Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Makanan Dan Minuman Untuk Sahur Agar Kuat Menjalankan Puasa

Makanan dan minuman untuk saur agar kuat menjalani puasa

Supaya kuat menjalani ibadah puasa Sobat perlu memperhatikan makan dan minuman supaya kuat dan tidak lemas ketika menjalani ibadah puasa begitu juga hidangan yang harus di hindari ketika sahur, bagaimana cara kuat puasa sepanjang hari tanpa mengorbankan aktifitas kita, semuanya akan kita bahas di sini mulai dari makanan yang bisa awet sampai berbuka hingga minuman yang mendukungnya. Sahur menjadi pondasi agar kita kuat menjalani segala aktifitas ketika puasa untuk itu makanan dan minuman harus kita konsumi sesuai dengan kebutuhan Tubuh kita.

Puasa menjadi suatu ibadah yang harus kita jalani selain untuk kesehatan puasa mempunyai banyak manfaat. Namun bagi sebagian orang memerlukan trik bagaiman agar kuat berpuasa hingga berbuka selama menjalaninya. Berikut kami sajikan makan dan minuman ketika saur semuanya agar kita kuat menjalini ibadah puasa:

Makanan yang di kosumsi untuk Saur supaya medukung kita kuat berpusa:


1. Kandungan Karbohidrat


Kalau biasanya menyajikan makanan sahur dengan menu pokok nasi putih dan lauk-pauknya, Sobat bisa menggantinya dengan makanan tinggi serat karbohidrat.

Beras merah dan roti gandum termasuk jenis makanan demikian, Jika Sobat mengonsumsi makanan tinggi serat karbohidratnya, energi dalam tubuh akan bisa bertahan lebih lama, sehingga sangat ideal ketika dibarengi dengan aktivitas Sobat yang tinggi.

2. Buah Dan Sayuran


Tidak hanya kaya akan serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting dikonsumsi selama berpuasa lantaran dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit.

Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemicals yang bisa menjaga kesehatan dengan baik.

3. Kandungan Air Tinggi


tidak perlu konsumsi suplemen tambahan, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam buah dan sayuran sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Sobat.

Yang terpenting ketika memilih buah dan sayuran, pilihlah yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti semangka, stroberi, mentimum, dan selada agar kita tidak mudah dehidrasi.

4. Daging Dan Susu


ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu yang rendah lemak adalah sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak.

Manfaat lainnya adalah membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta membangun sistem kekebalan pada tubuh kita.

5. Lemak Sehat


Dalam memilih makanan yang mengandung lemak sehat, ada berbagai jenis pilihan yang bisa di jadikan rekomendasi untuk sahur.

Meski lemak mendapat reputasi yang buruk, tapi sebenarnya lemak sehat adalah bagian penting dari diet untuk membantu fungsi tubuh secara optimal. Oleh karena itu, tambahkan lemak sehat ke dalam menu sahur Sobat agar lebih kenyang.

Pilihan lemak sehat yang bisa di sediakan antara lain alpukat, selai kacang atau almond, biji bunga matahari, mur atau kacang-kacangan, dan biji hemp.

6. Porsi Buah Dan Porsi Sayuran



Para Ahli merekomendasikan bagi orang yang berpuasa untuk mengonsumsi 2 porsi sayuran dan 2 porsi buah per hari. Pastikan Sobat mengkonsumsi 1 porsi buah dan 1 porsi sayuran di waktu sahur dan berbuka puasa.

Memang secara tradisional selama Ramadan, kurma dimakan di awal berbuka puasa untuk menyimbolkan usainya ibadah puasa di hari tersebut.

Selain merupakan sumber energi yang sangat baik, kurma juga kaya akan potasium, serta membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik. Namun harus ingat jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma karena tinggi akan gula.


7. Makanan Tinggi Protein



Selama sahur, usahakan selalu menyediakan makanan yang mengandung banyak protein, seperti selai kacang, keju rendah lemak, yoghurt, atau susu.

Sobat juga harus mengonsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, oatmeal, telur dan produk turunan susu. Ditambah lagi, pilihan asupan serat dan jenis sayur-sayuran, roti gandum, kacang polong, sereal gandum, dan buah kering.

Sebenarnya tidak terlau sulit menyiapkan makanan sahur buat Kita, asalkan penuhilah gizi seimbang sesuai dengan rekomendasi di atas agar puasanya kuat dan lancar.

