Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Apa, jenis, penyebab, dampak, dan cara mengatasi bullying





Apa itu Bullying? Suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan untuk menyakiti seorang baik dalam bentuk verbal psikologis atau emosional serta bisa juga dalam bentuk fisik. penindasan atau kerap disebut bullying adalah salah satu masalah yang mungkin pernah dialami oleh setiap orang. Tindakan bullying ini bisa dilakukan oleh sekelompok orang maupun perorangan yang merasa lebih kuat secara fisik dan mental bila dibandingkan korban. Bullying bisa diartikan tindakan intimidasi, mengusik atau merintangi orang lain.

Penyebab Bullying

Meniru tindakan kekerasan dari film atau game yang mengandung kekerasan juga kerap kali menyebabkan seseorang melakukan pembullyan. Karena melihat adegan-adegan yang lucu dan menyenangkan menurut mereka, akhirnya mereka ingin mencobanya ke orang lain (prank). Padahal, belum tentu orang yang menjadi korban bakal terima perlakuan itu dengan senang hati. Bisa aja mereka nggak suka dengan hal tersebut.

Add caption


Orangtua yang kerap melakukan kekerasan fisik (memukul, menampar, meninju, dsb) maupun kekerasan verbal (komunikasi kasar, Membentak atau berucap keras, juga penuh makian) kepada anak bisa menyebabkan anak menjadi pelaku bullying.

Mungkin saja anak pembully itu sering atau bahkan suka berkelahi. Hal tersebut kembali lagi hanyalah untuk membuktikan kekuatannya dia. Dia nggak mau dianggap lemah sama orang lain. Perkelahian ini nggak cuma antar fisik, tapi juga dalam bentuk verbal.

anak yang ngebully itu ingin dirinya dianggap dan dikenal berkuasa di sekitar daerah tersebut. Gaya kepemimpinan yang mengedepankan rasa takut dari setiap pengikutnya adalah penyebab utama kenapa dia membully orang lain yang lemah. Nggak jarang, setiap anak yang menurutnya lemah di kelas atau bahkan di sekolah sering dia siksa. Sifatnya yang nggak mau kalah juga membuat keinginan pembully untuk berkuasa bertambah besar.


Dampak perlakuan bullying terhadap korban




2 dampak menurut jangka waktu yang akan di alami oleh korban bullying yaitu:

Jangka Pendek

Cedera fisik (jika terkena bullying fisik) Takut dan merasa tidak aman untuk datang ke tempat terjadinya bullying atau menghindari tempat tersebut

Cemas saat harus berpapasan atau berinteraksi dengan pelaku

Jangka panjang 

Konsep diri menjadi negatif

Penurunan nilai akademis, berkurangnya motivasi belajar dan bersekolah

Kecemasan, takut dengan suasana baru

Menutup diri dari pergaulan

Depresi

Bunuh diri (paling parah terjadi)

Menjadi pelaku bullying (sebagian kecil saja).

Cara mengatasi bullying untuk korban

melaporkan orang yang melakukan kekerasan pada anak. Dengan begitu, pihak sekolah bisa menanganinya secara langsung dan melaporkan kepada orang tua yang  bersangkutan.

Para pelaku bully harus segera dihentikan. Apabila terus dibiarkan, perilaku ini bisa merusak anak dan generasi muda.

Cara Pencegahan Bullying

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah tindakan bully:

Tanamkan nilai-nilai moral sejak dini.

Ajak anak untuk bersama-sama menilai dan membedakan perbuatan yang baik dengan perbuatan yang tidak patut dilakukan pada sesama.

Bangun komunikasi yang baik dengan anak, serta dampingi ia dalam proses tumbuh kembangnya.

Anda juga bisa menasihati anak Anda agar berani melaporkan kepada pengajar di sekolah saat mengalami perilaku bully.

Jika anak merasa tidak dapat berbicara langsung, mungkin dia bisa menulis surat atau mengirim email kepada mereka.

Bila anak Anda adalah pelaku bullying, maka ajaklah anak berdiskusi dan cari tahu penyebabnya.

Beri ia penjelasan bahwa hal ini bukanlah perilaku terpuji, dan tidak dapat diterima.

Orangtua bisa mengajak anak (baik pelaku maupun korban) untuk menjalani konseling agar pola pikir dan tingkah lakunya bisa lebih terarah dengan baik.

Yang tak kalah penting, jadilah contoh teladan yang baik bagi anak.

Sebab sadar atau tidak, anak akan mencontoh orang tua sebagai tolok ukur dalam bersikap.

Dengan dukungan dan kerja sama dari orang tua dan guru, anak bisa menikmati proses belajar di sekolah tanpa tindakan bully. Bila Anda khawatir permasalahan bully memberi efek atau pengaruh yang mengganggu tumbuh kembang anak Anda


Cara bangkit dari bullying (korban bullying)




Buktikan kalau kita itu lebih hebat dari mereka.

Setiap manusia pasti lemah. Tetapi, di mata pembully kita memang lemah. Sesungguhnya, jika kita memiliki kelebihan, kita bisa membuktikan kalau kita lebih hebat daripada mereka. Misalnya, pintar metematika, jago bulutangkis, dan lain-lain. Dengan begitu, mereka akan sadar kalau mereka sesungguhnya mempunyai kelemahan.

Usaha bangkit dari diri sendiri. Jika kita ingin bebas dari bullying, semuanya dimulai dari diri sendiri. Mengapa? Sebab jika kita tidak mencari cara untuk bangkit dari bullying tersebut, kita akan terus dikekang oleh orang yang menyakiti diri kita. Jika kita tidak bisa meakukannya, siapa lagi yang ingin menolong kita? Ada benarnya juga, jika kita ingin bebas dari bullying, kita perlu seorang teman. Tetapi, lebih baik kita bangkit dari bullying dari inisiatif diri sendiri.Berani melaporkannya ke orang tua atau guru. Jika kita dibully, lebih baik minta bantuan kepada orang tua atau guru.

Agar, kita bisa terbuka apa yang terjadi dengan diri kita. Jangan menutupi apa yang terjadi dengan diri kita. Karena itu hanya akan memperburuk masalah dan membuat kita menjadi takut bergaul dengan orang lain. Lebih baik terbuka dengan orang yang kita percaya seperti guru, orang tua, atau sahabat curhat kita.

Jangan mencoba mengakhiri hidup. Ini sangat penting! Jangan mencoba mengakhiri hidup. Mengapa? Sudah mendapatkan dosa, mengecewakan orang tua, dan pembully itu puas dengan apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri. Jadi, jangan mencoba mengakhiri hidup. Selesaikan dengan cara yang baik dan  berkonsultasi dengan orang yang kita percaya agar kita mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi masalah yang kita alami.

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kesabaran dalam menghadapi masalah.

Tuhan menopang kita.

Tuhan melihat apa yang mereka perbuat.

Tuhan juga akan memberi mereka hukuman yang setimpal dengan kita.

Tuhan mengasihi kita agar kita bisa melewati masalah dan membuat kita tersenyum.

Semoga kedepannya kasus bullying semakin berkurang dengan adanya pendidikan yang menekankan Adap Sopan Santun dan Penerapan saling tolong menolong demikanlah penjelasan  singkay Apa, jenis, penyebab, dampak, dan cara mengatasi bullying.



Berlangganan via Email