Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

fungsi menu dashboard pada tampilan blogger



Bagi Sobat yang baru membuat blog pasti masih sedikit kebingungan dengan fungsi menu dashboard pada tampilan blogger, itu wajar bagi siapa saja yang baru memulai untuk menjadi blogging, bagi seorang ahli pun pasti memulainya dari dasar yang dulunya tidak mengenal menu dashboard dan fungsinya menjadi sangat faham dan terbiasa dengan menu tersebut.

Sobat perhatikan gambar di atas ada 10 tombol yang saya beri nomor dan semua menu terdapat fungsi masing masing dan sobat bisa Mengenal 10 menu utama dan fungsi dashboard blogger

1. Pada gambar yang saya beri nomor 1 adalah tombol nama blog sobat fungsinya apabila sobat memiliki atau sobat mau membuat blog baru di situlah letak sobat mencari blog sobat. Dan terdapat menu " BARU" di dalamnya yang artinya sobat bisa menambah blog lagi dan sobat bisa memiliki blog lebih dari satu

2. Sobat perhatikan gambar lagi di gambar terdapat nomor 2  yang tertulis " Entri baru" menu nomer 2 adalah menu dimana sobat menuliskan postingan artikel baru, sobat bisa tekan dan memulai menulis artikel yang unik  Saran saya jangan copas ya... lebih baik karya sendiri yang kita tulis dari pada kita nyomot tulisan orang lain.

3. Menu dengan nama "Postingan" menu tersebut berfungsi untuk melihat artikel artikel sobat dan arikel sobat sudah di baca berapa pengunjung, " menu "Semuan" adalah semua artikel sobat tersimpan rapi di dalamnya dan biasanya terdapat menu "Draf" menu itu tempat dimana sobat mencari artikel yang belum di publikasikan istilahnya tabungan artikel sobat.

4. Pada gambar menu 4 adalah bentuk dari semua postingan mulai dari artikel sampai draf seperti keterangan di nomer 3

5. Stastistik menu ini berfungsi untuk melihat statistik pergerakan pengunjung blog sobat dari berapa banyaknya pengunjung sobat, sumber pengunjung, dari waktu ke waktu dan sobat bisa memantau pergerakan blog sobat untuk meningkatkan pengunjung sobat, apabila pengunjung mulai sepi sobat bisa menampilkan postingan artikel baru sobat... heheheheeeee mudah kan? Jangan lupa sediakan kopi untuk memantau..

6. Komentar, menu itu berfungsi untuk penetelan komentar pengunjung juga untuk sobat membalas komentar pengunjung blog sobat.

Gmn sobat mudah kan? Pasti mudah...
Mari kita lanjutkan...

7. Halaman menu tersebut berfungsi untuk sobat membuat halaman atau page dan Halaman biasanya di sebut menu pada blog kita..

8. Tata Letak pada menu tersebut sobat bisa mengatur tata letak widget pada blog sobat, terserah sobat mendisain tetapi harus pada koridor membuat nyaman dan memudahkan para pengunjung blog sobat, dan jangan memasang semuanya kalau satu widget sudah mewakili biar blog sobat tidak berat dan kelihatan berantakan.

9. Tema atau Template menu ini berfungsi untuk menganti atau mengedit template blog sobat, di sinilah rancang bangun sobat membuat pengunjung tertarik dan betah dengan tampilan yang menarik dan membuat hati pengunjung blog sobat kerasan berlama lama untuk membaca artikel yang sobat suguhkan

10. Setelan pada menu tersebut sobat bisa mngatur blog sobat yang mencakup Bahasa, pos, komentar dan lain lain.

Lebih detailnya:

HEADER

Header pada blogger adalah sebagai bagian kepala blogger. Pada bagian header berisi tentang judul blog (Blog Title) sebagai identitas atau nama blog itu sendiri. Header juga bisa dikatakan sebagai tema blog, pada nama blog yang terdapat pada header ini, juga bisa kita ganti dengan gambar, sehingga akan membuatnya lebih menarik.

Google akan mengindex halaman blog itu sesuai dengan judul atau deskripsi yang di pasang pada blog sobat yang berada pada bagian Header ini. Buatlah judul Blog sobat yang menarik dan beda dari yang lainnya, agar blog sobat mudah di index oleh google, karena google menyukai sesuatu yang unik dan beda.


CONTENT BLOG


Didalam Content Blogger ini terdapat 2 bagian yaitu :


1. Post Body


bagian ini adalah Bagian tempat yang menampung dimana semua tulisan yang telah sobat publikasikan dapat muncul.