Minuman Untuk Saur Agar Kuat Berpuasa

Minuman untuk saur agar kuat puasa

1. Konsumsi Jus Buah Dan Sayur


Sudah menjadi rahasia umum kalau buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah memperbanyak serat dan vitamin yang sangat diperlukan, apalagi ketika puasa.

Sobat bisa mengonsumsi melon, apel, pir, papaya, pisang, dan buah-buah lainnya. Ada dua opsi untuk mengonsumsinya, yakni dimakan langsung dan dijus. Ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula dalam jus ya, karena manfaatnya jadi berkurang.

2. Teh Manis Hangat


Bagi kebanyakan orang, teh paling nikmat diseduh dengan gula. Namun gak sedikit pula yang menikmatinya tanpa gula. Hanya saja, teh manis manis bisa menjadi tambahan sumber energi. Sebab, mengandung karbohidrat yang sangat berguna saat berpuasa seharian. Tapi, jangan kebanyakan gula juga ya.

3. Susu hangat


Si putih penuh manfaat nih, karena mengandung protein dan lemak. Setiap hari, sel-sel dalam tubuh kita beregenerasi, yang artinya membutuhkan protein untuk menggantinya. Oleh karena itu, jangan sampai kekurangan protein, apalagi saat puasa.

Lemak susu bisa menjadi sumber energi. Semakin banyak sumber energi yang kita terima, maka tubuh tidak akan cepat merasa lemas, meski berpuasa seharian.

4. Air Putih


Kita dianjurkan minum delapan gelas dalam sehari, meski saat puasa. Karena air putih menjaga tubuh tetap “lembab” dan tidak kering. Saat sahur, kita dianjurkan minum air putih sebagai penutupnya, supaya tidak mudah lapar.



Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihidari Saat Sahur

Makanan yang harus di hindari saat sahur

1. Minum Kopi


Salah satu alasan mengapa kopi sebaiknya Anda hindari saat sahur adalah karena sifat kopi yang laksatif. Anda mungkin menyadari frekuensi ke toilet Anda bertambah setelah mengonsumsi kopi. Ini karena terdapat komponen dalam kopi yang menstimulasi kerja usus besar sehingga tubuh kemudian membuang sisa pencernaan lebih cepat.

Selain itu, sifat asam pada kopi juga dapat mengganggu kenyamanan perut Anda. Komponen yang disebut chlorogenic acid dapat memicu naiknya kadar keasaman perut serta meningkatkan produksi asam lambung. Komponen lainnya pada kopi juga dapat mempercepat kerja sistem pencernaan.

2. Jenis Makanan Asin


Selain tentunya dapat menyebabkan hipertensi, makanan asin ternyata dapat menstimulasi rasa haus. Anda pasti tidak ingin merasa haus sepanjang hari karena makanan asin yang Anda makan saat sahur.

Contoh makanan yang bisa Anda hindari saat sahur untuk menghindari haus adalah acar, kacang yang diasinkan, kuaci, serta makanan kaleng. Jenis makanan tersebut termasuk yang memiliki kadar garam tinggi sehingga dapat memicu rasa haus. Anda juga dapat mengurangi jumlah garam dan penyedap yang Anda gunakan dalam masakan.

Contoh karbohidrat sederhana adalah gula pasir, produk susu dan olahannya, soft drink, permen, kue, dan sejenisnya. Bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sederhana, namun imbangi dengan konsumsi karbohidrat kompleks untuk membantu Anda tetap fit selama berpuasa.

4. Jenis Makanan Pedas


Sama seperti makanan asin, makanan pedas dapat memicu rasa haus terus menerus. Selain itu, mereka yang menderita maag disarankan untuk menghindari makanan pedas karena dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga berpotensi menyebabkan nyeri di perut bagian atas. Dan, bagi sebagian orang, makanan pedas memicu sakit perut.

5. Makanan berlemak tinggi


Makanan yang mengandung lemak tinggi bekerja dengan dua cara. Yang pertama, makanan tinggi lemak dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit. Yang kedua, makanan tinggi lemak dapat mempercepat kerja sistem pencernaan sehingga menimbulkan diare. Efek dari makanan tinggi lemak ini bergantung pada tipe lemak apa yang Anda makan dan kecenderungan Anda bereaksi terhadap makanan berlemak tinggi.

