Info Corona Update

COVID-19 ID

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL WAFAT
ORANG
Meninggal

Jenis Kurma Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Jenis Manfaat Kurma Untuk Kesehatan


Manfaat dan jenis kurma untuk kesehatan pastinya sudah terbukti secara klinis, banyak yang merasakan keistimewaan pada buah purba ini, di olah menjadi bahan masakan hingga langsung di nikmati. Kandungan pada kurma terbilang sangat lengkap di bandingkan dengan buah lainnya, tak heran apabila pemburu dan penikmat Kurma setiap harinya bertambah pesat.

Produksi kurma semakin meningkat karena permintaan konsumen di berbagai penjuru dunia, mereka menyajikan berbgai jenis kurma dari kurma muda, jenis kurma yang berukuran besar dan kurma yang kering demi untuk memcukup kebutuhan konsumen.

Berikut ini  kandungan atau nilai gizi yang ada dalam buah kurma dengan ukuran 100 gram :

Kandungan Dan Nilai Gizi


– Air – 18. 27
– Energi – 251 kkal
– Vitamin A – 9 IU
– Protein – 2. 81 g
– Vitamin B1 – 0. 046 mg
– Karbohidrat – 66. 78 g
– Vitamin B2 – 0. 059 mg
– Serat – 7. 1 g
– Vitamin B3 – 1. 134 mg
– Gula – 56. 38 g
– Vitamin B5 – 0. 525 mg
– Total lemak – 0. 35 g
– Vitamin B6 – 0. 147 mg
– Lemak jenuh – 0. 0028 g
– Vitamin B9 – 17 mcg
– MUFA – 0. 0032 g
– Vitamin B12 – 0 mcg
– PUFA – 0. 017 g
– Vitamin C – 0. 4 mg
– Kolesterol – 0 mg
– Vitamin E – 0. 04 mg
– Vitamin K – 2. 4 mcg
– Kalsium – 35 mg
– Zat Besi – 0. 91 mg
– Beta karoten – 5 mcg
– Magnesium – 38 mg
– Fosfor – 55 mg
– Likopen – 0 mcg
– Kalium – 484 mg
– Lutein serta zeaxantin – 67 mcg
– Sodium – 2 mg
– Seng – 0. 26 mg

Jenis Kurma Paling Populer Di Indonesia.


Jenis Kurma Yang Populer Di Indonesia


1. Kurma Mazafati


Kurma yang dijuluki bam ini tumbuh di Kerman, Iran. Warnanya gelap dan berukuran sedang. Rasanya cenderung manis dan menyegarkan.

Enaknya lagi, kurma mazafati bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Kamu bisa menyimpannya selama dua tahun di tempat bersuhu lima derajat Celcius.

2. Kurma Halawi


Kurma asal Arab ini rasanya sangat pas disantap ketika berbuka puasa. Rasanya sangat manis dengan ukurannya yang kecil dan bertekstur lembut.

3. Kurma Ajwa



Kurma ajwa disebut juga kurma nabi, karena dulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Rasanya sih mirip kismis, tidak terlalu manis.

Kurma ini dianggap sangat spesial, sebab dalam sebuah hadis disebutkan Rasulullah berkata, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).


4. Kurma Sekki




Alternatif lain bagi kamu yang tidak pengin kurma manis, nih. Warnanya kuning di bagian atas dan kecokelatan di bagian bawah. Teksturnya agak keras, tetapi buahnya empuk saat dimakan.

5. Kurma Amer Hajj


Kurma populer dari Irak ini sering dijadikan hidangan bagi para tamu. Maka dari itu, kurma amer hajj kerap disebut the visitor's date. Rasanya manis dengan daging tebal nan lembut, kulitnya pun tipis.

Jenis Kurma Ukuran Besar


1. Kurma Ajwa


Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut dan kering, tetapi sangat manis saat dimakan dan terasa lembut di dalam mulut. Beberapa orang berpendapat bahwa kurma ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Bahkan, mereka juga mengklaim jika kamu memakan tujuh buah kurma ajwa setiap pagi hari, kamu akan terlindungi dari racun dan energi buruk hingga malam hari.