2. Side Bar


Bagian tempat yang menampung dimana semua Widget/Gadget yang sobat tambahkan sebagai penghias untuk mempercantik blog. Sobat dapat dengan mudah untuk menambahkan beberapa widget/gadget baik yang telah disediakan oleh blogger atau kode java script yang anda inginkan.


FOOTER


Bagian ini adalah bagian bawah/kaki blog. Biasanya pada bagian footer ini berisikan tentang informasi hak cipta atau nama si pemilik blog itu sendiri.


DESIGNER TEMPLATE


Adalah halaman dimana sobat dapat mengatur dan mengubah gaya dari blog sobat, pada halaman ini anda dapat mengatur lebar kolom, lebar bagian posting atau lebar sidebar. Sobat dapat mengatur kolom menjadi beberapa bagian, sobat juga dapat merubah gaya tulisan (font), mengganti warna dan memberi background dengan gambar pada blog sobat


Catatan :

Desainer Template hanya bisa digunakan pada template standar yang ada pada blogger, dan sobat dapat menambah dan mengatur gadget. Jika sobat menggunakan template sobat sendiri / upload template gratisan. maka sobat tidak bisa menggunakan fasilitas Desainer Template ini.

Template / Tempate : Menu tersebut Untuk mengganti atau mengedit template blog.

Template blog atau Template website itu adalah desain-desain halaman blog atau pun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan blog. Seperti yang anda lihat saat ini di blog belajar blog dan seo, bahwa terlihat tatanan gambar atau tampilan serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template.


Di blogger atau blogspot, sobat dapat mengganti template blog sobat secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan sobat. Jika sobat telah mahir membuat template sendiri, sobat dapat menggunakan template tersebut untuk blog sobat. Namun  jika sobat masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa sobat pilih sesuai dengan keinginan.


Atau sobat dapat mendownloadnya secara gratis dari situs yang menyediakan template, Namun jika sobat menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut.

 Setelan / Settings : Menu tersebut Untuk pengaturan blog yang meliputi bahasa, pos, komentar, dan lain-lain.

Dasar : Judul : Click “Edit” jika sobat ingin melakukan perubahan terhadap judul yang ada atau biarkan saja jika judulnya sudah sesuai keinginan.

Deskripsi :Click “Edit”, kemudian isi dengan deskripsi blog yang ingin ditampilkan, sebaiknya ini diisi jangan dikosongkan, lanjutkan dengan klik tombol “Simpan perubahan”.

Privasi :

Sebaiknya biarkan sesuai pengaturan asli, lakukan edit apabila blog anda ingin di jadikan blog private (tertutup bagi umum).

Alamat Blog :

Biarkan apa adanya, kecuali bila anda ingin mengubah alamat blog dengan domain milik sendiri.

Penulis Blog :

Sobat bisa menambahkan penulis blog dngan cara mengundangnya, Walaupun sobat sibuk tetapi masih ada usr lain yang bisa trus mng update blog sobat.

Pembaca Blog :

Biarkan saja apa adanya jika blog sobat ingin di bisa di baca oleh umum, lakukan edit bila blog sobat hanya bisa di baca oleh orang-orang tertentu yang sobat pilih2.

Pos dan Komentar :

Tampilan Sebanyak MungkinSobat dapat merubah banyaknya tampilan postingan yang ada di halaman muka dengan mengati jumlah angka dan sobat juga dapat mrubahnya berdasarkan jumlah hari atau postingan.

Templat entri

Templat pos membuat pra-format editor dengan teks atau kode yang akan tampil setiap kali sobat membuat postingan baru.

Tampilkan Gambar Dengan Light Box

Fungsinya untuk menampilkan atau tidak menampilkan gambar yang ada di blog sobat

Lokasi Komentar

Dengan tersemat, sobat dapat membalas dari pos, Halaman penuh dan Jendela munculan akan mengarahkan sobat ke laman baru.

