Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Puasa Dan Keistimewaan, Apa Hikmahnya?

Apa manfaat puasa? Keistimewaan puasa sangat di rasakan oleh pelakunya mulai dari membangun sistim kekebalan tubuh


Apa manfaat puasa? Keistimewaan puasa sangat di rasakan oleh pelakunya mulai dari membangun sistim kekebalan tubuh, dan kesehatan pun secara otomatis terjaga dengan baik. Bahkan tanpa diet tubuh pun jadi proposional, anggota tubuh secara metabolisme meningkat seperti kesehatan jantung, otak dan untuk kemungkinan terjangkit resiko kanker sangat kecil.

Secara sepiritual puasa Ramadhan lebih memiliki hikmah keisitimewaan di bandingkan dengan puasa selain bulan Ramadhan. Terbukanya pintu rahmat dan penuh dengan ampunan. Malam seribu bulan yang hanya terjadi di bulan tersebut. Perlu Sobat tahu bahwa Al-Quran turun pada bulan yang penuh hikmah ini, segudang manfaat dan hikmah puasa di bulan Ramadhan ini sebagian di ataranya adalah:


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan sangatlah ilmiah untuk membuktikannya dan sudah di akui oleh banyak masyarakat tanpa ada keraguan lagi, penelitian demi penelitian da penerapan metode penelitian pun beragam mensajikan bahwa puasa memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Diatranya  adalah:

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan sangatlah ilmiah untuk membuktikannya


Awet Muda


Awet muda menjadi hal yang diidam-idamkan setiap orang. Hal ini bisa didapatkan dengan cara berpuasa. Dengan berpuasa tubuh akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan. Penghentian proses metabolisme inilah yang dapat menghambat penuaan dini.

Selain itu, berpuasa juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh secara signifikan sekaligus meningkatkan antioksidan yang juga dapat membuat kita awet muda.Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan apabila melaksanakan puasa.

Membuang Racun dalam Tubuh


Saat puasa, tidak ada makanan yang dikonsumsi hampir sehari penuh. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat, sehingga tubuh dapatlebih fokus pada pembuangan racun di dalam tubuh. Lalu saat proses pembakaran lemak menjadi energi, tubuh juga akan membakar racun berbahaya yang ada pada lemak yang tersisa.

Menjaga Berat Badan

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika Anda tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa. Namun, bisa kembali naik begitu Anda berbuka puasa. Hal ini karena ketika berpuasa Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih, ketika berbuka puasa Anda justru melampiaskan nafsu makan.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Anda tidak berpuasa. Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi seperti serat, protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga berat badan Anda.

Mengurangi Resiko Kanker


Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.

Puasa dapat meningkatkan imun pada tubuh


Seperti yang dilaporkan Telegraph, sekelompok ilmuwan di University of Southern California (USC), telah menemukan bahwa puasa selama tiga hari saja setiap bulannya dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang tua sekalipun.

Penelitian terbaru menunjukkan, puasa dapat merangsang sel untuk menghasilkan sel darah putih baru, yang dapat membantu dalam memerangi infeksi apapun.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa puasa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang buruk, termasuk penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Berpuasa juga bermanfaat untuk lansia, karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah lemah karena proses penuaan, sehingga mereka tidak mampu melawan penyakit yang umum sekalipun.

Para ilmuwan menjelaskan, puasa untuk kesehatan mampu 'membalik saklar regeneratif' yang menendang sel induk untuk membuat sel darah putih baru, yang penting untuk regenerasi sistem kekebalan tubuh.


Meningkatkan Fungsi Otak


Ahli berpendapat bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) di otak. BDNF berfungsi untuk membantu tubuh meningkatkan fungsi otak dan memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Selain itu, BDNF juga dapat melindungi sel-sel otak serta mengurangi depresi sekaligus resiko terkena demensia atau pikun

Menyehatkan Jantung


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain seperti pola makan dan olahraga teratur berperan besar.



