Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Kerja Mesin Pemecah Batu

Cara kerja mesin pemecah batu

Stone crusher adalah sebutan dari mesin pemecah batu, mesin ini biasanya di gunakan oleh industri sekala besar dan kecil, karena kemampuannya yang dapat memecahkan batu menjadi ukuran kecil ini memudahkan pelaku bisnis yang berbasis pengolahan batuan baik tambang besar atau kecil. Dengan memiiki mesin ini bisa mengurang cost untuk pekerja pemecah batu dengan waktu yang singkat bahkan ukuran bisa di sesuaikan keinginan. Mari mengenal Mesin ini secara dasar dan mudah di fahami untuk menambah pengetahuan kita tentang Cara Kerja Crusher Stone.

Bagi orang awam pasti bertanya Bagaimana cara kerja mesin pemecah batu? Tidak hanya itu mereka pasti ingin mengetahui semua tentang mesin pemecah batu? Atau mungkin yang mau memulai usaha tambang batu kali yang akan di jadikan batu krecak atau batu spit, biasa di sebut batu koral yang dihasilkan dari pemecahan batu besar menggunakan mesin crusher stone. Berikut penjelasan tentang Mesin Pemecah Batu atau Crusher Stone.

Jenis Mesin Crusher

Jenis crusher stone


1. Impact Crusher


Mesin Impact Crusher merupakan jenis mesin crusher dengan menggunakan sistem pukul rotary. Dengan kecepatan rpm-nya yang sangat tinggi mesin ini mampu menghancurkan batu gunung dan batu kali sehingga menghasilkan batu-batu dengan ukuran yang relatif kecil, bervariasi dan homogen. Abu batu maupun jagungan yang merupakan bahan baku asphalt kering dan paving block adalah produk-produk yang dihasilkan oleh mesin impact crusher ini. Mesin ini juga harus didukung ole peralatan-peralatan lain dalam operasionalnya.

2. Roll Crusher


Mesin Roll Crusher adalah jenis mesin crusher yang menggunakan sistem gilas rotary. Dengan sistem yang sama dengan impact crusher namun dengan kecepatan rpm yang lebih rendah yaitu sekitar 300 rpm mesin ini mampu menghasilkan kapasitas produksi yang jauh lebih besar. Dalam dunia pertambangan mesin roll crusher ini digunakan untuk menghancurkan batu-batuan dengan tingkat kekerasan dan keuletan yang relatif lebih rendah seperti batu tembaga, batu kapur, batu bara, bahan semen dan sebagainya. Namun dalam operasionalnya mesin ini harus disesuaikan antara kualitas/ jenis material gigi gilasnya, ukuran shaft dan fly wheel-nya dengan raw material dan jumlah/ target produk yang akan dihasilkan. Mesin ini juga harus didukung dengan peralatan-peralatan lainnya dalam operasionalnya.

3. Hammer Mill


Mesin Hammer Mill menggunakan sistem yang sama dengan impact crusher yaitu sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang tinggi. Namun mesin ini digunakan untuk menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan hingga 80 - 100 mesh seperti pasir halus, tepung kapur, mineral ore, konsentrat mineral, seollite, dolomite dan sebagainya.

4. Mesin Jaw Crusher

Mesin Jaw Crusher merupakan jenis crusher yang paling umum dan paling utama digunakan dalam dunia pertambangan. Mesin ini mampu menekan dan menghancurkan jenis batu-batuan yang keras seperti batu pegunungan, batu kali, batu besi, batu mineral, batu mangan dan sebagainya.

Kinerja mesin jaw crusher ini sangat ditentukan oleh faktor kekuatan shaft dan ukuran fly wheel-nya. Dalam operasionalnya mesin ini harus didukung oleh peralatan-peralatan lainnya.

5. Cone Crusher


Mesin Cone Crusher merupakan jenis crusher yang customize dan cukup spesial. Mesin ini menggunakan sistem vertical rotary dengan kecepatan yang cukup sedang yaitu sekitar 500 rpm. Mesin cone crusher ini merupakan mesin kedua atau mesin lanjutan yang digunakan untuk menghancurkan pecahan batu yang berukuran sekitar 5 - 10 cm untuk menghasilkan ukuran-ukuran yang lebih kecil lagi sesuai yang diinginkan seperti bentuk cubical (kubik/ kotak). Batu pecah sebagai bahan material jalan raya adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh mesin ini. Dalam operasionalnya mesin ini juga harus didukung oleh peralatan-peralatan lainnya.

6. Hammer Roller Mill


Hammer Roller Mill merupakan mesin crusher dengan sistem kerja yang sama dengan mesin hammer mill. Dengan kemampuannya dalam membuat konsentrat dari batu mineral dengan tingkat kekerasan yang tinggi seperti emas, tembaga dan sebagainya, mesin hammer roller mill ini dapat menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan yang tinngi hingga 200 - 300 mesh.