Perhatikan:

memilih sembunyikan tidak akan menghapus komentar yang ada. Sobat dapat menampilkannya kapan saja dengan memilih opsi yang lain. Siapa Yang Dapat Mengomentari

Sobat dapat memilihnya sesuai pilihan yang tersedia

Moderasi Komentar:

Sobat dapat memilihnya sesuai pilihan yang tersedia

Tampilkan Verifikasi Data

Ini akan mewajibkan setiap yang meninggalkan komentar di blog sobat untuk menyelesaikan langkah verifikasi kata, yang akan membantu mengurangi spam komentar. Sobat bisa pelajari lebih lanjut tentang verifikasi kataTampilkan Tautan Balik

Pilih “Sembunyikan” bila sobat tidak ingin menampilkan link siapa saja yang membuat tautan (link) ke postingan bersangkutan. Atau Pilih “Tampilkan” bila sobat ingin menampilkan tautan.

Pesan Formulir Komentar

Silahkan di isi, jika sobat ingin menampilkan pesan diatas kotak komentar nantinya, misal : Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan bila sobat tidak ingin menampilkan pesan komentar.


3. Selular dan Email


Mempublikasikan Entri Menggunakan SMS / MMS


Menu ini berguna apabila nantinya ingin mempublikasikan artikel melalui ponsel, silahkan baca lebih lanjut keterangan yang ada di sana.


Mempublikasikan Entri Menggunakan Email


Fasilitas ini memungkinkan sobat untuk mengirimkan postingan melalui email


Email Pemberitahuan Komentar


Isi dengan alamat email yang di inginkan, bila setiap ada komentar pada artikel blog sobat akan di beritahukan secara otomatis ke alamat email yang sobat  masukan. Atau kosongkan jika tidak menginginkan.


Email Entri Ke


Masukkan daftar email (maksimal 10), dipisahkan dengan koma agar blog sobat dapat dikirim ke mereka kapanpun ada yang baru.


4. Bahasa dan Pemformatan


Menu ini untuk mengatur bahasa dan format waktu di blog sobat


5. Preferensi Penelusuran


Sobat dapat memberikan deskripsi tag meta blog sobat untuk terindex di search engine. Sobat juga dapat mmbrikan pengalihan halaman web yang tidak di tmukan ke halaman yang diinginkan


6. Lainnya


Alat Blog


Impor blog : Fasilitas untuk mengimpor blog, dengan ini sobat bisa memindahkan file dari blog lain.


Ekspor Blog :  Fasilitas untuk mengekspor blog, jika sobat bermaksud memindahkan isi blog ke blog yang lain. Fasilitas Ekspor blog ini juga berguna untuk sarana backup data, silahkan lakukan backup data secara rutin agar apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, sobat masih punya data untuk di masukan ke blog baru sobat.


Hapus blog : Fasilitas untuk menghapus blog, jangan pernah klik ini apabila blog sobat tidak ingin terhapus.



Izinkan Umpan Blog


Silahkan pilih sesuai keinginan, terkadang ada baiknya anda memilih mode “Penuh” namun terkadang perlu juga untuk di setting ke pilihan lain.


Posting URL Pengubahan Arah Feed


Jika sobat telah menyalurkan umpan entri dengan FeedBurner, atau menggunakan layanan lain untuk memproses umpan, masukkan URL lengkap umpan di sini. Blogger akan mengalihkan semua lalu lintas umpan ke alamat ini. Biarkan kosong jika tidak dialihkan.


Footer Feed Posting


Sobat dapat mengisinya atau pun tidak


Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran


Ini akan menambahkan opsi tautan judul dan tautan lampiran di editor pos. Tautan judul memungkinkan sobat menetapkan URL khusus untuk judul pos sobat. Tautan lampiran digunakan untuk membuat podcast, MP3, dan konten lainnya yang ada di postingan. sobat dapat diputar di umpan seperti RSS dan Atom.


URL OpenID


URL OpenID dapat digunakan untuk masuk ke situs lain yang mengaktifkan verifikasi identitas dengan OpenID. Sobat juga dapat mengizinkan pengguna OpenID untuk memberi komentar pada blog sobat dengan menyesuaikan setelan Komentar.


Konten Dewasa?


Pilih tidak bila isi blog sobat bukan berisi konten khusus dewasa


ID Properti Web Analytics


Tambahkan Google Analytics ke blog sobat untuk melihat bagaimana interaksi pengunjung dengan situs sobat. Tambahkan ID Properti Web Google Analytics sobat untuk mulai melacak blog sobat. Setelan ini dikhususkan untuk template tampilan dinamis dan tata letak


Itulah Mengenal menu utama dan fungsi dashboard blogger untuk pemula dan pesan saya selalu belajar dan membiasakan menu menu tersebut hingga sobat menjadi mudah untuk melakukan sesuatu mengenai kebutuhan pada blog sobat

Berlangganan via Email