Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Cara Membuat Bakteri Fotosintesis Untuk Pupuk Organik


Bakteri fotosintesis adalah  Rhodobacter sphaeroides atau bakteri ungu adalah salah satu bakteri yang dapat berfotosintesis. 
Pigmen yang berperan menangkap cahaya untuk fotosintesis adalah bakterioklorofil yang berada pada membran fotosintesis.Termasuk salah satu bakteri yang unik dan menguntungkan untuk tumbuhan dan hewan

Bakteri ini memiliki sistem membran yang terbentuk akibat invaginasi membran sitoplasma. Rhodobacter sphaeroides diisolasi pada danau dan perairan tenang . Bakteri ini dapat hidup pada kondisi aerob maupun anaerob, dapat melakukan fotosintesis maupun fermentasi. Bakteri ini juga dapat melakukan fiksasi nitrogen dan karbondioksida serta sintesis tetrapiroles, klorofil, heme, dan vitamin B12.
Rhodobacter sphaeroides merupakan kelompok proteobakteria subdivisi alfa. 

Pupuk Organic Cair Dengan Bakteri Fotosintesis

Kelompok ini merupakan bakteri dengan keragaman metabolisme yang paling tinggi, sehingga dapat tumbuh pada berbagai variasi kondisi pertumbuhan. Medium pertumbuhan yang digunakan untuk mengkulturkan bakteri ini biasanya adalah medium minimal Sistrom's dan cairan luria . Medium minimal Sistrom's digunakan dalam setiap keperluan pertumbuhan bakteri ini, sedangkan cairan luria untuk persiapan isolasi DNA. Pada medium cair maupun padat, bakteri ini ditumbuhkan pada suhu 28-30 °C selama 3-4hari

Mengembangkan bakteri ini termasuk mudah dan dapat menguntungkan karena untuk Pupuk Organik Cair (POC) dan tergolong tidak membahyakan kita.

Berikut cara mengembang biakan bakteri yang unik dan sangat bermanfaat.

Add caption


Caranya sebagai berikut

Bahan-bahan :

- 2  butir Telur ayam ras/kampung, Telur bebek
   Telur apa aj
- Penyedap rasa ( vicin  )
- Kecap ikan/Kecap apa aja ( gak ada gpp )
- Beberapa air dalam botol aqua/air mineral       lainnya. Air sungai, Air sumur (terserah air apa aja) ini akan berpengaruh pada warna POC
- Blender jus. (tidak ada tidak apa2) 

Cara Buat : 

Masukan telur dalam blender sama cangkang2nya, masukan penyedap rasa 2sendok makan, masukan kecap ikan 2sendok makan. kemudian blender sampai tercampur rata. setelah di blender ambil dan masukan cairan tersebut kedalam botol dgn di isi air. untuk botol aqua 600ml cukup 1sendok, dan untuk botol aqua 1,5ltr cukup 2sendok.

Setelah di masukan, kocok botol tersebut agar tercampur rata dan di jemur di terik matahari tanpa naungan itu lebih baik. Biarkan minimal 2minggu - 60hari. 
Note : Di mix / campur air sumur/air sawah/air kolam/air sungai dan di jemur di terik matahari selama satu bulan, mangkin lama mangkin bagus katanya.
Dan dengan berbeda-beda jenis air ini akan menghasilkan perbedaan juga warna dari hasil bakteri fotosintesis tersebut, ada merah,hijau,kecoklatan dll.

Cara aplikasi sprey kedaun : 100ml untuk tanki 8ltr interpal 1 minggu sekali. dan untuk kocor saya blm tau cara dosis aplikasinya.


CIRI DAN STRUKTUR BAKTERI  FOTOSINTESIS


Bakteri atau Eubacteria adalah organisme yang pada umumnya tak memiliki klorofil. Bakteri memiliki diameter berukuran antara 0,5-1 pm dan juga panjang antara 0,1-10 pm. Bakteri dapat hidup di berbagai media sehingga disebut juga bersifat kosmopolitan.

Struktur tubuh yang selalu terdapat pada setiap bakteri, antara lain ialah materi genetik, ribosom, membran sel, plasma sel, dinding sel, dan juga cadangan makanan. Materi genetik berupa kromosom yang tersusun dari molekul DNA melingkar berisi beribu-ribu gen guna mengendalikan aktivitas pada sel bakteri tersebut.


DNA mengandung sepaket informasi genetik. Ribosom bakteri berguna dalam sintesis protein dan juga tersusun dari protein dan juga RNA. Kumpulan ribosom disebut juga polisom ataupun poliribosom.


Bakteri mempunyai dinding sel yang berguna memberikan bentuk kaku bagi tubuh bakteri. Dinding sel yang kaku berguna mencegah sel membengkak dan juga pecah karena tekanan osmosis bila diletakkan pada larutan yang lebih rendah konsentrasinya atau hipotonik. Berdasarkan pada struktur dinding selnya, bakteri dibagi menjadi beberapa kelompok yakni bakteri Gram positif dan juga bakteri Gram negatif.


