Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Hewan ini sudah ada di jaman purba tapi masih hidup sampai sekarang.

Add caption

Mereka sudah ada sejak periode Jurassic atau sekitar 200 juta tahun lalu. Buktinya mereka sudah mengganggu beberapa orang besar misalnya Aristoteles yang memunculkan nyamuk di karya-karyanya tahun 300 SM. Jauh sebelum Aristoteles tau nyamuk Alquran telah Mengetahui karena langsung SANG MAHA PENCIPTA yang memberi ingormasi karena berfirman dan menginformasikan tentang keberadaan nyamuk
Apa keistimewaan nyamuk hingga hewan ini disebutkan di dalam Alquran?

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلًا يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ(*)الَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ أُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ(*)

Sesungguhnya Allâh tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allâh menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allâh, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allâh kecuali orang-orang yang fasik, (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allâh sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allâh (kepada mereka)untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.. Qs.2:26-27

Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan, Alquran dan Hadis menunjukkan betapa pentingnya seekor nyamuk sehingga dijadikan sebagai suatu perumpamaan. Sains modern mengungkap banyak hal tentang nyamuk yang hampir-hampir tidak bisa dipercaya oleh nalar manusia.

Dari Sahl bin Sa’ad berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda, “Seandainya dunia ini sama nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah. Niscaya Ia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada orang kafir, meskipun hanya seteguk air” (HR. Tirmidzi. Syeikh Albani menshahihkan Hadis ini).

Nyamuk memiliki 100 mata pada kepalanya, 48 gigi di dalam mulutnya, dan tiga jantung. Satu jantung sebagai pusat, sedangkan dua jantung yang lain untuk mengatur kedua sayapnya.
Nyamuk mempunyai radar yang dapat mendeteksi berbagai hal. Dengan radar itulah nyamuk mendeteksi suatu objek dengan cara merasakan suhu yang dipancarkan oleh objek tersebut. Tidak seperti manusia, nyamuk tidak dapat melihat bentuk dan warna walau nyamuk memiliki banyak mata. Ia dapat mendeteksi keberadaan manusia karena suhu manusia lebih tinggi daripada suhu benda-benda lain.
Nyamuk mempunyai organ yang mengandung enzim, karena itu nyamuk bisa mengencerkan darah yang disedotnya dari tubuh manusia, sehingga darah itu mengalir dengan mudah melalui sungutnya yang halus. Nyamuk juga memiliki enzim yang bisa membius korbannya ketika di hisap darahya.
Kecepatan kepak sayap nyamuk mencapai 600 kepakan per detik. Oleh sebab itu, kepakan sayap nyamuk bisa menimbulkan suara dengungan seperti balap motor pada sirkuit.

Nyamuk lebih aktif pada saat bulan purnama. Di mana bulan melihatkan bentuk bulat sempurna dengan cahaya yang memecah gelapnya malam
Menurut penelitian American Mosquito Control Association, saat bulan purnama nyamuk menjadi lebih aktif dan agresif.

Nyamuk hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk berkembang biak tidak dengan air banyak, Nyamuk cenderung bertelur di permukaan air yang tenang atau mengalir pelan atau tanah yang basah mungkin kalau air mengalir deras telurnya menjadi rusak dan tidak bisa menetas menjadi generasi penerus, dan hanya membutuhkan air dalam jumlah kecil untuk melakukannya.

Bahkan, sebagian jenis nyamuk hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk berkembang biak.
Ban yang rusak , bak renang plastik anak-anak, mainan, kolam burung, tanaman dalam pot, pot penampung buangan air dispenser dan bahkan tutup botol bisa jadi tempat berkembang biak benda apa aj yang sekiranya bs menyimpan air walau sedikit.

bagaimana nyamuk berkembang biak? Kok gak habis-habis. Itu pertanyaan yang di ajukan oleh orang awam yg belum mengetahuj

Berbeda jenis spesies nyamuk mempunyai siklus hidup yang berbeda, dan tergantung kepada banyak faktor seperti suhu lingkungan dan kelembaban.

Tetapi nyamuk akan menjadi nyamuk dewasa yang bisa terbang dan mulai menghisap darah anda setelah melalui 4 tahap, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Hampir sama dengan siklus hewan yang bermetamorfosis pada umumnya
nyamuk dewasa membutuhkan tempat yang cocok untuk menempatkan telur-telurnya karena yamuk juga membutuhkan ketenangan seperti hewan lainnya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ia menyukai tempat yang cenderung tenang dan aman, yaitu di air, biasanya pun air yang dipilih adalah air yang cukup bersih, misalnya di bak mandi atau di tempayan.
Semua nyamuk memerlukan media air dan bertelur untuk berkembang biak.
Nyamuk jantan hanya memakan nektar bunga saja tidak mau darah, sedangkan nyamuk betina membutuhkan darah sebagai sumber protein untuk memelihara dan mengembangkan telur-telur yang ada dalam tubuhnya. Jadi yang menghisap dan mengganggu tidur lelap anda setiap hari adalah nyamuk betina bukan nyamuk jantan.

