Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Merawat Kulkas Dan Freezer


Add caption


Sering kali kita merasa jengkel ketika alat rumah tangga kita mengalami perubahan yang tidak kita inginkan contohnya kulkas/frezeer yg mengalami pembekuan yang berlebih pada evapuratornya hingga kita kesulitan untuk mengambil es di dalamnya, apalagi ketika sedang membutuhkan es tersebut dengan berbagai macam alasan.

Tak jarang dari kita mengambil solusi yang malah membuat kerusakan pada freezer. Keadaan demikian pernah saya alami. Hingga mengalami kerusakan pada evapurator terjadi, Di karenakan benda tajam saya gunakan untuk mengambil es tersebut dengan cara menusuk/ dan memukul dengan benda tajam (pisau), hingga evapurator bocor mengeluarkan seluruh isi freon yang ada sistem, Dengan pengalaman yang menyadihakan ini saya akan berbagi mengenai cara aman mengambil atau membersihkan bunga es pada freezer kulkas.

Add caption

Bagaimana mengatasi jika kulkas kita mengalami pembekuan yang berlebih tersebut dengan mudah dan gampang untuk di praktekan. Langkah sebelum terjadi penusukan evapurator yang dapat merusak evapurator (bocor dengan menyemburkan freon yang ada di dalam)


1. Matikan Arus Listrik

Lansung aja Matikan kulkas terlebih dahulu dengan mencabut stop contac pada kulkas ( saya tidak menyarankan untuk mematikan melalui termostat atau mematikan dgn memencet tombol pada termostat) karena masih ada arus yang ada pada jalur kelistrikan pada kulkas saya tidak ingin terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan. Setelah mati kulkas buka semua pintu termasuk pintu yang ada di frezer

Add caption
2. Buka Pintu Kulkas Freezer

Buka lebar, ambil kipas angin hadapkan ke frezer nyalakan kipas, jika hanya untuk mengambil es batu tunngu beberapa saat aj sampai berkurangnya bunga es dan memudahkan untuk mengambil es batunya aja.

3. Mencairkan Bunga Es

Jika di lanjut untuk membersihkan secara keseluruhan tunggu sampai bunga es larut mencair setelah cair kira2 waktu 10 menit baru langkah selanjutnya ambil lap atau kain untuk di taruh di bawah pintu kulkas agar air tidak ke mana2, tunggu beberapa saat agar bunga es yang menggumpal pada frezer mencair dengan batuan tiupan kipas angin. Ini adalah cara paling aman dan cepat membersihakan gumpalan es pada frezer.


4. Membersihkan Dalam Ruangan

Setelah es mencair bersihkan dengan kain kering hingga evapurator menjadi kering, setelah kering dan bersih, ambil plastik trus potong dengan ukuran evapurator, lapisi evapurator dengan plastik. Nyalakan kulkas kembali, taruh bungkusan air untuk membuat es.

Add caption

Saya tidak menganjurkan untuk mengunakan air panas karena dapat merusak lapisan evapuratornya bahkan bisa pecah pipa pada evapurator atau menggunakan bahan kimia jenis apa pun itu karena efek dari reaksi kimia di kawatirkan berpengaruh pada kesehatan anda.

Jika kulkas tidak begitu sering dalam pengambilan es lebih baik tremostat atau pengatur suhunya di arahkan ke sedang agar tidak berlebih bunga esnya.

Add caption
5. Menyalakan  Kulkas

Langkah terakhir Tutup pintu nyalakan kulkas tunggu 10 menit kemudian isi frezer dengan bakal es yang akan anda buat

 Terima kasih semoga coretan ini dapat membatu anda dalam mengatasi masalah kulkas  anda. Selamat Mencoba.
Indahnya berbagi ilmu pengetahuan yang membuat saya akan berbagi pengetahuan dari sedikit menjadi banyak karena berbagi.


Berlangganan via Email