Pada saat sahur sebaiknya Anda mengurangi jenis makanan tinggi lemak agar terhindar dari konstipasi ataupun diare selama berpuasa. Sebagai alternatif, Anda dapat mengonsumsi jenis makanan yang sama tetapi dengan cara pengolahan yang berbeda. Misalnya mengganti menu ayam goreng menjadi ayam bakar.

Tips Agar Kuat Berpuasa



Rasa lapar pasti bakal kamu rasakan saat menjalani ibadah puasa. Di sinilah kamu diuji untuk bertahan atau tergoda oleh nafsumu sendiri. Ibadah puasa yang penuh limpahan pahala ini hukumnya wajib bagi umat muslim.

Kalau kamu gak berhalangan puasa seperti sakit, datang bulan, hamil atau menyusui, kamu gak boleh meninggalkan ibadah bulan Ramadan yang hanya datang setahun sekali ini.

1. Perbanyak baca


Kamu pasti bakal lebih termotivasi melakukan sesuatu kalau tahu apa manfaat buatmu. Puasa mungkin terlihat sulit, tapi saat kamu tahu begitu banyak keuntungan berpuasa, kamu pasti bakal mudah menjalaninya.

Baik dari segi kesehatan maupun agama, melaksanakan ibadah puasa membawa banyak kebaikan bagi fisik sekaligus ruhanimu. Dari pahamnya ilmu, maka rasa ikhlas pun akan hadir. Kalau sudah ikhlas, selapar apapun kamu pasti bakal tetap enjoy, kan?

2. Hindari makan bubur dan mie instan pas sahur


Pada saat sahur, makanan yang lembek seperti bubur sebaiknya kamu hindari deh. Nasi adalah makanan karbo yang rendah glikemik sehingga bikin kamu lebih cepat lapar dibanding ubi, apalagi kalau dibuat tidak padat seperti bubur.

Kandungan mie instan dan zat perasa MSG yang tajam juga kurang baik dikonsumsi pas sahur. Kamu bakal haus dan dahaga tinggi karena makanan satu ini membuat tenggorokan kering.

3. Konsumsi kurma dan madu


Madu tak hanya lezat dimakan karena rasanya yang manis. Cairan yang mengandung gula sebesar 70-80 persen ini juga kaya air, protein dan mineral. Madu bagus juga untuk anti bakteri.

Kamu bisa makan 2 sendok madu lalu ditambah 3 butir kurma supaya tubuhmu kuat menjalani puasa. Suplemen herbal lain seperti habbatussauda juga baik untuk menunjang kebugaranmu.


4. Tidur Secukupnya


Tips menahan lapar saat puasa selanjutnya adalah tidur yang cukup. Jangan anggap sepele, tidur saat bulan Ramadan itu juga berpahala, lho! Kalau kurang tidur, rasa lapar dalam perutmu bakal semakin menjadi-jadi.

Jadi, selain membantu menahan lapar, tidur siang juga mengganti kebutuhan istirahatmu di waktu malam yang tersita oleh ibadah dan sahur.

5. Tidak Balas Dendam


Kamu suka balas dendam pas berbuka? Kebiasaan satu ini perlu kamu batasi termasuk banyak ngemil di malam hari. Makanlah dalam porsi wajar dan berjeda.

Makan kalap dan berlebihan, energinya dapat terkonsentrasi ke lambung. Hal inilah yang bikin kamu cepat lapar. Perut yang diisi terus-terusan malam hari dan dibiarkan kosong siang hari, pasti adaptasinya juga berat kan?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya lebih kuat menahan lapar di bulan puasa. Apalagi kalau aktivitasmu cukup berat sepanjang harinya, kamu tentu butuh badan yang fit kan?

Itulah jenis makanan dan minuman untuk saur agar kuat menjalankan puasa di tambah dengan tips kuat berpuasa. Jika kita menjalani yang benar tahapan tahapan apa saja yang kita konsumsi dan tipsnya maka kita tetap bugar dalam menjalani puasa tanpa mengganggu aktifitas kegiatan kita, bila semua lancar maka rejeki pun akan lancar. Berpuasa tidak harus berlemas diri kegiatan di kurangi namun kita harus tetap aktif dalam menjalani semuanya.



Berlangganan via Email