Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Mengetahui Pupuk Palsu


Add caption


Sebagai seorang petani kita harus jeli dalam pembelian pupuk, di karenakan banyak beredar pupuk palsu. Untuk itu Sobat wajib mengetahui cirinya yang beredar di wilayah masing-masing, jangan pernah tergiur dengan harga murah lantas kita sembarangan memutuskan membeli produk pupuk palsu tersebut. Mari kita mengenali ciri pupuk palsu. Sebelumnya saya cerita sekilas tentang penemuan ini, beberapa hari lalu saya memebeli pupuk dengan harga yang miring namun setelah saya gunakan tidak ada hasil yang terlihat setelah pemupukan. Lantas saya menggali informasi dari berbagai sumber mengenai cara mengenali pupuk palsu

Bagaimana membedakan pupuk asli dan palsu? Suatu kewajaran bila kita kritis dalam pembelian pupuk karena sekali kita salah memilih akan berakibat kerugian material maupun waktu, bercocok tananm tak sekedar menanam bibit saja, akan tetapi perawatan dan pemupukan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ciri pupuk palsu

pupuk palsu  memiliki ciri-ciri, yaitu lebih lengket saaat dicampurkan dengan pupuk urea dan warnanya cenderung berubah.

Selain itu, pupuk palsu juga memiliki ciri yang dapat diindentifikasikan lewat mata telanjang, yakni tulisan merk tidak terang, lambang SNI terkesan kabur, dan memiliki jahitan karung yang lebih kendor.

Add caption


Ada 2 cara untuk memastikan pupuk yang dibeli itu palsu atau asli.

"Baunya menyengat kalau yang palsu, yang kedua mudah larut dalam air. Jadi pertama langsung dicium kalau aroma menyengat harus kita curigai. Kedua dilarutkan dalam air kalau dia mudah larut berarti bukan asli.

Ciri ciri urea Asli

butiran pupuk urea bersubsidi memiliki kandungan nitrogen sebesar 46 persen yang sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

"Memiliki ciri khusus berwarna merah jambu, pemberlakuan kantong satu merek dengan mencantumkan nomor call center, logo SNI, nomor izin edar pada bagian depan karung dan memiliki Bag Code dari produsennya,"

Ciri ciri pupuk NPK palsu

dapat diuji dengan menggunakan air dengan cara direndam atau dilarutkan kedalam air.

“Kalau direndam ke dalam air, maka pewarna pupuk itu langsung larut dan mengendap lalu yang tersisa hanyalah tanah liat saja,”

Ciri ciri Kcl Asli dan palsu

Pupuk KCL mempunyai sifat yang mudah larut di dalam air, jika sulit larut bahkan tidak larut sudah di pastikan Palsu.

Untuk pengujian sederhana yang mudah  siapkan:

Gelas bening  (Tembus pandang) sedang, siapkan sebanyak pupuk yang akan di uji, dalam hal ini saya akan menguji tiga merek pupuk yang beredar di tempat saya.Siapkan Sendok makanAir Mineral secukupnyaPupuk KCL yang akan di Uji

Pengujian:

Add caption


Isi gelas semuanya dengan Air mineral setengahnya atau jangan sampai luberMasukan ke gelas Pupuk dari masing-masing merek, Selanjutnya aduk masing-masing gelas yang sudah diberi pupuk sampai larut, kalau tidak larut sudah dipastikan tidak asli.Tunggu beberapa saat sehingga nampak hasilnya.

Perbedaan Pupuk SP-36 Asli dan Tiruan:

Harga SP-36 asli sesuai HET, sementara yang tiruan biasanya lebih murah.

Jenis pupuk jelas tertulis SP-36, yang tiruan tidak jelas (SP-3,6 / SP-3.6 dll).

Kantong berlogo Kerbau Emas dan bertuliskan PG, yang tiruan berlogo Kambing, Kerbau miring, Sapi, dll.

Kandungan, jelas Fosfat 36 % dan Sulfur 5%, sementara yang tiruan tidak jelas, tertulis maks 36 % / Fosfat + 36% / Fosfat 3,6%.Benang jahit kantong yang asli, berwarna 3 macam (merah, putih dan hitam), yang tiruan tidak sama dengan yang asli (seadanya)

Bila tangan dimaksukkan ke dalam pupuk yang asli tidak ada debu yang menempel, yang tiruan ada debu yang menempel / melekat di tangan.

Pupuk yang asli bila dijilat, rasa agak asam, yang tiruan tidak terasa asam.

Bau Pupuk lebih menyengat, yang tiruan bau pupuk tidak menyengat.

Warna butiran, bila butiran pupuk dipecah, warna bagian luar dan dalam sama, sementara yang tiruan tidak sama.

Semua ciri pupuk palsu sangat bisa di pastikan  saat ditaburkan ke tanaman tidak nampak hasilnya atau tidak terjadi perubahan apapun, bahkan bisa menyebabkan kematian tanaman.

Sobat tani semoga informasi tentang ciri-ciri pupuk palsu yang beredar di wilayah penjuru nusantara ini bermanfaat, dengan mengetahui ini kita bisa waspada dan menghidari pembelian pupuk palsu yang beredar di wilayah kita. Tidak ada kerugian yang kita tanggung akibat kejailan manusia yang membuat, mengedarkan pupuk palsu ini.



Berlangganan via Email