7. Gyratory crusher 


crusher gyratory adalah salah satu jenis utama penghancur primer di tambang atau pabrik pengolahan bijih. Crusher gyratory ditetapkan dalam ukuran baik oleh gape dan diameter mantel atau dengan ukuran pembukaan penerima. Crusher gyratory dapat digunakan untuk menghancurkan primer atau sekunder.

Tindakan menghancurkan disebabkan oleh penutupan kesenjangan antara garis mantel (bergerak) yang dipasang pada poros vertikal pusat dan liners cekung (fixed) dipasang pada frame utama crusher. Kesenjangan yang dibuka dan ditutup oleh eksentrik di bagian bawah poros yang menyebabkan poros vertikal pusat berkisar. Poros vertikal bebas berputar mengelilingi porosnya sendiri. The ilustrasi crusher adalah jenis spindle pendek poros ditangguhkan, yang berarti bahwa poros utama ditangguhkan di bagian atas dan bahwa eksentrik dipasang di atas gigi. Desain pendek poros telah menggantikan desain lama-poros di mana eksentrik dipasang di bawah gigi.

8. Horizontal shaft impactor 


Para penghancur HSI istirahat batuan dengan mempengaruhi batu dengan palu yang tetap pada tepi luar dari rotor berputar. Penggunaan praktis penghancur HSI terbatas pada bahan lembut dan bahan abrasif non, seperti batu gamping, fosfat, gipsum, lapuk serpih.

9. Vertical shaft impactor (VSI) 


Crusher VSI menggunakan pendekatan yang berbeda yang melibatkan rotor kecepatan tinggi dengan tips tahan aus dan ruang yang dirancang untuk menghancurkan 'membuang' batu melawan. Para penghancur VSI memanfaatkan kecepatan daripada kekuatan permukaan sebagai kekuatan dominan untuk memecahkan batu. Dalam keadaan alami, batu memiliki permukaan bergerigi dan tidak rata. Menerapkan gaya permukaan (tekanan) menghasilkan partikel yang dihasilkan tak terduga dan biasanya non-kubus.

Memanfaatkan kecepatan daripada kekuatan permukaan memungkinkan kekuatan melanggar untuk diterapkan secara merata baik di seluruh permukaan batu serta melalui massa batu. Rock, terlepas dari ukuran, memiliki celah alami (kesalahan) seluruh strukturnya. Seperti rock 'dilemparkan' oleh Rotor VSI terhadap landasan yang solid, itu patah tulang dan istirahat sepanjang celah. Ukuran partikel akhir dapat dikontrol oleh :

1) kecepatan di mana batu itu dilemparkan terhadap landasan dan

2) jarak antara ujung rotor dan titik dampak pada landasan.

Produk yang dihasilkan dari VSI Crushing umumnya berbentuk kubus yang konsisten seperti yang dibutuhkan oleh modern aplikasi aspal jalan raya SUPERPAVE. Menggunakan metode ini juga memungkinkan bahan dengan abrasivitas jauh lebih tinggi untuk dihancurkan dibandingkan mampu dengan metode menghancurkan HSI dan paling lainnya.

Crusher VSI umumnya memanfaatkan kecepatan tinggi berputar rotor di tengah ruang menghancurkan dan permukaan dampak luar baik landasan abrasive logam tahan atau batu hancur. 'Landasan' permukaan logam cor Memanfaatkan secara tradisional disebut sebagai "Sepatu dan Anvil VSI". Memanfaatkan batu hancur di dinding luar crusher untuk batu baru yang akan hancur melawan secara tradisional disebut sebagai "batu di atas batu VSI". Crusher VSI dapat digunakan di pabrik statis set-up atau dalam peralatan dilacak mobile.


10. Mineral Sizers


Konsep dasar dari Sizer mineral adalah penggunaan dua rotor dengan gigi yang besar, pada poros berdiameter kecil, didorong pada kecepatan rendah dengan sistem torsi penggerak langsung tinggi. Desain ini menghasilkan tiga prinsip utama yang semua berinteraksi saat berbuka bahan menggunakan teknologi Sizer. Prinsip-prinsip yang unik adalah tiga-tahap melanggar tindakan, efek layar berputar, dan pola gigi yang mendalam gulir. Tindakan melanggar tiga tahap: awalnya, bahan yang dicengkeram oleh bidang terkemuka gigi rotor menentang. Subjek ini batu terhadap beban beberapa titik, menginduksi tegangan menjadi bahan untuk mengeksploitasi kelemahan alami.

Pada tahap kedua, bahan rusak dalam ketegangan dengan menjadi sasaran loading, tiga titik diterapkan antara gigi depan wajah pada satu rotor, dan gigi belakang wajah pada rotor lainnya. Setiap benjolan bahan yang masih tetap kebesaran, rusak sebagai rotor memotong melalui gigi tetap dari bar breaker, sehingga mencapai ukuran produk tiga dimensi terkontrol.



Sudah pasti mesin ini diperlukan untuk mengecilkan ukuran batu atau Stone yang semula besar jadi ukuran yang di idamkan. Di sini kami bakal memberi info bagaimanakah suatu mesin pemecah batu atau Stone Crusher bekerja, mesin ini untuk mengecilkan hingga jadi ; Batu Koral, Batu Split serta Abu Batu.

