Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Jamur enoki atau enokitake




Harga Jamur enoki atau enokitake, Manfaat, dan cara budidaya hingga menu yang cocok menggunakanya. Apa itu Jamur Enokitake/Enoki?
Jamur enoki atau memiliki nama Enokitake merupakan salah satu jamur dengan bentuk menyerupai tauge. Karena bentuknya yang menyerupai tauge, jamur ini juga dikenal sebagai jamur tauge, selain itu jamur enoki memiliki nama lain yaitu jamur emas dan jamur musim dingin.

Jamur enoki biasa ditemui di daerah beriklim sejukmenyejukan dan tumbuh pada suhu rendah yaitu saat musim gugur hingga awal musim semi. Selain itu jamur enoki berbeda dengan jenis jamur lainnya berbeda dengan jamur ini mampu tumbuh di bawah salju.

Dari mana Asal Jamur Enokitake/Enoke?

Add caption


Di Jepang sendiri, jamur enoki banyak ditemui di permukaan batang celtis atau biasa disebut dengan enoki yang sudah melapuk sehingga disebut enokitake. Bagi beberapa jenis produk pertanian, jamur ini sebenarnya dianggap sebagai hama. Namun ternyata jamur enoki memiliki rasa khas yang sangat lezat.

Berapa Harga Jamur Enokitake/Enoki?

2 jenis pemasaran yaitu pasar modern dan on line shop

Online shop

Harga  Jamur Enokitake/Enoki di online shop seperti Bukalapak, Shope, Tokopedia, dll berkisar RP 6500/100g atau kemasan kecil ada juga yang menjual per kadus yang berisi beberapa bungkus Jamur Enokitake/Enoki dengan harga variatif di atas 100.000/kemasan yang berisi beberapa bungkus. Bila Sobat membeli di on line shop makan di kenakan biaya tambahan yaitu biaya kirim, karena tempat penjual berbagai macam daerah, seperti Surabaya, Jogja, Medan, Bandung, Solo, dan kota2 seluruh Indonesia.

Pasar Modern

Harga Jamur Enokitake/Enoki di supermarket seperti Giant, Hypermart, Superindo, Carrefour, atau kelas merakyat seperti Alfamart, Indomart, Alfamidi Dll, sekitar Rp 4500/100g

Sedangkan para petani menjual ke pengepul seharga 1500 hingga 2000 /100gram jika 1kg tinggal kalikan saja 10

Lumayan juga harganya ya..


Semua harga bisa berubah tergantung keseimbangan produksi dan permintaan dari kostemer Jamur Enokitake/Enoki seperti hukum ekonomi berlaku.

Dari harga terbaru tersebut banyak pembudiya pemula untuk memulai sebuah bisnis budidaya Jamur Enokitake/Enoki Bagaimana cara budidayanya?

Bagaimana Cara Budidaya Jamur Enokitake/Enoki?

Add caption


Jamur Enokitake hasil budidaya bisa dipanen sepanjang tahun. Tubuh buah Enokitake hasil budidaya terlihat berbeda dari Enokitake yang tumbuh di alam bebas. Jamur hasil budidaya dilindungi dari sinar matahari sehingga berwarna putih, sedangkan jamur di alam bebas berwarna coklat hampir merah jambu. Jamur hasil budidaya juga memiliki batang yang panjang dan kurus-kurus, sedangkan jamur di alam bebas memiliki batang yang lebih pendek dan gemuk. Rasa jamur hasil budidaya juga sangat berbeda dengan jamur yang tumbuh di alam bebas.


Enokitake yang tersedia di pasar swalayan merupakan hasil budidaya. Jamur dibudidayakan dengan menggunakan botol plastik atau kantong plastik. Jamur memerlukan waktu 30 hari pada suhu 15 °C dan kelembapan 70% di atas media tanam serbuk gergaji atau serbuk bonggol jagung ditambah berbagai bahan campuran lain. Setelah itu, jamur masih perlu tumbuh 30 hari lagi dengan suhu yang lebih sejuk dan lebih lembap.

Bagaimana Proses Budidaya Jamur Enokitake/Enoki

Jamur dilindungi dari sinar matahari dan dipaksa tumbuh di dalam botol plastik atau kantong plastik yang sempit.  Jamur yang terus mencari sinar matahari akhirnya tumbuh terus ke atas hingga menjadi panjang-panjang dan kurus. Jamur memang bisa tumbuh tanpa sinar matahari, tapi sinar matahari tetap diperlukan pada penyebaran spora.


Enokitake dapat hidup di alam sebagai jamur liar atau dibudidaya dan dikultur. Kedua jenis ini dapat dimakan, namun jamur Enokitake hasil budidaya memiliki rasa dan kenikmatan yang lebih baik dibandingkan dengan jamur Enokitake liar. Jamur Enokitake hasil budidaya banyak digunakan dalam masakan Jepang dan Cina. Ciri khas jamur Enokitake hasil budidaya adalah warnanya yang kuning pucat, tangkainya yang panjang dengan tudungnya yang kecil.


Bagaimana Ciri-Ciri Jamur Enokitake?

Ciri dari jamur Enokitake yang hidup liar adalah memiliki tudung berwarna coklat, berbentuk cembung dan ukurannya dapat mencapai 3 cm. Tudung ini akan semakin datar seiring bertambahnya usia jamur Enokitake.

Apa Manfaat Jamur Enokitake/enoki?

Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam. Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai satu minggu.


Jamur Enokitake sangat mudah dibudidayakan dan sudah dibudidayakan di Jepang sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Enokitake bisa ditanam sendiri di rumah asalkan suhu cukup sejuk. Di Cina, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar.

Apa saja Menu masakan Jamur Enokitake/Enoke?

Add caption


Biasanya jamur ini digunakan dalam makanan – makanan yang berbau Asia. Jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad (di mana rasa terbaik dari jamur ini dapat dinikmati), sup dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging. Bahkan di masak pedas pun nikmat, segala jenis masakan modern atau tradisional sangat cocok memggunakan tambahan bahan Jamur Enokitake/Enoke untuk masakan

Apa saja Kandungan gizi Jamur Enokitake/enoki?

Jamur Enokitake mengandung banyak serat. Jamur ini juga mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.


Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor. Jamur Enokitake juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. Selain itu, dalam jamur ini juga terdapat senyawa lain yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol. Penelitian juga menginformasikan bahwa Enokitake berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostati

Jamur enoki/enokitake layak untuk di budidayakan dan memanfaatkan kandungan di dalamnya dalam masakan atau jajanan yang telah ada dengan modifikasi supaya lebih menarik.


Berlangganan via Email