Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Pepaya Dari Akar Hingga Daun


Add caption


Pepaya buah yang mudah di temukan dan harganya pun tak menguras kantong, tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Di Indonesia termasuk banyak yang membudidayakan dan tersebar luas di seruluruh Nusantara, Namun pepaya memiliki banyak manfaat dari daun hingga akarnya, bahkan tidak ada bagian yang terbuang karena semuanya bisa di manfaatkan termasuk batang dan bijinya

Semua bagian dari tanaman pepaya dapat diambil manfaatnya mulai dari akar, batang, biji, kuntum bunga, kulit pohon, getah hingga daunnya. Adapun manfaat masing-masing bagian antara lain:

Manfaat Daun Pepaya


Add caption


Pernahkah Sobat makan dengan lalapan daun pepaya? Walaupun rasanya sedikit pahit, daun pepaya mengandung banyak manfaat. Diantaranya adalah:

Daun pepaya muda dapat dimakan sebagai sayuran, setelah direbus. Diperas dan dipakai sebagai campuran dalam sayuran urab atau gado-gado. Untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya muda direbus bersama daun ketela pohon.

membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

Untuk menambah nafsu makan.

Caranya:

Pilih daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir dicampur lalu diblender dan disaring airnya kemudian di minum.

Mengatasi nyeri haid pada wanita yang sedang menstruasi.

Caranya:

rebus satu lembar daun pepaya saja yang dicampur dengan asam Jawa dan  garam dalam  segelas air lalu didinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

Daun yang sudah tua berwana hijau tua, dijemur hingga kering kemudian ditumbuk halus dipakai untuk mengusir jerawat di mamfaatkan sebagai masker.

Pertolongan pertama orang yang sakit demam berdarah.

Caranya rebus 5 lembar daun pepaya dalam setengah liter air dan memanfaatkan tiga perempatnya dari sisa rebusan tersebut untuk di minum setelah dingin. Dengan cara ini trombosit akan naik secara berangsur

Daun pepaya muda: ditumbuk halus, diperas, air perasannya diminum sebagai obat malaria, kejang perut dan sakit panas. Kuda kesayangan anda, bila diberi minum air daum pepaya 1 x seminggu dapat bebas dari keremi, mulas dan penggumpalan lendir.

Anak-anak dapat ditingkatkan nafsu makannya bila diberi minum air daun pepaya.

Sebagai obat tradisional di pedesaan tentunya menggunakan dalam batas-batas tertentu, karena obat yang diramu dari daun pepaya bukannya tidak berbahaya jika takarannya berlebihan.

Bahwa daun pepaya mengandung sejenis alkoloid yang diberi nama “caarpain”. Carpain mempunyai sifat dapat berakibat urat-urat menjadi kejang.

Manfaat Buah Pepaya Muda



Pepaya muda sudah tidak asing lagi, merupakan salah satu sayuran dalam masakan sayur lodeh, sambal godog, sambal goreng, sayur asam dan rujak manis. Direbus dengan gula merupakan selingan setelah makan siang atau sore, sebagai cuci mulut. Selanjutnya pepaya muda dapat dijadikan manisan sebagai teman nonton atau mengobrol dengan teman

Buah pepaya yang masih mengkal atau setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding yang sudah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau wanita yang sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dapat menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di beberapa negara pepaya justeru dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi. Maka untuk wanita hamil disarankan bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja.

Pepaya yang masih mentah atau mengkal biasanya diolah sebagai sayur karena memiliki tekstur yang renyah. Sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur dengan rasa yang nikmat sekali. Dibalik itu, pepaya mentah ternyata memiliki banyak manfaat dan juga kandungan vitamin yang lengkap. Pada pepaya yang masih mentah juga telah mengandung macam vitamin seperti vitamin A, B, C dan E. Ada juga kandungan enzim fitonutrien, kalium dan juga magnesium. Termasuk juga zat papain dan chymopapain yang bagus untuk pencernakan.

Pepaya yang masih mentah ini juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti :

A. Kekebalan tubuh

Bermacam kandungan vitamin yang ada di dalam pepaya mentah tersebut dapat membantu mengingkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat mencegah infeksi dan juga batuk.

B. Pencernaan

Enzim yang ada di dalam pepaya dapat membantu pencernaan serta dapat mencegah timbulnya gas di dalam pencernaan.

Ternyata tidak hanya pepaya yang sudah matang saja yang dapat mengatasi sembelit. Pepaya yang masih muda juga dapat mengatasinya sebab juga memiliki zat papain di dalamnya.

C. Meningkatkan produksi asi 

Mungkin selama ini yang dikenalan sangat baik untuk menambah produksi asi adalah daun katuk, padahal pepaya muda juga dapat membantu meningkatkan produksi asi.

Infeksi saluran kemih Dengan mengkonsumsi jus pepaya muda maka dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Bakteri penyebab penyakit saluran kemih juga dapat diatasi.