Standart Oprasi Stone Crusher


1. Pengecekan seluruh bagian mesin dari bagian terbesar hingga detail mesin pemecah batu koral atau pun batu kali

2. Memastikan keamanan sebelum di oprasikan, mengamankan lingkungan sekitar.

3. Menyingkirkan barang yang tergeletak untuk di tempatkan yang rapi, seperti sapu, scop, kabel yang berserakan. Semua harus di rapikan.

4. Pengecekan alat pendungkung harus bisa di pastikan bekerja dengan normal.

5. Pengecekan Pelumas

6. Pengoprasian

7. Sebelum dan sesudah pengoprasian harus melakukan langkah 1-5.

8. Pembersihan seluruh area.

Langkah Kerja Mesin Pemecah Batu/Stone Crusher


1. Batu dari tambang atau sumber di angkut truck kemudian di masukan hopper

2. Dari hopper kemudian masuk pada mesin crusher

3. Di Dalam Mesin Crusher di hancurkan dengan Gigi-gigi yang terdapat pada penggilingnya yang kuat untuk mendapat hasil yang di inginkan. Efek layar berputar: Desain interlaced rotor bergigi memungkinkan materi terlalu kecil bebas mengalir melewati celah-celah terus berubah dihasilkan oleh poros bergerak relatif lambat. Pola gigi yang mendalam gulir: The gulir dalam menyampaikan materi yang lebih besar pada salah satu ujung mesin dan membantu untuk menyebarkan feed seluruh panjang penuh dari rotor. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menolak materi kebesaran dari mesin.

4. Hasil dari pecahan bisa langsung di simpan atau di angkut menggunakan truck atau Bel Conveor menuju tempat penyimpanan atau tujuan akhir yang telah di terapkan oleh perusahan.

Prinsip Kerja Mesin Pemecah Batu atau Stone crusher :


Bahan atau Batu bakal dihancurkan oleh daya, yang di produksi dalam mesin penghancur. bahan bakal dilemparkan dengan kecepatan tinggi serta makin lama bakal hancur. Sistem berlanjut hingga batu diperkecil untuk ukuran yang diperlukan kemudian mesin bisa dihentikan.

Karakter Stone Crusher


1. Product akhir ukuran seimbang

2. Adjustable ukuran product akhir, sistem menghancurkan sederhana

3. Tahan banting dengan kemampuan yang kuat

4. perawatan yang gampang, ekonomis serta bisa diandalkan

5. Compact design serta kemampuan tinggi

Kemampuan Mesin Crusher


Secara umum mesin ini terganting dari kapasitas dan ukuran yang terdapat pada Mesin tersebut misalkan Mesin pemecah batu mini tentu saja kapasitas dan kualitas hasil tergantung dari ukuran bahan yang di hancurkan, kemampuannya dalam menghancurkan batu dan kecepatan produksinya. Semakin besar mesin tentu saja besar pula kapasitas dan hasil yang di kerjakan.

Perawatan Mesin Pemecah Batu


Sebelum itu pastinya setiap mesin harus mendapatkan perawatan setelah digunakan untuk menyuplai material. Oleh karena itu mesin harus dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala supaya mesin aman untuk digunakan bekerja. Jika tidak dilakukannya perawatan mesin dapat merusak komponen apabila tidak dilakukannya perawatan dan pengecekan secara berkala dan terjadwal.



Umumnya langkah kerja mesin ini nyaris sama juga sedang memiliki bentuk dapat berlainan bergantung dari si pembuat memaksimalkan semua bahan serta jenis dalam imaginasi mereka, sudah pasti ini beresiko pada harga serta kualitas dari alat itu nanti. Di sini kita tak dapat bicara perihal harga lantaran sudah pasti bakal berlainan, mudah-mudahan info Mesin Pemecah Batu atau Stone Crusher ini dapat berguna buat anda serta jadi pertimbangan.

Kenapa Crusher Stone lebih menguntungkan?


Analisa sederhannaya jika kita ingin memecahkan batu satu truck dengan ukuran sebesar batu kerikil atau batu koral dengan tenaga manusian membutuhak 5 orang dengan gaji 60.000 per hari misalkan dan selesai dalam waktu 3 hari makan secara perhitungan mengeluarkan biaya 900.00 dengan menggunakan mesin pemecah batu hanya dengan waktu 5 menit misalkan biaya permenit katakanlah 100.000 maka ketemu 500.000 di banding dengan manual selisih waktu dan biaya produsi. Logika sederhannya seperti itu.

cara kerja mesin crusher sangatlah simple semua tentang mesin pemecah batu pada dasarnya sama yang menjadi pembeda adalah kapasitas, kecepatan, crusher mobile dan crusher yang terpasang permanen. Jenis penggerak mesin ada 2 yaitu tenaga Mesin dan Tenaga Listrik.



Berlangganan via Email