Turunkan Gula Darah


Dilansir dari doktersehat, puasa dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan, yaitu lebih dari 30 persen, Hal itu dapat terjadi di beberapa hari pertama berpuasa. Dianjurkan pula untuk selalu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil karena kelebihan ataupun kekurangan kadar gula darah dalam tubuh sama-sama tidak baik.

Selain manfaat untuk kesehatan puasa sangat bisa di percaya mempunyai keistimewan dan hikmah di baliknya secara sepiritual terutama puasa pada bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan di antaranya adalah


puasa sangat bisa di percaya mempunyai keistimewan dan hikmah di baliknya secara sepiritual terutama puasa pada bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan


Bulan penuh berkah dan ampunan


Hujan berkah dan ampunan menjadi hikmah Ramadhan yang selanjutnya. Seorang muslim yang berpuasa semata-mata karena keimanannya kepada Allah, punya kesempatan untuk memperoleh pengampunan dosa.

Momen pemberian pahala yang berlipat-lipat


Allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat untuk umat Islam yang gemar beribadah di Bulan Ramadhan. Hikmah Ramadhan pahala berlimpah ini pun membuat pahala umrah setara dengan pahala ibadah haji. Demikian pula amalan lain yang bakal punya pahala lebih banyak dibandingkan ketika melakukannya di bulan selain Ramadhan.



Ada Malam Seribu Bulan


Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang juga disebut malam seribu bulan ini adalah malam yang mulia. Kita bisa mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Hiasi malam-malam bulan Ramadan kita (khususnya di 10 hari terakhir) dengan lebih banyak beribadah agar bisa mendapatkan malam seribu bulan ini.

Doa di Bulan Ramadhan adalah doa yang mustajabah


Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa ada tiga orang yang doanya tidak akan tertolak. Tiga orang tersebut adalah, orang yang tengah berpuasa, pemimpin adil, serta orang yang dizalimi. Di sisi lain, ada pula hadits yang menyebutkan bahwa doa-doa yang dipanjatkan ketika Bulan Ramadhan, pasti dikabulkan oleh Allah.

Bulan Dikabulkannya Doa-Doa


Manfaatkan bulan Ramadan 2020 kali ini dengan memanjatkan doa-doa dan harapan-harapanmu, ladies. Jalankan ibadah puasa dengan baik, lakukan ibadah wajiba dan sunah, perbanyak bacaan Al Quran. Selain bisa mendapat banyak pahala, di bulan Ramadan ini peluang doa-doa dikabulkan akan lebih besar.

Setiap Amal Akan Dilipatgandakan Nilainya


Setiap kebaikan pasti akan diganjar pahala. Khusus di bulan Ramadan, setiap amalan dan ibadah yang kita lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Ditambah lagi ada banyak ibadah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadan seperti salat tarawih dan memberi makan orang yang berbuka puasa, sehingga ada lebih banyak amal dan ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapat pahala berlipatnya.

Momen pembukaan pintu surga dan penutupan pintu neraka


Hikmah Ramadhan yang selanjutnya adalah terbukanya pintu surga selebar-lebarnya. Pada bulan yang suci ini, Allah juga memerintahkan malaikat untuk menutup pintu neraka. Di waktu yang sama, setan serta jin jahat dibelenggu di dalamnya.


Bulan yang Penuh Berkah


Berkah Ramadan secara garis besar bisa dibagi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Dengan kata lain, setiap harinya selama sebulan penuh selalu ada berkah yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Puasa Dan Keistimewan, Apa Hikmahnya? Sudah terjawab dengan tulisan di atas akan tetapi masih banyak lagi yang belum terungkap karena masih banyak lagi jawaban yang lebih detail yang belum terungkap atau mungkin masih menjadi rahasia yang harus di ungkap. Jika lautan menjadi tinta dan daun seluruh alam menjadi kertasnya saya yakin tak akan cukup untuk mengungkap secara sempurnah karena luar biasanya puasa terutama pada bulan Ramadhan.




Berlangganan via Email