Nyamuk betina akan meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam air sedangkan beberapa spesies nyamuk akan bertelur di dekat air.

Sekali bertelur nyamuk betina akan meletakkan sebanyak 200-300 telur. Nyamuk meletakkan telur-telurnya yang tersusun rapi da  teratur di dalam hitungan menit atau jam telur nyamuk akan berubah warna menjadi gelap, tanda telur itu berkembang. Butuh microskop agar kita bisa melihat telurnya. Dengan warna gelap untuk kamuflase sebagai pelindung telur dari serangan hewan pemangsa lainnya.
tahap nyamuk menjadi larva, yang kita kenal dengan sebutan jentik-jentik.
Telur nyamuk akan menetas dan menjadi larva hanya membutuhkan waktu sehari atau dua hari saja beda sama ayam yang butuh 21 hari.

Larva akan segera tumbuh dan memiliki panjang sekitar 5 milimeter, kurang lebihnya dan bernafas melalui tabung udara, larva yang besar bisa terlihat mengambang di atas permukaan air.
Larva nyamuk membutuhkan oksigen untuk bernafas, karena itu larva akan muncul ke permukaan dalam interval teratur dan sering untuk mendapatkan oksigen melalui tabung pernafasannya yang disebut siphon ,



Larva nyamuk juga membutuhkan makanan yaitu ganggang dan organisme kecil mirip seperti plangton yang hidup di air Larva nyamuk akan tumbuh selama 7-14 hari kemudian menjadi nyamuk.
Kenapa ketika kita di gigit nyamuk terasa gatal? Penyebab gatal setelah di gigit nyamuk adalah Liur yang tertinggal dalam pembuluh darah penyeba rasa gatal itu.

Jonathan Day, profesor bidang entomologi medik dari University of Florida mengatakan saat nyamuk menggigit korbanya, sebenarnya ia sedang mengisap darah seseorang. Sembari mengisap, nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Jadi yang masuk pada nyamuk berupa darah cair tidak menggumpal.

Sistem kekebalan tubuh merespon masuknya air liur nyamuk sebagai ancaman benda asing dan akhirnya mengeluarkan perlawanan. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan histamin yang mencegah protein dalam air liur nyamuk menyebar ke dalam tubuh.
Hanya nyamuk betina yang menggigit. Nyamuk betina bisa mendeteksi  Anda sejauh 120 Kaki mengikuti arah angin.
Karbondioksida bisa dideteksi hingga sejauh 120 kaki mengikuti arah angin Zat kimia lainnya yang Anda keluarkan, seperti asam laktat, dan juga tanda-tanda visual Anda, bisa dideteksi nyamuk hingga sejauh 15 kaki. Nyamuk bisa mendeteksi suhu tubuh Anda dari jarak 3 hingga 7 kaki.
  Salah-satu hal yang membuat nyamuk tertarik pada kita adalah karbondioksida yang kerap kita hembuskan.

Ada sekitar 3.500 spesies nyamuk dan tersebar hampir di seluruh bagian dunia. Namun tidak semua nyamuk tersebut menggigit manusia. Walaupun nyamuk jantan dan betina sama-sama memakan nektar dan getah tumbuhan, hanya yang betina yang mengisap darah sebagai sumber protein untuk kebutuhan reproduksi.

Nyamuk jantan? Mereka makan nektqr bunga . Beberapa  orang memang cenderung lebih banyak digigit nyamuk daripada  yang orang lain.
Ini terjadi karena nyamuk tertarik dengan zat-zat seperti karbondioksida yang keluar saat kita mengembuskan nafas, serta asam laktat yang ada di keringat kita. Nyamuk lebih suka tubuh berkeringat ini salah satu penyebab apabila kita berkeringat  nyamuk suka berkumpul dan mengigit kita.
Tubuh berkeringat akan menghasilkan sejumlah karbon dioksida yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk memakan darah kita.

Jika Anda terus digigit nyamuk namun orang-orang di sekitar Anda tidak di giit nyamuk, hal tersebut dikarenakan nyamuk lebih tertarik dengan zat kimia yang ada di tubuh kita.
Nyamuk menyukai warna yang lebih gelap tidak suka yang terang.
Histamin sebutan lain dari liur nyqmuk inilah yang menyebabkan Anda merasa gatal. Selain itu, histamin juga membuat pembuluh darah di sekitar lokasi gigitan menjadi besar, yang menyebabkan terjadinya bentol," tutur Day, dikutip dari NY Times.

Nyamuk walau kecil tapi mempunyai peradapan yang sangat tua walau umur mereka tidak panjang. Mulai jaman purba hingga ada pada saat ini.

Berlangganan via Email