2. Kurma Ambera


Kurma ambera adalah satu dari beberapa kurma dengan kualitas tertinggi dari wilayah Madinah, Arab Saudi. Pada kenyataannya, kurma ini juga dikenal karena ukurannya yang sangat besar.

Kurma ini juga dikenal karena kekuatan penyembuhan alaminya, itulah sebabnya banyak orang di daerah Madinah memakan kurma jenis ini.

3. Kurma Barhi


Kurma ini kaya akan rasa, bahkan rasanya mirip seperti sirop. Kurma ini juga merupakan jenis kurma terkecil dan paling rapuh dari yang lain.

Kulit dan dagingnya yang keras berubah menjadi kuning, kemudian berubah menjadi cokelat keemasan saat diawetkan, dan buahnya sendiri berukuran kecil hingga sedang. Kurma barhi juga merupakan kurma dengan tingkat kematangan yang lambat.

Jenis Kurma Muda Dan Manfaat

Jenis Kurma Muda Dan Manfaat

Jenis Kurma Muda yang baik untuk wanita karena manfaatnya yang luar biasa. Berikut ini 3 jenis kurma muda dan manfaatnya:


Kurma Muda Merah

Jenis Kurma Muda Berwarna Merah

Seperti namanya, kurma muda jenis ini punya kulit warna merah. Namun, apabila dikupas, maka daging kurmanya berwarna putih susu. Berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan pria dan juga meningkatkan kualitas vitalitas pria. Jadi, lebih spesifiknya kurma muda merah adalah kurma muda yang biasanya dikonsumsi oleh para pria. Selain khasiat tersebut, sebenarnya kurma muda merah punya banyak manfaat lainnya. Nah, kalau nanti sanak saudara atau kenalan yang akan dititipi mau mencicipi sebelum membeli di Tanah Suci, maka kamu bisa menjelaskan padanya kalau kurma muda jenis ini memiliki rasa manis dan sedikit sepat tapi sangat enak. Saat dikunyah, kurma jenis ini akan menimbulkan bunyi kres-kres.


Kurma Muda Hijau Dan Kuning

Kurma Muda Berwarna Kuning

Kalau yang merah khasiatnya ditujukan untuk para pria, maka yang hijau dan kuning ini khasiatnya untuk para wanita atau para calon ibu. Kurma muda hijau dan kuning memiliki kandungan kalsium dan zat besi. Kedua kandungan tersebut akan membantu para wanita untuk meningkatkan kesuburannya. Selain untuk kesuburan, oleh-oleh kurma muda jenis yang satu ini akan membantu ibu yang tengah menyusui meningkatkan kualitas ASInya. Dengan begitu, bayi yang meminum ASI dari para ibu akan tumbuh dengan lebih baik lagi karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Para calon ibu cerdas pasti tahu kalau kalsium dan zat besi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak. Dari segi rasa, kurma muda hijau dan kuning sama dengan kurma merah, rasanya sangat enak! Juga punya banyak khasiat lainnya.



Itulah 2 jenis kurma muda yang bisa kamu request ke sanak saudara atau kenalan. Jadi pastikan mana yang ingin kamu minta jadi oleh-oleh. Apakah kurma merah, hijau atau kuning.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Untuk Kesembuhan

1. Kurma Dapat Mengontrol Nafsu Makan Ketika Berbuka


Ketika berbuka puasa umumnya kita senantiasa mau makan beragam makanan lantaran udara nafsu kita untuk membalas dendam sesudah puasa sepanjang hari penuh. Tetapi bila kita memulai berbuka dengan mengonsumsi kurma, kita dapat mengontrol rasa lapar ketika berbuka puasa hingga kita tidak bakal makan yang berlebih saat berbuka.

