Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dari Serangan Virus








Pentingnya meningkatkan imunitas pada tubuh kita

Sistem kekebalan tubuh atau Imunitas Sobat bisa saja menurun jika serangan organisme penggagu kesehatan menjangkit seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Untuk itu Sobat Perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan organisme penggagu kesehatan. Semua itu tentunya bisa membuat Sobat menjadi sakit apabila sistem kekebalan tubuh menurun. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh Sobat, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan (karena virus bertahan di udara lebih lama pada musim ini), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan mengalami stres.  Perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti pergantian musim atau ketika masuk musim hujan, juga dapat mempermudah terjadinya infeksi.

Bagi Sobat yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya, tentu sangat mengganggu jika Sobat mudah terkena batuk, pilek, dan kondisi yang memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Sobat harus menjaga daya tahan tubuh Sobat dengan beberapa cara di bawah ini, di antaranya:

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Atau Imunitas



1. Cukupi Kebutuhan Cairan.


Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air
Sumber asupan cairan tak melulu harus berasal dari air atau minuman. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya kandungan air.

Contoh bahan makanan tersebut antara lain:

Buah-buahan, seperti semangka, stroberi, melon, dan jeruk

Sayuran, seperti mentimun, tomat, mentimun Jepang, selada, dan seledri Susu skim dan yogurt Sup, kuah, dan kaldu

Minum air sebelum haus dan saat merasa lapar


Saat merasa haus, tubuh Anda sebenarnya telah mengalami dehidrasi ringan. Jadi, minum sebelum Anda merasa haus merupakan cara yang terbilang efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sekaligus mencegah dehidrasi bertambah parah.

Gejala dehidrasi terkadang juga bisa muncul sebagai rasa lapar. Banyak orang akhirnya terkecoh dan mengonsumsi camilan untuk mengganjal perut. Padahal, tubuh Anda sebenarnya hanya membutuhkan asupan cairan.

Bawa botol minum saat bepergian


Membawa botol minum akan membuat Anda terbiasa minum air putih. Ada berbagai jenis botol minum yang tersedia. Mulai dari botol biasa, hingga yang dilengkapi dengan sedotan dan penyaring khusus untuk Anda yang menyukai infused water.

Agar fungsinya semakin optimal, bawalah botol minum setiap kali Anda berada di luar rumah. Baik saat bekerja di kantor, berkumpul dengan teman dan kerabat, atau ketika melakukan kegiatan lain yang menjadi rutinitas.


2. Tidur Yang Cukup.


Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon. Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kita sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya.

Sel dalam tubuh akan berregenerasi saat kita tidur pada tingkat paling maksimal. Makanya tak jarang, jika tidur sesuai dengan rekomendasinya, kulit seseorang akan terlihat sehat dan kencang. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat karena sel-sel kita diperbarui, dan hormon melatonin yang membantu memperkuat sistem imun biasanya bekerja paling efektif saat malam, saat gelap dan kita sedang terlelap.

3. Konsumsi Asupan Sehat.


Nutrisi yang tepat sangat penting bagi Sobat, tujuannya agar sistem kekebalan tubuh Sobat bekerja dengan sangat baik.

Apa yang Sobat konsumsi, bisa sangat memengaruhi kesehatan. Minum suplemen makanan atau vitamin, namun efek suplemen bagi kekebalan tubuh secara umum masih perlu diteliti lebih lanjut.

Berikut ini adalah bahan makanan yang dapat memperkuat sistem imunitas tubuh.



1. Brokoli


Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang kaya, mulai dari vitamin A, C, E, serta antioksidan dan serat. Salah satu cara terbaik menjaga kandungan bermanfaatnya tak terbuang sia-sia adalah dengan mengonsumsinya sealami mungkin.


2. Bawang putih


Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat proses pengerasan arteri darah. Manfaat positif dari bawang putih untuk menjaga kekebalan tubuh berasal dari allicin yang mengandung sulfur di dalamnya.

3. Jeruk


Saat tubuh kita mulai terasa lemah, banyak yang menyarankan kita untuk segera mengonsumsi vitamin C. Salah satu sumber alami dari vitamin tersebut adalah buah jeruk yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

4. Bayam


Bayam tak hanya kaya akan vitamin C tapi juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang berguna melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Yogurt


Yogurt bisa menjadi sumber vitamin D yang membantu daya tahan tubuh melawan bibit penyakit. Pilih yogurt yang plain/alami tanpa perasa buatan yang mengandung banyak gula dan sebagai gantinya, tambahkan buah-buah segar atau sedikit madu untuk membuatnya lezat dimakan dan jauh lebih sehat.

6. Kacang Almond


Vitamin E mungkin tak sepopuler vitamin C saat orang ingin mencegah demam, padahal vitamin E termasuk kunci daya tahan tubuh. Vitamin E sendiri butuh bantuan lemak agar dapat terserap optimal di tubuh, kacang-kacangan seperti almond mengandung lemak sehat yang berguna untuk itu.

7. Pepaya


Pepaya juga termasuk buah-buahan yang kaya vitamin C. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki efek anti-peradangan, serta potassium, vitamin V, dan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan.

8. Kiwi


Kiwi juga sumber nutrisi alami seperti folat, potassium, vitamin K dan C. Vitamin C mendorong sel darah putih melawan infeksi sementara kandungan nutrisi lain pada buah kiwi menjaga fungsi tubuh berjalan sempurna.

4. Rutin Berolah Raga.


Orang-orang yang jarang beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan bermalas-malasan, terbukti lebih mudah terserang flu atau penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, Sobat disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menghalau tubuh dari beragam penyakit dan infeksi.


meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan organisme penggagu kesehatan sangatlah penting agar kita selalu sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa, kegiatan yang sobat lakukan, apalagi merebaknya virus corona yang menjadi momok bagi banyak masyarakat dunia, jagalah kesehatan Sobat selalu bersyukur dan berfikir positif supaya kita bahagia.

Berlangganan via Email