Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Makanan Atau Minuman Yang Harus Di Hindari Dan Bahaya Dehidrasi


Add caption


Apa Itu Dehidrasi? Dehidrasi adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki air sebanyak jumlah yang dibutuhkan. Tanpa adanya asupan air yang cukup, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan normal. Dehidrasi ringan, sedang, atau berat yang Sobat alami tergantung dengan seberapa banyak cairan yang hilang dari dalam tubuh. Bahaya apa ketika kita mengalaminya? apa yang terjadi?

Apabiia Sobat sedang mengalami dehidrasi, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari. Karena, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut akan membuat kondisi dehidrasi kamu semakin parah, kondisi ini sangat berbahaya. Jenis makanan dan minuman apa saja yang bisa membuat dehidrasi semakin parah? Bahaya ketika mengalami kondisi seperti ini mengakibatkan beberapa organ tubuh bisa rusak dan mengancam kesehatan sobat

Bahaya dehidrasi yang jarang diketahui. 



Batu Ginjal

Kekurangan cairan bisa membuat anda sulit buang air kecil dan besar. Padahal, jarang buang air ini sangat berbahaya karena racun yang harus dikeluaran malah tinggal di dalam tubuh lebih lama, dan bisa menyebabkan penyakit seperti batu ginjal.

Menyebabkan Otot Mudah Kram

Bila Anda kekurangan air, sinyal saraf dari otak ke otot tidak bisa bekerja dengan baik. Kram otot sangat umum terjadi, terutama di betis. Selain itu, berolahraga tanpa minum air secukupnya akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi ini tidak hanya meningkatkan risiko kram tapi juga memperparah rasa sakit yang sangat hebat.

Add caption


Mudah Pusing

Air menyumbang volume darah dan tekanan darah. Kurangnya air, bisa menyebabkan hipertensi dan memicu pusing. Selain tekanan darah, air juga mempengaruhi sistem vestibular, sehingga kehilangan air juga bisa muncul sebagai kehilangan keseimbangan tubuh.

Sistem Pencernaan Rusak

Air mendukung seluruh saluran pencernaan, membantu melumasi usus dan melembutkan kotoran agar mudah diekstrusi. Sebaliknya, bila tubuh kekurangan air, tinja menjadi keras dan Anda akan mengalami kesulitan buang air besar.

Kerusakan Fungsi Hati

Hati membutuhkan air untuk berfungsi dan salah satu tugasnya adalah melepaskan glikogen, molekul gula. Tanpa bahan bakar yang cukup, hati tidak bisa melepaskan glukosa dan sumber energi lainnya. Ini akan membuat andamudah lelah dan mudah kehilangan konsentrasi.

Makanan dan minuman yang harus di hindari ketika kita dehidrasi, demi kebaikan dan kesehata kita maka kita seharusnya menghindari.

Minuman yang harus di hindari 

Add caption


Soda

Minum soda memang tampaknya dapat menyegarkan di hari yang panas, tetapi menurut penelitian dari World Health Organization, gula dalam minuman ringan bersoda dapat memberikan hipernatremia ke tubuh. Artinya, kandungan senyawa di soda dapat menarik atau menghilangkan cairan tubuh kamu.

Jus Buah Instan

Sama seperti minuman soda, mengonsumsi jus buah instan sebagai pengganti cairan tubuh adalah sesuatu yang kurang tepat dilakukan saat kondisi tubuh sedang mengalami dehidrasi. Jus buah mengandung banyak karbohidrat yang dapat memperburuk gejala dehidrasi. Langkah paling tepat untuk mengganti cairan tubuh adalah mengonsumsi air putih ataupun air kelapa.

Kopi

Jangan pernah menjadikan kopi sebagai minuman untuk pelepas dahagamu. Kopi memang menjadi teman asyik

untuk diminum kala di pagi hari atau sedang menghadapi deadline. Namun, kalau kamu sedang mengalami dehidrasi dan haus berat, kopi merupakan minuman yang harus dihindari. Apalagi kalau kamu meminumnya dengan tambahan gula, karena bisa-bisa malah tambah haus dan membuat perut melilit.

Teh detoks

Tak seperti jenis teh lainnya, teh detoks justru dapat membuat seseorang dehidrasi dan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Teh detoks dirancang memiliki efek laksatif sehingga dapat menghilangkan lemak perut. Sayangnya tidak hanya lemak yang akan terbuang, namun juga cairan tubuh juga dapat ikut terbuang bersama dengan lemak.

Jenis makanan yang harus di hindari

Add caption

Makanan Mengandung Protein

Makanan berprotein tinggi memang dapat memberikan rasa kenyang yang lama, sumber energi, dan dapat membangun massa otot. Namun kalau sedang dehidrasi, ada baiknya mengurangi makanan berprotein. Soalnya konsumsi protein saat sedang dehidrasi dapat membuat tubuh kehilangan cairan yang digunakan untuk memproses kandungan protein yang dikonsumsi tersebut. Bukan berarti tidak boleh makan ikan, ayam, ataupun jenis makanan lain yang mengandung protein ya, tetapi ada baiknya diiringi dengan konsumsi air yang cukup. Makanan berprotein tergolong makanan yang berat sehingga butuh cairan yang cukup untuk mencernanya.

Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng menyimpan sumber garam tersembunyi dan ketika kamu memasangkannya dengan bumbu manis, bisa menjadi dua dehidrasi yang bakal semakin membuat kamu semakin dehidrasi. Jangan heran sehabis makan gorengan membuat rasa hausmu meningkat dua kali lipat.

Sayuran Beku

Makanan olahan mengandung 75% sodium. Itulah kenapa mengonsumsi sayuran beku justru dapat memperburuk kondisi dehidrasi.Sodium memiliki kemampuan untuk menyerap cairan tubuh, sehingga tubuh akan merasa lebih haus dari sebelumnya.

Asparagus

Asparagus adalah jenis makanan yang juga membuat dehidrasi. Pasalnya, asparagus memiliki sifat diuretik yang mengeluarkan cairan sehingga membuat tubuh bisa kehilangan cairan. Makanya, ada baiknya kamu menghindari mengonsumsi asparagus supaya tubuh semakin tidak mengalami dehidrasi.

Makanan Asin

Mengonsumsi makanan asin dalam kemasan seperti keripik atau bahkan kecap asin juga harus dihindari saat dehidrasi. Ini karena makanan asin mengandung sodium dan natrium yang justru akan membuat tubuh merasa lebih haus. Ini karena banyaknya cairan yang terikat oleh sodium dan natrium.

Cokelat

Cokelat juga menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Kandungan kokoanya ternyata bisa meningkatkan sensasi berkemih. Walaupun di satu sisi cokelat memiliki manfaat sebagai antioksidan dan bagus untuk dikonsumsi kulit dan menjaga kesehatan jantung, tetapi alangkah baiknya kamu menghindari makan cokelat saat mengalami dehidrasi.

Pentingnya menjaga kesehatan supaya hidup lebih bahagia untuk itu kita perlu mengetahui makanan atau minuman yang harus di hindari dan bahaya dehidrasi, mari kita selalu menjaga tubuh kita dengan mengkonsumsi sesuai dengan kondisi dan keadaan.

Berlangganan via Email