2. Kurma Mudah Diolah Oleh Tubuh


Memulai buka puasa dengan makan buah kurma tidak bakal mengagetkan perut yang sudah berpuasa sepanjang hari. Buah kurma yang kita konsumsi bakal keluarkan zat yang aktifkan sistem pencernaan yang sudah beristirahat sepanjang berpuasa. Sehingga sangat baik untuk pencernaan.

3. Kurma Sebagai Sumber Energi


Mengonsumsi kurma pada ketika berbuka puasa yaitu pilihan yang pas. Kandungan glukosa serta fruktosa yaang ada dalam buah kurma adalah sumber energi yang bisa bantu tubuh kembali bugar sesudah sepanjang hari melakukan puasa. Jadi kalau kamu puasa ataupun jika tidak dalam berpuasa dan ingin menambah sumber energi ada baiknya untuk konsumsi kurma.

5. Kurma Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah


Kurma bisa menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang condong bertambah ketika berbuka. Umumnya penambahan keasaman darah ini lantaran mengkonsumsi daging serta karbohidrat saat makan ketika berbuka puasa. Sehingga kurma akan melakukan reaksi kimia untuk menyeimbangkan asam dalam darah.

6. Kurma Melindungi Kekuatan Tulang


Kandungan tinggi mineral pada buah kurma, amat perlu untuk menguatkan tulang serta melawan penyakit osteoporosis.

Kandungan selenium, mangan, tembaga, serta magnesium, seluruh kandungan itu bertindak perlu dalam proses perkembangan serta kemampuan tulang, intinya untuk beberapa orang yang mulai menua serta tulang mereka mulai rapuh serta melemah.

Makan buah kurma menurukan kemungkinan tulang rapuh, terlebih pada orang yang udah tua. Untuk mengkonsumsi kurma serta rasakan khasiat besarnya pada tulang.

7. Kurma Memberikan Rasa Kenyang


Pada Kurma, didalamnya terdapat vitamin yang amat memenuhi untuk tubuh, tidak hanya itu juga terdapat mineral seperti selenium, magnesium, tembaga serta beberapa kandungan yang lain.


Yang amat baik, pada kurma terdapat banyak serat, amat berguna untuk memberi rasa kenyang yang lebih lama, yang amat baik untuk menekan nafsu makan kita, untuk hindari yang berlebih dalam makan.

Dari riset yang dikerjakan beberapa pakar kesehatan, makan beberapa biji buah kurma secara teratur (sehari sekali) bantu tubuh serta otak dalam mengatur sekresi hormon, yang pada akhirnya kirim tanda ke otak supaya tubuh terasa senantiasa kenyang.

Hal ini juga dari pengalaman beberapa orang yang menkonsumsi kurma, rasakan rasa kenyang yang lebih lama. Hal semacam ini bermanfaat untuk menghimpit kebiasaaan mengkonsumsi jumlah makanan secara yang berlebih.

8. Kurma Berguna untuk Menangani Sembelit


Kurma berguna untuk menangani masalah sembelit, hal semacam itu lantaran kandungan didalam kurma bertindak untuk memperlancar sistem pencernaan. Kurma pelihara proses sistem pencernaan supaya bisa jalan dengan baik serta lancar, serta tingkatkan metabolisme tubuh.

Buah kurma dapat bertindak sebagai obat pencahar. Langkahnya yakni pertama-tama rendam buah kurma dengan memakai air masak sepanjang semalaman.

9. Kurma Dapat Merangsang Sistem Pencernaan


Kurma mempunyai kandungan zat yang berguna untuk tingkatkan bakteri baik dan membunuh bakteri yang jahat yang beresiko untuk tubuh. Hingga peran kurma amat besar supaya pencernaan dapat senantiasa bekerja dengan baik,

Dengan pencernaan yang bekerja dengan maksimal, amat bermanfaat bila sedang diat, lantaran bantu Anda dalam usaha menurunkan berat tubuh.

Dengan kandungan serat yang tinggi serta kandungan asam amino, kurma berguna untuk bantu proses pencernaan makanan, yang artinya dapat memperingan kerja sistem pencernaan, alhasil permasalahan masalah pencernaan seperti sembelit, dan lain-lain bisa dihindari kehadirannya.