Buah Yang Masak


Add caption


Buah pepaya yang sudah masak atau warnanya sudah menguning banyak mengandung vitamin A dan sedikit vitamin C. Manfaatnya antara lain:

1. mengusir dan menghilangkan cacing usus.

2. Kandungan vitamin C dan karoten yang tinggi dalam buah pepaya membantu dalam pencegahan kanker paru-paru, melawan kanker kolon, pankreas, kandung kemih dan payudara, serta mengurangi radikal bebas pencetus kanker.

3. menyembuhkan penyakit disentri dan rematik

Manfaat Getah Pepaya

Getah berwarna putih yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik yang populer disebut papain. Papain tidak bersifat toksik, tidak ada reaksi samping, serta tidak mengubah tekanan, suhu dan pH yang drastis.

Adanya zat Papain di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun biji pepaya. tetapi yang paling banyak ada pada buahnya.

Manfaat zat papain dalam getah buah pepaya di antaranya adalah mencernakan protein dan mengentalkan air susu. Banyak penyakit yang muncul diakibatkan pencernaan yang tidak sempurna mulai dari tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis. Kandungan papain dalam getah pepaya tidak langsung serta merta dapat mencegahnya, namun setidaknya dapat mengurangi efek negatif yang muncul.

Yang jelas papain membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh agar lebih baik.

Di atas telah dikemukakan tentang jenis papaine yang berada dalam tanaman pepaya. Khasiat papaine adalah untuk membuat daging menjadi lunak. Untuk melunakan daging, sebelum dipotong-potong dan dicuci. Cukup dibungkus dengan daun pepaya selama + 2 jam. Daging kambing untuk sate  atau gulai sebelum dan sesudahnya ditutup dengan daun pepaya dan dipotong-potong jangan sekali-kali dicuci.

Di luar negeri dimana tidak ada daun pepaya dipergunakan papaine yang sudah menjadi powder, yang ditaburkan di atas dagingnya ditusuk-tusuk terlebih dahulu. Setelah dibiarkan kurang lebih ½ - 1 jam bergantung pada besar kecilnya potongan daging, sudah dapat mulai dimasak. Potong-potongan daging pepaya muda dapat pula melunakkan daging.

Manfaat Akar Pepaya

Akar pepaya biasanya digunakan untuk membasmi cacing kremi, sakit ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, digigit serangga, dan encok.

Selain itu, akar pepaya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan gangguan ginjal dan kandung kencing. Caranya: akar pepaya direndam dalam air dingin, kemudian larutannya diminum.Selanjutnya akar pepaya yang direbus dapat dipakai sebagai obat untuk cacing keremi. Direndam dalam arak, khusus dari akar pepaya gandul, dicampur dengan minyak kayu putih, mempunyai kemanjuran sebagai obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit.


Manfaat Batang Pepaya

Batang pepaya bagian dalam dapat dimakan, setelah diparut dan diperas, dikeluarkan air dan getahnya. Setelah itu dicampur dengan gula atau garam. Makanan yang tidak dapat dikatakan lezat ini dimakan dalam tahun 1903 di Yogyakarta sewaktu ada paceklik yang hebat. Selain itu batang pepaya bisa di olah menjadi pupuk kompos.


Manfaat Bunga Pepaya


Add caption


khasiat dan manfaat buah pepaya. Mungkin sudah banyak yang mengulas manfaat buah pepaya ini di berbagai laman web sebab memang buah pepaya ini selain gampang tumbuh dan hampir semua tempat ada, buah ini juga mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun pengobatan.

Manfaat buah pepaya, dari orang sehat sampai sakit, anak kecil sampai dewasa, wanita hamil atau tidak hamil, semua bisa mengambil manfaat dari mengkonsumsi buah ini. Selain buahnya yang lezat dan segar untuk dimakan langsung, bisa juga dibuat sebagai campuran es buah atau rujak.

Selain buahnya, semua bagian dari tanaman pepaya dapat diambil manfaatnya mulai dari akar, batang, biji, kuntum bunga, kulit pohon, getah hingga daunnya. Adapun manfaat masing-masing bagian antara lain:


Manfaat Biji Pepaya


Add caption


Akhirnya tidak cukup lengkap kiranya bila biji pepaya tidak ikut disorot kegunaannya.

biji pepaya mempunyai khasiat sebagai obat cacing. Caranya: biji pepaya yang ditumbuk halus dicampur dengan cuka, larutan sedang, dapat mendorong keluarnya keringat bagi orang yang masuk angin.Tetapi jangan sekali-kali mencoba menelan biji pepaya sebagai obat cacing. lebih baik minta nasehat kepada dokter.


Demikianlah uraian tentang manfaat buah pepaya, dari mulai akar, batang, daun, biji, getah dan buah pepaya. Karena khasiat dan manfaatnya yang lengkap itulah dapat dikatakan buah pepaya sebagai tanaman serbaguna.

Berlangganan via Email