Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Berbagai macam manfaat cangkang telur


Add caption


Berbagai macam manfaat cangkang telur. Stop, untuk membuang cangkang telur!! Kebanyakan dari kita meremehkan kulit dari telur yang telah kita olah isinya saja, membuangnya begitu saja kulitnya. Padahal kulit telur mempunyai berbagai macam manfaat dari kebutuhan manusia hingga untuk tanaman, kesehatan kita bisa di jaga dengan pengolahan cangkang telur bukan itu saja kita bisa memanfaatkanya untuk pembersih, kecantikan, pestisida, pupuk, kesenian (untuk hiasan atau dekorasi) dan kesehatan yang akan kita bahas, setelah membaca artikel ini jangan pernah anda meremehkan dan menganggap sampah cangkang telur. Kita bisa mengolah menjadi suatu yang bermanfaat

Kandungan dalam kulit telur?

Add caption


Tekstur cangkang telur yang keras terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral penting yang kita butuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

Satu cangkang telur mengandung sekitar 40% kalsium. Separo dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Selain kalsium, cangkang telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Pemanfaatan cangkang telur 


1. Pestisida alami

Kulit telur yang telah di hancurkan dipercaya mampu membuat siput, bekicot, semut, ulat, dan hama tanaman lainnya enggan berada di sekitar sawalah ladang bahkan kebun dan pekarangan. Cobalah taburkan kulit telur tumbuk di sekitar tanaman kesayangan Sobat.


2. Membersihkan alat memasak

Peralatan memasak seperti wajan atau penggorengan sering menjadi kotor karena bekas memasak makanan yang sulit untuk dihilangkan. Untuk menghancurkan kerak dan lapisan bekas makanan maka Sobat dapat  memanfaatkan cangkang telur. Caranya hnacurka kulit telur setengah kasar kemudian campur bubuk cangkang telur dengan sedikit air dan sabun pencuci dan gunakan campuran ini untuk menggosok bagian noda panci yang sulit untuk dihilangkan terutama pada bagian yang terkena bara api.

3. Untuk membersihkan keramik kamar mandi

Cuci telur hingga bersih lalu tumbuk halus dan campur bersama baking soda dan tambahkan perasan jeruk nipis. Setelah hancur gunakan serbuk telur untuk membersihkan lantai kamar mandi di rumah, bak untuk mencuci piring, dan wastafel. Ramuan serbuk ini efektif mengangkat kerak dan kotoran yang ada di keramik. Akan tetapi, jangan menggunakan untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kaca, karena akan menimbulkan goresan pada peralatan tersebut.


4. Pot alami



Jika Sobat tertarik untuk menanam biji-bijian, gunakan cangkang telur sebagai tempat menyemai bibit. Kalsium yang terkandung dalam kulit telur membuat tanaman akan cepat berkembang dan tumbuh subur, baik untuk awalan menyemai bibit sebelum di pindahkan ke media penanaman lainnya.

5. Untuk campuran pupuk kompos

Campurkan cangkang telur yang sudah ditumpuk dengan bahan kompos seperti kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, sisa batang sayuran, serta tanah dll. Setelah tercampur dengan rata, buatlah galian tanah di pekarangan Sobat kemudian benamkan campuran pupuk tersebut ke dalam lubang galian. Pupuk kompos buatan sendiri ini akan membuat tanah lebih subur dan kaya nutrisi yang bagus untuk bercocok tanaman, terutama rumput dan tanaman bunga bahkan tanaman buah.


5. Cangkang telur untuk masker

Buatlah campuran perawatan alami ini. Ambil satu mangkuk, satu sendok makan putih telur, satu sendok teh gula merah, dan kulit telur bubuk halus dari satu telur. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dan gunakan masker pada kulit terutama di area yang penuh bintik hitam dan keriput. Bisa di gunakan seminggu 2 kali agar memperoleh hasil yang memuaskan.

6. Dijadikan karya seni

Sobat bisa memanfaatkan cangkang telur untuk karya seni kerajinan bisa menjadi salah satu hiasan yang sangat cantik dan unik. Cangkang telur yang sudah dibersihkan dari sisa isinya selanjutnya dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering. Kemudian cangkang telur bisa diberi warna memggunakan cat minyak pada bagian luarnya dan dijadikan sebagai tempat lilin, dapat dihias menjadi telur paskah misalnya, atau gantungan kunci, dan lain sebagainya. Bahkan cangkang telur juga bisa menjadi salah satu bahan lukisan yang sangat unik dan menarik.



Setiap hari ada ribuan sisa cangkang telur yang dihasilkan, baik itu dari rumah tangga ataupun dari sampah yang dihasilkan oleh para pengusaha  yang produksi usahanya berbahan telur terbanyak di bidang kuliner. Mari kita mulai sekarang kurangi sampah cangkang telur dengan mengubahnya menjadi hal yang berguna untuk kehidupan kita.

Cara mengolah kulit telur untuk dikonsumsi

Apabila Sobat tertarik dengan manfaat cangkang telur, Sobat dapat mengolahnya sendiri di rumah. Cuci bersih cangkangnya selanjutnya rebus selama 15 menit atau 10 menit setelah air mendidih untuk mematikan bakteri dan zat asing yang menempel (termasuk timbal, aluminium, kadmium, dan merkuri) yang terkandung di cangkang telur.

Setelah itu, tumbuk atau blender cangkang telur sampai menjadi serbuk halus seperti tepung. Pastikan untuk menggilingnya sampai benar-benar halus. Pada bagian pinggiran kulit telur yang cenderung bertekstur tajam bisa melukai tenggorokan atau kerongkongan Sobat apabila ditelan. Sobat dapat menambahkan bubuk kulit telur ini pada makanan atau mencampurnya dengan minuman.

Alternatifnya yang paling aman, Sobat dapat membeli suplemen kulit telur di toko kesehatan terdekat. Serbuk cangkang telur banyak diolah sebagai suplemen kalsium alami.

Manfaat untuk kesehatan dari cangkang telur

Add caption


Dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian

Kandungan kalsium yang ada pada kulit telur lebih cepat diserap oleh tubuh daripada suplemen kalsium yang ada di pasaran. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada tikus dan babi oleh para peneliti sebelum di aplikasikan untuk manusia.

Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih normal dan teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami yang menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika kita terluka.


Menjaga kesehatan persendian

Apabila Sobat intip bagian dalam cangkang telur, Sobat akan menemukan selaput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Sobat juga dapat melihatnya lebih jelas saat mengupas telur rebus selaput yang mirip dengan tisu. Selaput ini biasanya menempel pada bagian dalam kulit telur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur dapat menjaga kesehatan persendian Sobat. Pasalnya, selaput kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya.

Kolagen itu sendiri dilaporkan bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur benar-benar efektif dalam hal ini.

Mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. Osteoporosis umum tampak pada usia lanjut, namun awal perkembangannya bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang ini pada umumnya diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium alami pun juga mulai menurun.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Studi yang sama juga melaporkan bahwa bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada suplemen kalsium.


Itulah berbagai macam manfaat cangkang telur yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari jangan pernah kita meremehkan sesuatu, cari ilmunya pelajari dan praktekan.

Berlangganan via Email