10. Kurma Melindungi Kesehatan Jantung


Buah kurma bisa pula Anda gunakan untuk melindungi kesehatan jantung. Satu diantara resep kurma yang cukup bagus, yakni dengan merendam kurma semalaman, lantas ditumbuk saat pagi harinya, lantas baru dikonsumsi.

Dengannya, kurma bakal memberi khasiat besar serta memberi efek baik pada jantung yang lemah.

Kurma yang kaya sumber potassium, dari riset yang sudah dikerjakan memberikan kalau kandungan potassium itu berguna untuk kurangi resiko seorang terserang stroke, dan untuk kurangi tingkat kolesterol LDL didalam tubuh. kolesterol jahat (LDL) yaitu penyebabnya penyakit jantung.

11. Kurma Membantu untuk Menguraikan Lemak


Pada kurma terdapat zat kalium serta sulfur yang mempunyai khasiat untuk bantu melindungi kesehatan jantung, dan berguna untuk memecahkan lemak yang ada didalam tubuh. Kolesterol serta lemak jadi momok serta penyebabnya utama dari terjadinya kegemukan pada seorang.

Pada kurma terdapat nutrisi yang sehat saja, amat berguna untuk menyehatkan serta membuat lancar proses pencernaan. Hingga kurma amat bersahabat untuk dikonsumsi untuk Anda yang mau menurunkan berat tubuh

Rajin mengonsumsi kurma, terlebih saat pagi hari bisa tingkatkan kwalitas metabolisme tubuh, dan bantu kita supaya bisa cepat untuk menurunkan berat tubuh secara alami serta aman.

12. Kurma Meningkatkan Energi pada Tubuh


Buah kurma mempunyai kandungan gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fructose, serta Sukrosa, yang meskipun kandungannya tinggi, bakal tetap aman lantaran berbentuk alami.

Hingga kurma bisa dapat dikatakan camilan yang amat baik untuk tubuh yang amat membutuhkan pelengkap energi dengan cepat.

Beberapa orang di dunia ini yang mengonsumsi buah kurma sebagai camilan saat mereka terasa ngantuk serta letih, hingga manfaatnya amat besar dalam mendukung produktifitas aktivitas sesehari.

Begitu mengonsumsi Kurma tidak cuma baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya itu Anda dapat jadi amat gampang dalam usaha menurunkan berat tubuh, serta banyak khasiat yang lain pada kurma yang amat kita butuhkan.

13. Kurma Mampu Menangani Gangguan Usus


Buah kurma memiliki kandungan serat yang larut serta tidak larut, dan asam amino yang bermanfaat untuk merangsang pencernaan makanan serta proses bikin pencernaan maksimal.

Dengan pencernaan yang baik bikin tubuh dapat dengan optimal menyerap banyak nutrisi yang masuk kedalam tubuh (dari makanan yang dikonsumsi).

Makan buah kurma secara teratur dapat untuk menghalangi tumbuhnya mikroorganisme patologis serta bantu merangsang bakteri yang baik untuk tubuh, hal semacam ini amat baik untuk kesehatan organ usus.

Kurma dapat menurunkan kemungkinan kanker usus besar. Kurma yang kaya serat bantu selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia, hingga menghindari munculnya penyakit kanker usus besar.

Struktur sari kurma yang halus, aman dikonsumsi untuk lambung yang peka serta untuk pasien radang usus.

14. Kurma Dapat Menanggulangi Anemia


Kandungan tinggi mineral di dalam kurma mempunyai khasiat yang perlu. Seperti zat besi yang konsumsinya amat ditubuhkan oleh pasien anemia. Kandungan zat besi (yang disebut mineral) didalam buah kurma amat banyak.

Kandungan tinggi bakal zat besi ini dapat menangani permasalahan kekurangan zat besi pada pasien anemia.

Hingga secara perlahan-lahan pasien bakal dapat tingkatkan energi serta tenaganya, dan menghindari tubuh kembali gampang capek serta lesu.

15. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf


Kandungan vitamin didalam kurma berguna untuk melindungi manfaat sistem syaraf. Mengenai kandungan potassium mempromosikan system syaraf yang sehat serta responsif, hingga dapat tingkatkan kekuatan memikirkan dengan baik.

Hingga, kurma jadi sumber makanan yang baik untuk beberapa orang yang mulai menua, yang biasanya daya sistem syaraf (termasuk juga daya ingat serta daya pikir) mereka mulai alami penurunan. Dengan mengkonsumsi kurma bantu untuk melindungi ketajaman pikiran.

16. Kurma Dapat Mengatasi Diare


Kandungan potassium, udah cukup di kenal efisien dalam menangani permasalahan diare. Buah kurma yang gampang ditelan, berguna untuk memperingan permasalahan diare kritis.

Serat larut didalam kurma juga bantu proses pengobatan diare, dengan bantu kemampuan usus serta mempromosikan manfaat system pembuangan (BAB) yang sehat.

17. Khasiat Besar Mengkonsumsi Air Dengan Kurma


Beberapa peneliti serta pakar kesehatan menerangkan kalau ketika puasa yang paling baik yaitu berbuka dengan air serta gula alami. Gula alami yang ada pada buah kurma adalah satu diantara gula paling baik mutunya di dunia.

Hasil riset juga memperlihatkan kalau dengan mengkonsumsi air serta kurma sehari sekali, sepanjang dua puluh hari atau tiga puluh hari memberi manfaat berbentuk menghindari beragam toksin terakumulasi di dalam tubuh.

18. Kurma Dapat Mengatasi Rabun Senja


Khasiat dari kurma sangat banyak, serta kerapkali dipakai untuk menyembuhkan keadaan yang memengaruhi telinga, hidung, serta tenggorokan. Bila daun dari palem kurma ditumbuk serta dioles-oleskan di kurang lebih mata, atau saat kurma dikonsumsi, dapat dibuktikan kurma bisa kurangi frekuensi rabun senja, serta jalan keluar ini kerapkali dipakai di daerah pedesaan di mana kurma ditanam untuk dipakai sebagai penyembuhan alternatif.

19. Kurma Dapat Mengatasi Mabuk


kurma kerap dipakai sebagai obat untuk menangani mabuk lantaran alkohol. Kurma memberi kelegaan dalam sekejap serta menyadarkan anda bila anda sudah mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang amat banyak. Kurma dapat juga dipakai pada esok harinya untuk menghindari rasa pening akibat mabuk. Untuk mendapat hasil optimal, pijat serta rendam buah kurma semalam.

20. Kurma Dapat Mencegah Kanker Abdomen


Riset memperlihatkan kurma sebagai langkah yang disadari untuk mengurangi resiko serta efek dari kanker abdomen. Kurma bekerja sebagai tonik yang berguna untuk semua kelompok umur, serta dalam beberapa masalah, kurma bekerja tambah baik dibanding penyembuhan tradisional, serta alami, hingga tidak mempunyai efek negatif pada tubuh manusia.

Kurma bisa diolah dengan cepat serta gampang untuk peroleh daya secara cepat. Walau kurma mempunyai kandungan nutrisi yang besar, proses penentuan kurma butuh di perhatikan lantaran permukaan kurma sangat lengket, yang mengakibatkan beberapa hal yang tidak dikehendaki melekat pada kulitnya. Oleh karenanya, anda baiknya mengonsumsi buah kurma yang diolah serta dikemas dengan benar. Pastikan dulu juga untuk membersihkan kurma hingga bersih saat sebelum anda mengkonsumsinya, lantaran hal semacam ini bakal bantu bersihkan kotoran yang ada pada permukaan kurma.


Dari Jenis kurma yang berbagai macam tapi manfaat untuk kesehatan tetap sama karena kandungan yang lengkap dari gizi dan zat yang di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga dan mengobati kesehatan kita.





Berlangganan via Email