Bakteri Gram positif merupakan kelompok bakteri yang berwarna ungu setelah diperlakukan melalui pewarnaan Gram. Adapun bakteri Gram negatif ialah kelompok bakteri yang tak berwarna ungu setelah diperlakukan melalui pewarnaan Gram. Membran permukaan sel mempunyai sifat permeabel terhadap sebagian glukosa, asam amino, dan juga gliserol.


Selain struktur yang telah ada, beberapa bakteri mempunyai struktur tambahan, contohnya flagel pada Salmonella typhosa, membran fotosintesis di bakteri klorofil dan juga Bacteriopurpurin, serta pilus yang berguna saat konjugasi pada bakteri jenis Escherichia coli.


Kapsul dan juga lapisan lendir adalah struktur tambahan pada bakteri. Kapsul mempunyai struktur lebih tebal dan juga padat jika dibandingkan dengan lapisan lendir. Kapsul dan juga lapisan lendir memberikan proteksi tambahan pada bakteri, contohnya pada Streptococcus pneumoniae yang merupakan bakteri penyebab radang paru-paru.


Flagellum adalah struktur tambahan yang memungkinkan bakteri agar dapat bergerak (mobile). Gerakannya menyerupai gerak pada alat pembuka tutup botol atau gerak memutar. Flagellum bakteri aerob berfungsi untuk bergerak menuju tempat yang terdapat oksigen. Adapun flagellum bakteri fotosintesis berfungsi untuk bergerak menuju kearah datangnya cahaya.


Berdasarkan tipe flagellumnya, bakteri dapat dibedakan menjadi monotrik, amfitrik, lopotrik, peritrik, dan juga atrik. Monotrik mempunyai satu flagel yang terletak pada salah satu ujungnya, contohnya pada Pseudomonas aeruginosa.


Amfitrik mempunyai satu ataupun dua flagel pada kedua ujungnya, contohnya pada Aquaspirillum serpens. Lofotrik mempunyai banyak flagel pada salah satu ujungnya, contohnya pada Pseudomonas fluorescens. Peritrik mempunyai banyak flagel di seluruh tubuhnya, contohya pada Salmonella typhosa. Atrik tidak mempunyai flagel.


Pilus ataupun fimbria adalah struktur tambahan yang berkembang dari dinding sel, contohnya pada bakteri Gram negatif. Fimbria adalah alat pelekat di antara sel bakteri yang satu dan juga sel bakteri yang lain ataup antar sel bakteri dan juga permukaan tubuh organisme lain. Pilus adalah saluran penghubung di dalam transfer DNA ketika konjugasi.


Mesosom adalah bagian membran yang membentuk lipatan. Mesosom berguna sebagai tempat pemisahan dua molekul DNA anak dan juga pembentuk dinding sel baru.


Membran fotosintetik merupakan struktur yang khusus pada bakteri fotosintesis. Membran fotosintetik adalah membran permukaan sel yang melekuk ke dalam dan juga mengandung pigmen fotosintesis atau klorofil bakteri.


Genus tertentu contohnya Clostridium dan juga Bacillus, akan membentuk endospora, yakni spora yang dihasilkan di dalam sel. Endospora memiliki sifat dorman, yakni suatu keadaan sel yang tak aktif dan juga proses metabolisme berkurang, resistan terhadap adanya panas atau suhu lebih dari 80 °C, dan juga tahan terhadap adanya radiasi gelombang pendek.


Spora bakteri bukanlah merupakan alat perkembangbiakan, namun merupakan suatu usaha bakteri guna melindungi diri dari keadaan yang kurang menguntungkan atau kondisi yang ekstrem.

Manfaat pada media tanam dan tanaman


Mengurai racun dan residu tanah, memperbaiki kesuburan dan regenerasi tanah kembali.Meningkatkan kemampuan fiksasi nitrogen, mengurai H2S pada akar tanaman, serta memperbaiki kualitas tanaman.sebagai pupuk mikroba untuk meningkatkan penyerapan akar fotosintesis tanaman (pangan, sayur, buah dan perkebunan).

Sebagai ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) untuk mempercepat pembelahan sel, meningkatkan perakaran, pertumbuhan tunas baru dan pembentukan kuncup bunga.
Meningkatkan pembesaran dan menambah rasa manis buah.
Meningkatkan ketahanan anti-obat dan mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
Menghasilkan tanaman organik yang bebas residu.

Manfaat PSB pada ternak dan ikan :


Membantu mengurangi gas dan limbah di tempat penampungan hewan.

Penambahan pada nutrisi mampu menambah berat badan ternak dan ikan.

Kualitas warna dan rasa daging menjadi lebih baik.

Membantu melindungi hewan dari bakteri jahat.

Semoga Bermanfaat untuk kalayak umum
Sukses Selalu

Berlangganan via Email