tang
– Solder

Cara membuat ember tempat budidaya

Add caption

Jenis Penyekit Ikan Nila Dan Cara Penanganannya

Membuat ember tempat budidaya sangatlah mudah, lakukan sebagai berikut :

1. Sediakan gelas untuk tempat bibit tanaman hidroponik tapi di sini saya menggunakan kangkung karena mudah untuk mendapatkan bibit, Sobat bisa menanam tanam lain sebanyak 8-14 buah, lubangi dengan solder bawah gelas

2. Potong kangkung dan masukkan ke dalam gelas kemudian isikan dengan arang batok kelapa sebanyak 40-70 % ukuran gelas



3. Potong kawat sepanjang 14 cm dan buat kait untuk pegangan gelas dalam ember

4. Isi ember dengan air sebanyak 65 liter diamkan selama dua hari

5. Isi ember dengan bibit ikan nila merah ukuran 5-10 cm sebanyak 50-80 ekor diamkan selama 2x24 jam

6. Setelah itu rangkai gelas kangkung dalam ember

Pemeliharaan Nila Merah


Untuk pemeliharaan, letakkan ember di tempat terkena matahari maksimal. Berikan pakan kepada ikan sesuai ukuran sekenyangnya bisa 2-3 kali dengan waktu tetap.(5-7cm pakan pf800,10cm pf1000, >12cm 781-2,781-1, 781)

Add caption


Tanaman kangkung akan terlihat tumbuh di hari ke-3. Jangan lupa perhatikan bila ada kutu di daun kangkung, segera buang daun atau batang karena kangkung akan kriting dan mati. Penampakan air akan berubah menjadi warna hijau.

Perlu selalu diperhatikan dan amati nafsu makan ikan setiap hari.

Apabila nafsu makan ikan menurun, air berbau busuk (NH3, H2S), ikan menggantung (kepala di atas, ekor ke bawah) segera ganti air atau lakukan sipon (Penyedotan kotoran di dasar ember dengan selang).


Ganti air biasanya 10-14 hari sekali. Untuk penyedotan 5-8 liter, bisa lebih atau keseluruhan bila perlu, ganti dengan air bersih. Jika kangkung membesar maka dibutuhkan air lebih banyak, tambahkan air setinggi leher ember.

Waktu Panen Kangkung dan Ikan
Waktu panen tanaman kangkung pertama adalah 14-21 hari sejak tanam. Saat panen sisakan kembali bagian bawah atau tunas kangkung untuk pertumbuhan kembali.

Panen ke-2 dan selanjutnya berjarak 10-14 hari sekali. Panen kangkung bisa bertahan 4 bulan.

Untuk waktu panen ikan lele dapat dilakukan dalam 2 bulan, bila benih bagus dan pakan baik. Perlu diketahui tingkat bertahan hidup (survival) ikan nila merah 40-100%.

Cara panen ikan nila

Add caption


Cara memanen ikan nila merah dilakukan dengan diserok atau dikuras airnya. Ikan nila bisa berkurang karena loncat terutama saat hujan atau dimakan oleh kucing.

Persiapan panen

Persiapan panen ini sebetulnya tidak ada hal yang terlalu di perhatikan hanya persiapkan alat alat atau tempat yang akan kita buat menyimpan ikan nila yang sudah siap panen.

Panen

Langkah yang terkahir adalah panen hasil kerja keras kita.  jika di hitung rata -rata waktu yang diperlukan untuk budidaya ikan nila  ini adalah sekitara 4-6 bulan di hitung dari penebaran benih hingga panen. Tips selnjutnya apabila kita belum tau kita sudah siap panen atau belum bisa juga dengan menimbang ikan nila. Standart ikan nila siap di konsumsi adalah sekitar 300-500 gram/ekor.







Berlangganan via Email