Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Manfaat Cangkang Telur Untuk Tanaman



Add caption


Kulit telur sisa kita memasak atau sisa telur menetas yang kosong di sarang unggas peliharaan kita biasanya sobat buang mari kita manfaatkan agar tidak menjadi sampah yang disia-siakan.
Ternyata Cangkang telur bisa menjadi pupuk alami gratis, yang bisa sobat dapatkan sebanyak berapapun yang sobat mau.

Kulit telur yang biasa kita buang dan hanya menganggapnya hanya sampah. Namun sangat berarti bagi tanaman terutama pada kandungan kalsiumnya. Bisa melindungi tanaman dari siput, bahkan untuk pupuk kompos, berikut manfaat kulit telur atau cangkang telur untuk tanaman:

Kandungan Cangkang Telur


Kandungan utama cangkang telur adalah kalsium karbonat. Cangkang telur mengandung 90% kalsium karbonat yang merupakan unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh sehat. Jeff Gillman seorang pakar nutrisi tanaman pengarang buku The Truth About Garden Remedies melakukan sebuah test sederhana. Ia merendam cangkang telur dalam air selama 24 jam, lalu airnya ia kirim ke laboratorium. Hasilnya, air rendaman cangkang telur itu mengandung 4mg kalsium dan potassium. Termasuk didalamnya phosphorus, magnesium dan sodium dalam jumlah kecil.


Cara menghaluskan Cangkang telur


Cuci kulit telur, tiriskan lalu keringkan di bawah sinar matahari.

Haluskan dengan cara ditumbuk, pake ulekan, atau pake food procesor jika punya. Tapi saya sarankan manual saja, hemat listrikSetelah itu diayak.

Pisahkan yang halus dan masih agak kasar.

Lakukan pengayakan hingga target kehalusan tercapai dengan mengulang penghancuran.

Simpan dalam wadah tertutup, dan siap digunakan

Fungsi kalsium pada tanaman 


adalah menguatkan tanaman, mengeraskan kayu, merangsang pertumbuhan akar, mempertebal dinding sel dan pembentukan biji. Tanaman yang kurang kalsium terlihat pada tanaman tumbuh kerdil, gugurnya bunga secara prematur, buah gagal terbentuk dan bijinya kosong, mudah diserang hama seperti lalat buah karena dinding sel tipis, dan busuk pucuk buah (blossom end rot) pada tomat misalnya.


Cara Memanfaatkan Cangkang Telur

Berbagai macam manfaat cangkang telur

1.  Remasan Cangkang Untuk Melawan Keong


Siput, keong dan slug (siput tak bercangkang) adalah hama tanaman yang sering menyantap tanaman tanaman muda. Seringkali benih yang baru dipindahkan ketanah habis dimakan oleh mereka. Cangkang telur yang diremas kasar adalah pertahanan yang baik untuk melawan siput. Badan mereka yang lunak, tidak akan bisa melewati remasan kulit telur yang tajam. Taburkan remasan kulit telur disekeliling tanaman muda agar tidak diserang siput

2. Cangkang telur untuk kompos


Bubuk cangkang telur
diblender seperti cara penghalusan di atas

Campur bersama bahan organik untuk dikompos, seperti

Limbah dapur
Daunan
Dan bahan-bahan organik lainnya
Tambahkan Em4
Gula

Kemudian taruh wadah dan simpan hingga bau harum,

Penggunaannya :

bisa ditaburkan disekeliling tanaman,  bisa dicampurkan dengan media tanam, bisa juga ditaburkan dalam komposter sebagai salah satu bahan organik yang akan dikomposkan. Kompos yang sudah matang, akan kaya kalsium berkat bubuk cangkang itu.


3.  Buat teh cangkang telur.


Ini resep dari Gillman. Rebuslah air satu galon, kemudian letakkan 10 butir cangkang telur. Cangkang telur harus sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Biarkan rendaman cangkang itu semalaman kemudian saring dan kocorkan langsung ketanah. Teh Cangkang ini solusi jangka pendek untuk mengatasi kekurangan kalsium dan potassium. Lakukan ini seminggu sekali. Untuk hasil rendaman lebih kuat, bisa ditambahkan cangkangnya sampai 20 butir pergalon. Untuk kebutuhan yang lebih sedikit, perkirakan sendiri saja takaran air dan cangkangnya.


4.  Remasan cangkang untuk pengisi pot.


Ini adalah solusi penyediaan kalsium dan potassium untuk jangka panjang. Remaslah cangkang telur dan letakkan didasar pot atau campur dengan media tanam. Cangkang itu pelan pelan akan hancur dan menjadi nutrisi tanaman dalam jangka panjang.
Menurut Gillman, dosisnya adalah kira kira 7 cangkang pertanaman. Pemberiannya setahun sekali.

5. Kulit Telur Tempat Menyemai


Cangkang telur yang telah dibuang dapat kita manfaatkan sebagai wadah media semai. Cangkang telur memungkinkan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan proses perkecambahan dan juga proses pertumbuhan tanaman. Selain itu, dengan menggunakan cangkang telur, juga memudahkan pemindahan ke lahan. Kita dapat memindahkan tanaman yang disemai pada cangkang telur dengan sedikit meremukan cangkang telur tersebut kemudian dimasukkan ke lubang tanam.

Catatan:


Sebelum sobat digunakan, telur mesti dibersihkan dari sisa sisa protein telur cuci hingga bersih dan kalis. Hal ini untuk menghindari bau busuk yang menyengat hidung kita sobat, mencuci dengn bersih juga untuk menghindari berkembang biaknya salmonella yang berbahaya. Setelah dicuci, keringkan dengan cara diangin angin atau dijemur hingg kering.

Ingat ya sobat jangan terlalu sering meletakkan cangkang telur kedalam tanah, karena dapat mereduksi pH tanah. Karena cangkang telur mengandung kapur. Cukup setahun sekali dalam bentuk padat, dan seminggu sekali dalam bentuk cair.

Untuk mendapatkan cangkang dalam jumlah banyak 


datangi saja tukang martabak atau tukang indomi, warung makan, Mereka punya banyak dan bakalan dibuang. Kalau tidak, sediakan tempat khusus dirumah, dan beritahu keluarga sobat, agar membuang cangkang telur ditempat itu. Segera cuci dan keringkan. Simpanlah stok dalam bentuk bubuk.

Semoga kita bisa memanfaatkan limbah atau sampah untuk di jadikan komuditas yang bermanfaat untuk lingkungan kita tanah menjadi subur tanaman pun ikut berkembang dengan baik lingkungan bersih dan hijau hingga sejuk menyejukan.

Berlangganan via Email